Pembinaan Karakter Religius Siswa Berkebutuhan Khusus di SLB Autisme River Kids Malang: Studi Kasus

Main Article Content

M. Ferdy Daryono Daryono
Keywords: Pembinaan, Karakter Religius, Siswa Berkebutuhan Khusus

Pendidikan karakter pada anak berkebutuhan khusus merupakan salah satu fokus dari tujuan pendidikan inklusif. Dengan terbentuknya karakter siswa maka akan terbentuk individu yang memiliki budi pekerti yang mulia. Salah satu karakter yang perlu ditanamkan pada siswa adalah karakter religius. Mengingat perbedaan tingkat intelegensi siswa berkebutuhan khusus dengan siswa normal di Sekolah reguler, maka pembinaan karakter religius siswa berkebutuhan khusus memerlukan strategi dan metode yang sesuai agar efisien dalam proses pembinaan karakter religius siswa berkebutuhan khusus. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan bagaimana pembinaan karakter religius siswa berkebutuhan khusus di SLB Autisme River Kids Malang. Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus atau case study, teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi yang terkait dengan fokus penelitian. Adapun hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa pembinaan karakter religius siswa berkebutuhan khusus di SLB Autisme River Kids Malang ditanamkan melalui program kegiatan keagamaan seperti sholat berjama’ah, membaca Al-Qur’an, sholat dhuha, dan membaca do’a sebelum dan sesudah belajar, proses pembinaan berjalan cukup baik namun masih belum maksimal dikarenakan kurangnya interaksi antara siswa yang disebabkan oleh keterbatasan siswa itu sendiri sehingga juga diperlukan pemaksimalan penanaman keterampilan sosial agar menjadikan siswa berkebutuhan khusus sebagai individu yang berkarakter religius dan mampu untuk hidup rukun dan toleran dengan pemeluk agama lain sesuai dengan konsep karakter religius menurut Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia.


Kata kunci: Pembinaan, Karakter Religius, Siswa Berkebutuhan Khusus.

