Nilai-nilai Pendidikan Islam dalam Al-Qur’an Surah Al-Maun (Studi Analisis Tafsir Al-Azhar Karya Buya Hamka)

Main Article Content

Jamaludin
Shobah Shofariyani Iryanti
tohirin
Keywords: Nilai-Nilai Pendidikan Islam, QS. Al-Maun, Tafsir Al-Azhar

Al-Qur’an adalah petunjuk utama yang dijadikan pegangan oleh setiap umat muslim untuk senantiasa diimplementasikan isi kandungannya dalam kehidupan. Namun sungguh sangat disayangkan, Al-Qur’an sebgai sumber hukum dan pegangan bagi umat muslim, kini hanya menjadi sebuah pajangan, bacaan seremonial, bahkan sering diabaikan. Al-Qur’an sebgagai pegangan utama bagi setiap umat muslim belum menjadi acuan yang benar-benar nyata oleh manusia karena tidak didalami dan diimplementasikan kandungannya dalam kehidupan. Tujuan penelitian ini yaitu Menggali nilai-nilai pendidikan khususnya nilai-nilai pendidikan islam yang terkandung di dalam surat Al-Maun yang di jelaskan dalam kitab tafsir Al-Azhar karya Buya Hamka untuk memberikan pemahaman kepada umat muslim. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik dokumenter. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis isi. Metode analisis isi merupakan metode yang digunakan untuk menemukan suatu konsep teori serta pemaknaan yang ada di dalam dokumen. Sumber penelitian ini adalah tafsir Al-Azhar jilid 10 sebagai unit analisis sekaligus sumber data primer dan jurnal-jurnal terindeks yang sesuai dengan pembahasan dalam penelitian sebagai data sekunder. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa nilai-nilai pendidikan khususnya nilai pendidikan islam yang terkandung di dalam Al-Qur’an surah Al-Maun melalui analisis tafsir Al-Azhar ialah nilai pendidikan akidah, ibadah, dan akhlak. Nilai-nilai tersebut sangat penting bagi umat muslim karena mengatur hubungannya baik dengan sesama manusia bahkan dengan Allah Swt. Nilai-nilai tersebut harus menjadi perhatian yang besar bagi umat muslim agar senantiasa memahami dan dapat mengamalkannya dalam kehidupan. Sehingga manusia dapat menjadi insan kamil atau manusia yang sempurna baik di hadapan manusia bahkan di hadapan Allah Swt.

