Analisis Pendidikan Karakter Peserta Didik Melalui Pembiasaan 3S (Senyum, Sapa, Salam) Di SDN Pekayon 03
Main Article Content
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pendidikan karakter peserta didik melalui pembiasaan 3S (Senyum, Sapa, Salam) di SDN Pekayon 03 Pagi. Pendidikan karakter menjadi sangat penting, terutama di tingkat Sekolah Dasar untuk membentuk sikap sopan santun dan kedisiplinan pada anak. Pembiasaan 3S diharapkan dapat menciptakan suasana kelas yang lebih positif serta memperkuat interaksi sosial antara siswa dan guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembiasaan 3S terbukti efektif dalam meningkatkan karakter siswa, seperti sikap saling menghargai, disiplin, dan sopan santun. Pembiasaan ini juga berpengaruh positif terhadap perilaku sosial siswa, baik di lingkungan sekolah maupun di luar sekolah. Meskipun demikian, terdapat tantangan dalam penerapannya, terutama bagi siswa yang berasal dari latar belakang keluarga yang kurang mendukung pembentukan karakter. Oleh karena itu, kolaborasi antara pihak sekolah dan orang tua sangat diperlukan untuk memastikan konsistensi dalam pembiasaan 3S. Penelitian ini memberikan bukti bahwa pembiasaan 3S dapat menjadi strategi yang efektif dalam membentuk karakter siswa dan menciptakan atmosfer belajar yang lebih kondusif.
Davidson, M. & Lickona,T. (2006). Integrating Excellence and Ethios in Character Education. Social Sciense Docket,6,5-8.
Fitri, A. Z., & Haryanti, N. (2020). Metodologi Penelitian Pendidikan. Malang: Madani Media
Putra, P. (2017). Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran IPA di MIN Pemangkat Kabupaten Sambas Kalimantan Barat. JIP: Jurnal Ilmiah PGMI, 3(1), 49–61. https://doi.org/10.19109/jip.v3i1.1377
Sari, A. (2017). Implementasi pendidikan karakter di sekolah melalui kegiatan pembiasaan dan keteladanan. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 3(02), 249-258
Siregar, S. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif : dilengkapi dengan perbandingan perhitungan manual dan SPSS. Jakarta: Kencana,.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif R & D. Bandung: Alfabeta.
Widodo, A., & Nursaptini. (2020). Problematika Pendidikan Karakter Anak Berkebutuhan Khusus (Studi Kasus Terhadap Sekolah Dasar Penyelenggara Pendidikan Inklusif di Lombok Tengah) | Widodo | Jurnal Ilmiah Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Jendela Pendidikan, Jurnal Ilmiah Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 3(1).