Abdullah Nashih Ulwan. (2018). Tarbiyatul Aulad Fil Islam, Pendidikan Anak Dalam Islam, Terj.Arif Rahman Hakim (10th ed.). Insan Kamil.
Ahsanulhaq, M. (2019). Membentuk Karakter Religius Peserta Didik Melalui Metode Pembiasaan. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 2(1). https://doi.org/10.24176/jpp.v2i1.4312
Ancok, D. & Ardani, S. (2004). Psikologi Islami: Solusi Islam atas Problem-problem Psikologi (4th ed.). Pustaka Beajar.
Cahyono, H. (2016). Pendidikan Karakter: Strategi Pendidikan Nilai Islam dalam Membentuk Karakter Religius. Riayah: Jurnal Sosial Dan Keagamaan, 1(2).
Chandra, P., & Marhayati, N. (2020). Pendidikan Karakter Religius dan Toleransi pada Santri Pondok Pesantren Al-Hasanah Bengkulu. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 11(1).
Desiningrum, R. . (2016). Psikologi Anak Berkebutuhan Khusus (1st ed.). Psikosain.
Dewanti, R., & Fajriwati, A. (2020). Metode Demonstrasi dalam Peningkatan Pembelajaran Fiqih. Jurnal Kajian Islam Kontemporer, 11(1).
Fauziah, S., Mahmudah, F. N., & Susatya, E. (2020). Strategi Pembiasaan Karakter bagi Peserta Didik Berkebutuhan Khusus. JMKSP, 5.
Hakim, A. R., & Luthfiah, L. (2020). Efektifitas Penggunaan Metode Demonstrasi pada Pembelajaran Fiqih di MA Kapetakan. Equivalent : Jurnal Ilmiah Sosial Teknologi, 2(2). https://doi.org/10.46799/jequi.v2i2.2
Karyana, A., & Widati, S. (2013). Pendidikan anak berkebutuhan khusus tunadaksa. Jakarta: PT. Luxima Metro Media.
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2016). Konsep dan Pedoman: Penguatan Pendidikan Karakter (1st ed., Vol. 1). Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Lestari, S. (2022). Metode Pendidikan Karakter pada Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di Sekolah Inklusi RA Zidni Ilma Sukoharjo. Jurnal Pendidikan Tambusai.
Majid, A. (2011). Pendidikan karakter perspektif Islam (1st ed.). Remaja Rosdakarya.
Mangunsong, F. (2009). Psikologi dan pendidikan anak berkebutuhan khusus. Depok: LPSP3 UI.
Mangunwijaya, Y. B. (1991). Menumbuhkan Sikap Religiusitas Anak. In Balai Diklat Keagamaan (2nd ed.). Gramedia Pustaka Utama.
Mudjito A.K., H. E. (2012). Pendidikan Inklusif. Baduose Media jakarta.
Mulyasa. (2014). Manajemen Pendidikan Karakter (Vol. 4). Bumi Aksara.
Musrifah. (2016). Pendidikan Karakter dalam Perspektif Islam. In Edukasia Islamika (Vol. 1).
Nugroho, D., Dwi Astuti, W., Anisa Rahmadia, N., & Husna. (2022). Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Anak Berkebutuhan Khusus SLB A Yaketunis Yogyakarta. Anwarul: Jurnal Pendidikan Islam dan Dakwah, 2(6).
Nurbaiti, R., Alwy, S., & Taulabi, I. (2020). Pembentukan Karakter Religius Siswa Melalui Pembiasaan Aktivitas Keagamaan. EL Bidayah: Journal of Islamic Elementary Education, 2 (1). https://doi.org/10.33367/jiee.v2i1.995
Omeri, N. (2015). Pentingnya pendidikan karakter dalam dunia pendidikan. Manajer Pendidikan: Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana, 9(3).
Putri, D. A. P. S., & Kurnia, I. (2022). Kenali Pentingnya Membangun Pendidikan Karakter Pada Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di Sekolah Reguler. SEMDIKJAR, 1(1).
Putri, N., & Satria, R. (2021). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Melaksanakan Penanaman Karakter Religius Peserta Didik, 5(2).
Rahmat daud. (2022). Pendidikan Karakter dan Relevansinya Terhadap Nilai-Nilai Pendidikan Islam. UIN Raden Intan Lampung.
Ratna, M. E. (2008). Hubungan Religiusitas dengan Perilaku Agresif Remaja Madrasah Tsanawiyah Persiapan Negeri Batu.
Robert K. Yin. (2008). Studi kasus : Desain & Metode, Terj: M. Djauzi Mudzakir. Raja Grafindo Perkasa.
Setiawan, W. (2018). Pendidkan Agama Islam untuk Anak Berkebutuhan Khusus Perspektif Teori Barat dan Islam. ISTIGHNA, 1(1).
Siti Nur Alfiah. (2022). Pembentukan Karakter Religius Siswa Berkebutuhan Khusus Melalui Kegiatan Keagamaan di Madrasah Tsanawiyah Negei 1 Lamongan.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian kuantitatif, kualitatif dan R & D. Alfabeta.
Sururin. (2022). Pendidikan Agama Islam Bagi Anak Berkebutuhan Khusus (1st ed., Vol. 1). Rajawali Press.
Wandi, A. (2020). Implementasi Program Keagamaan dalam Membentuk Karakter Disiplin Peserta Didik di SDIT Istiqomah Lembang. Tarbawi, 5.
Widiastuti. (2020). Layanan Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Dengan Gangguan Emosi dan Perilaku. Indonesian Journal of Educational Research and Review, 3(2).
Zidanurrohim, A., Husna, U., Salwa Albana, R., Lestari, W., & Abdilah Iskandar, U. (2023). Penanaman Perilaku Agama Islam Pada Anak Tuna Laras pada Sekolah Inklusi. JIE: Journal Of Islamic Education, 8(2). https://doi.org/10.52615/jie.v8i2.288
Zuchdi, D. (2011). Pendidikan karakter Dalam Perspektif Teori dan Praktik (Vol. 1). UNY Press.
Daryono, M. F. D. (2024). Pembinaan Karakter Religius Siswa Berkebutuhan Khusus di SLB Autisme River Kids Malang: Studi Kasus. Jurnal Mu’allim, 6(1), 47-61. https://doi.org/10.35891/muallim.v6i1.4517