Ahadi, M. (2023). Salat Sebagai Sarana Pembinaan Dan Pendidikan Karakter Islami. Jurnal Ilmu Pendidikan (Jip), 1(6), 1003–1013.
Azizan, Z., Zein, A., & Budianti, Y. (2022). The Value Of Spiritual And Social Education In Surah Al-Maun And Its Relevance To Learning The History Of Islamic Culture. Yupa: Historical Studies Journal, 7(1), 1–16. Https://Doi.Org/10.30872/Yupa.V7i1.1333
Departemen Agama Ri, (2003), Al-Qur’an Dan Terjemahnya, Jakarta.
Fauzi Arif Lubis. (2018). Miskin Menurut Pandangan Al-Qur’an. Tansiq, 1(1), 68–82.
Ferezegia, D. (2022). Analisis Tingkat Kemiskinan. Jurnal Sosial Humaniora Terapan, 1(1), 1–6. Http://Journal.Vokasi.Ui.Ac.Id/Index.Php/Jsht/Article/Download/6/1
Firdausiyah, U. W. (2021). Modernisasi Penafsiran Al-Quran Dalam Tafsir Al-Azhar Karya Buya Hamka. Jurnal Ulunnuha, 10(1), 65–77. Https://Doi.Org/10.15548/Ju.V10i1.2745
Frimayanti, A. I. (2015). Implementasi Pendidikan Nilai Dalam Pendidikan Agama Islam. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 6(November), 199–216.
Gani, A. (2015). Pendidikan Akhlak Mewujudkan Masyarakat Madani. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 6(November), 273–284.
Hassan Mydin, S. A., Muhamad Shukri, A. S., & Abdul Razak, M. A. (2020). Peranan Akhlak Dalam Kehidupan: Tinjauan Wacana Akhlak Islam. Jurnal Islam Dan Masyarakat Kontemporari, 21(1), 38–54. Https://Doi.Org/10.37231/Jimk.2020.21.1.374
Husna, K., & Arif, M. (2021). Ibadah Dan Praktiknya Dalam Masyarakat. Ta’lim : Jurnal Studi Pendidikan Islam, 4(2), 143–151. Https://Doi.Org/10.52166/Talim.V4i2.2505
Indryady. (2021). Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Al-Qur’an Surat Al-Maun. In Repository Ar-Raniry.
Jailani, M. S. (2023). Teknik Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan Pada Pendekatan Kualitatif Dan Kuantitatif. Ihsan: Jurnal Pendidikan Islam, 1, 1–9.
Jaya, S. A. F. (2020). Al-Qur’an Dan Hadis Sebagai Sumber Hukum Islam. Jurnal Indo-Islamika, 9(2), 204–216. Https://Doi.Org/10.15408/Idi.V9i2.17542
Johan, A. (2020). Budaya Kemiskinan Dalam Penanggulangan Kemiskinan Di Indonesia Culture Of Poverty In Poverty Reduction In Indonesia. Sosio Informa, 6(02), 114–132.
Kaliky, R. I., & Santoso, R. B. (2023). Pengamalan Alquran Pada Santri Tahfidzul Qur’an Di Pondok Pesantren Tahfizul Qur’an Ibadurrahman Surakarta. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(1), 346. Https://Doi.Org/10.35931/Am.V7i1.1687
Masduki, H. (2020). Internalisasi Nilai-Nilai Al-Maa’un Dalam Kerangka Pengembangan Kelembagaan Muhammadiyah Di Era Digital )Studi Tentang Pelayanan Jasa Berbasis Digitalisasi Pada Lembaga Amil Zakat Infaq Dan Shadaqah Muhammadiyah (Lazismu) Kabupaten Pamekasan. El-Furqania, 06(01), 1–20.
Mia Roswantika Nurrohmah, A. S. (2020). Tujuan Pendidikan Perspektif Al-Quran Dan Pendidikan Barat. Attractive : Innovative Education Journal, 2(2), 35–44.
Nurhadi, A., Satifudin, A., & Sarifudin. (2020). Upaya Guru Akidah Akhlak Dalam Meningkatkan Kecerdasan Taimiyah Kecamatan Cijeruk Kabupaten Bogor Tahun Ajaran 2019 / 2020. Prosiding Al Hidayah Pendidikan Agama Islam, 92–101.
Nurhakim, A. (2022). Pendidikan Akidah Perspektif Al-Quran Surah Luqman Ayat 13. Tsaqafatuna, 4(2), 184–191. Https://Doi.Org/10.54213/Tsaqafatuna.V4i2.174
Prof. Dr. Hamka, Tafsir Al-Azhar Jilid 10
Rahman, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan Dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–8.
Ridwan, M., Umar, M. H., & Ghafar, A. (2021). Sumber-Sumber Hukum Islam Dan Implementasinya (Kajian Deskriptif Kualitatif Tentang Al-Qur’an, Sunnah, Dan Ijma’). Borneo: Journal Of Islamic Studies, 1(2), 28–41.
Syach, A., Musyadad, V. F., Supriatna, A., & Yusuf, R. N. (2021). Upaya Menumbuhkan Kesalehan Sosial Melalui Program Peduli Yatim. Jurnal Abdidas, 2(3), 694–699. Https://Doi.Org/10.31004/Abdidas.V2i3.353
Syafril. (2020). Sumber Nilai Pendidikan Dari Alquran Dan Implikasinya Dalam Sistem Belajar Pendidikan Agama Islam : Menelaah Tafsir Surah Al Maun. Attractive : Innovative Education Journal, 2(3).
Taufiqurrahman, T. (2019). Ikhlas Dalam Perspektif Alquran. Eduprof : Islamic Education Journal, 1(2), 94–118. Https://Doi.Org/10.47453/Eduprof.V1i2.23
Ulfah Anisya. (2015). Tafsir Surat Al- Ma ’ Un (Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Aspek Sosial). Repository Uin Syarif Hidayatullah Jakarta. Http://Repository.Uinjkt.Ac.Id/Dspace/Handle/123456789/29692
Yusuf, M. Y. (2003). Corak Pemikiran Kalam Tafsir Al-Azhar: Sebuah Telaah Atas Pemikiran Hamka Dalam Teologi Islam. Jakarta: Penamadani.
Zulfikar, E. (2019). Interpretasi Makna Riya’ Dalam Al-Qur’an: Studi Kritis Perilaku Riya’ Dalam Kehidupan Sehari-Hari. Al-Bayan: Jurnal Studi Ilmu Al- Qur’an Dan Tafsir, 3(2), 143–157. Https://Doi.Org/10.15575/Al-Bayan.V3i2.3832
Jamaludin, Shobah Shofariyani Iryanti, & tohirin. (2024). Nilai-nilai Pendidikan Islam dalam Al-Qur’an Surah Al-Maun (Studi Analisis Tafsir Al-Azhar Karya Buya Hamka). Jurnal Mu’allim, 6(2), 362-375. https://doi.org/10.35891/muallim.v6i2.4838