Arabic Day Madrasah Aliyah Bilingual Junwangi Krian Sidoarjo : Program Unggulan Pengembangan Bahasa Arab bagi Peserta Didik
Main Article Content
Madrasah Aliyah Bilingual merupakan sekolah berbasis pesantren yang memiliki program kebahasaan yang disebut program arabic day untuk mewujudkan lingkungan berbahasa (al biiah al lughowiyah). Pembelajaran lebih menekankan penguasaan pengetahuan dasar bahasa arab kemudian menerapkan dan mengembangkannya. Penelitian ini bersifat kualitatif deskriptif. Observasi, wawancara, dan dokumentasi merupakan teknik pengumpulan data yang digunakan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan program arabic day, mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa program arabic day merupakan kegiatan tambahan yang dilakukan diluar kelas untuk membantu siswa dalam memahami dan membiasakan berbicara bahasa arab. Implementasi program arabic day diawali dengan tiga tahapan, yaitu perencanaan penyusunan materi pembelajaran yang didasarkan pada kebutuhan siswa berupa buku Languange Day Program. Pelaksanaan program arabic day dilaksanakan dengan konsep pembelajaran yang berbeda saat di kelas, materi pembelajaran dikemas secara sederhana, dan metode serta model pembelajaran inovatif, kreatif, dan menyenangkan. Kemudian evaluasi yang dilakukan sebelum (Pre-test) dan sesudah kegiatan (Post Test) berupa soal-soal dasar keterampilan berbahasa. Faktor pendukung program arabic day antara lain suasana lebih menyenangkan, materi sederhana, dan metode pembelajaran lebih inovatif. Faktor penghambat kegiatan adalah kurangnya fasilitas belajar dan waktu pelaksanaan yang terbatas.
Akla, A. (2017). PEMBELAJARAN BAHASA ARAB ANTARA HARAPAN DAN KENYATAAN. An Nabighoh Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Arab, 19(2), 1. https://doi.org/10.32332/an-nabighoh.v19i2.998
’Andriana, K. (2015). URGENSI PERENCANAAN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DALAM PENDIDIKAN DI SEKOLAH. Konferensi Nasional Bahasa Arab, 188–197.
Andriani, A. (2015). Urgensi Pembelajaran Bahasa Arab dalam Pendidikan Islam. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 39–56. https://doi.org/10.21274/taalum.2015.3.1.39-56
Arifin, Moch. B. U. B. (2018). Buku Ajar Metodologi Penelitian Pendidikan. Umsida Press. https://doi.org/10.21070/2018/978-602-5914-19-5
Asy’ari, M. (2019). Metode, Sistem dan Prinsip Pembelajaran Bahasa Arab yang Inovatif. An Nabighoh: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Arab, 20(02), 288. https://doi.org/10.32332/an-nabighoh.v20i02.1465
Bamualim, M. (2020). Kedudukan Dan Tujuan Evaluasi Pembelajaran Bahasa Arab. Jurnal Al-Fawa’id : Jurnal Agama Dan Bahasa, 10(2), 1–10. https://doi.org/10.54214/alfawaid.Vol10.Iss2.141
Baroroh, R. U., & Rahmawati, F. N. (2020). Metode-Metode Dalam Pembelajaran Keterampilan Bahasa Arab Reseptif. Urwatul Wutsqo: Jurnal Studi Kependidikan Dan Keislaman, 9(2), 179–196. https://doi.org/10.54437/urwatulwutsqo.v9i2.181
’Habibi, B. Y. (2019). INTEGRASI KURIKULUM BAHASA ARAB PESANTREN TRADISIONAL DAN MODERN DI MADRASAH ALIYAH PROGRAM KEAGAMAAN. IMLA, 4(2), 152–167.
“Hanifah. Umi.” (2014). PENTINGNYA BUKU AJAR YANG BERKUALITAS DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BAHASA ARAB. At-Tajdid, 3(1), 1–185.
’Hidayah, F., & ’Junaidi, A. (2018). PENGARUH LINGKUNGAN BERBAHASA TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA ARAB BAGI SISWA KELAS X MA PONDOK PESANTREN USWATUN HASANAH CEMPAKA PUTIH DESA AIK DAREK KECAMATAN BATUKLIANG. El-Tsaqafah, XVII(2).
’Hidayat, A. (2012). BI’AH LUGHOWIYAH (LINGKUNGAN BERBAHASA) DAN PEMEROLEHAN BAHASA (Tinjauan tentang Urgensi Lingkungan Berbahasa dalam Pemerolehan Bahasa). Jurnal Pemikiran Islam, 37(1), 37–38.
’Hidayat, N. S. (2012). PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB. Pemikiran Islam, 37(1), 82–87.
’Holimi, M. (2019). PEMBELAJARAN MUFRODAT DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR. Muhadasah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 1, 86–102.
Hudoyo, A. S. (2020). Tatbiq yawm allughat litarqiat maharat alkalim fi almadrasat alealiat a’ilsalmiat almutafawiqat alshaykh alhaji eabd alwahaab hasab ahlil bahr aleulum tambi’abras jumbanj jawaa alsharqiat bahth eilmiun. Aljamiah Islamiyah Hukumiiyah Kediri.
Komara, Moh. E. (2018). PENERAPAN METODE OUTBOUND FUN GAME DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB. لسـانـنـا (LISANUNA): Jurnal Ilmu Bahasa Arab Dan Pembelajarannya, 8(1), 1. https://doi.org/10.22373/l.v8i1.3473
Latuconsina, S. N. (2018). EFEKTIVITAS PERMAINAN BAHASA ARAB DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA ARAB. Arabi : Journal of Arabic Studies, 3(2), 145. https://doi.org/10.24865/ajas.v3i2.99
Paramitha, N. P. (2018). PEMBELAJARAN MUFRODAT MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL. Jurnal Ihtimam, 1(2). https://doi.org/10.36668/jih.v1i2.171
Rahmah, U. F. (2019). Program Pembelajaran Bahasa Arab di SMP Plus Al-Aqsha Jatinagor Sumedang. An Nabighoh: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Arab, 21(02), 255–266. https://doi.org/10.32332/an-nabighoh.v21i02.1680
’Ratnawulan, E., & “Rusdiana.” (2015). Evaluasi Pembelajaran. Pustaka Setia.
’Rianto, B. (2017). IMPLEMENTASI PROGRAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI SEKOLAH DASAR DI KOTA GORONTALO. Ilmiah Al-Jauhari (JIAJ), 1(1).
Sam, Z. (2016). Metode Pembelajaran Bahasa Arab. Nukhbatul ’Ulum, 2(1), 206–220. https://doi.org/10.36701/nukhbah.v2i1.16
Sari, D. R. (2015). Amaliat tadris maharat alkalam bialmadrasat althaanawiat al’iislamiat siraj altaalibin bialtaar 2014/ lileam aldirasii2015 [Skripsi]. Aljamiah Islamiyah Alhukumiyah Tulungagung.
’Shobirin, A., & ’Hilmi, D. (2021). IMPLIKASI MANAJEMEN PROGRAM BAHASA ARAB DALAM MENCETAK LULUSAN UNGGUL. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Ilmiah, 6(1), 15–26.
Wahab Rosyidi, A., Mamlu, Mp., & Ni, atul. (2011). PEMBELAJARAN BAHASA ARAB (1st ed.). UIN-MALIKI PRESS (Anggota IKAPI).