ANALISIS USAHA TERNAK AYAM BROILER (STUDI KASUS DI TERNAK AYAM KUNTO DEWO DUSUN DAMAR DESA SEKARMOJO)

  • Mokh. Maghrobil Muhibbin Program studi agribisnis, Universitas Yudharta Pasuruan
  • Idah Lumhatul Fuad Program studi agribisnis, Universitas Yudharta Pasuruan
Keywords: Business, Broiler Chicken Farm

Abstract

Usaha peternakan ayam broiler Kunto Dewo memiliki kapasitas ayam 14.000 ekor ayam per periode produksi. Peternakan tersebut bergabung dengan kemitraan PT Sinar Sarana Sentosa. Pada sistem kemitraannya, peternakan Kunto Dewo mendapat sistem harga kontrak tetap penjualan ayam. Harga itu menghindarkan peternakan Kunto Dewo dari penurunan penerimaan akibat jatuhnya harga di pasar tetapi juga menyebabkan penerimaan tetap.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sistem produksi usaha peternakan ayam broiler, biaya produksi, penerimaan dan pendapatan bersih usaha, dan analisis efisiensi usahatani peternakan ayam broiler di ternak ayam Kunto Dewo. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Data kuantitatif dikumpulkan dan diolah kemudian dijelaskan secara deskriptif dan selanjutnya disajikan menggunakan model analisis efisiensi. Hasil penelitian menunjukkan sistem produksi usaha ayam broiler di peternakan Kunto Dewo meliputi empat tahap yaitu persiapan kandang, pemberian pakan dan minum, pencatatan, dan tahap terakhir proses pemanenan. Untuk Biaya produksi pada peternakan ayam broiler Kunto Dewo sebesar Rp 422,526,612. Sedangkan total penerimaan sebesar Rp 438,641,400. Hasil perhitungan BEP penerimaan sebesar Rp. 114.536.532,26. untuk nilai BEP produksi sebesar 6.865,43 Kg, sedangkan nilai BEP harga Rp 16.251,02/Kg, dan Nilai BEP luas sebesar 2416,1 m2. Perhitungan laba rugi peternakan Kunto Dewo mengalami keuntungan karena nilai penerimaan, hasil produksi, harga jual ayam, dan luas melebihi nilai perhitungan BEP. Sedangkan untuk nilai R/C Ratio sebesar 1.038 yang artinya bahwa usaha peternakan Kunto Dewo mendapatkan keuntungan karena nilai R/C ratio > 1. untuk hasil perhitungan B/C Ratio sebesar 3,813 yang artinya bahwa usaha peternakan Kunto Dewo berdasarkan hasil perhitungan B/C Ratio dikatakan tidak layak karena nilai B/C Ratio < dari bunga bank yang berlaku, bunga bank yang berlaku saat ini adalah 4,50%.

References

Amrizal, 2011. Analisis Finansial Usaha Peternakan Ayam Broiler di Peternakan Karisa Kelurahan Simpang Baru Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru. Skripsi. Program Studi Peternakan, Fakultas Pertanian dan Peternakan, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Dian, Krisno A. Richo., 2013. Kelayakan Usaha Budidaya Ayam (Analisis Biaya Manfaat dan BEP pada Keanu Farm, Kendal). Skripsi. Program Studi Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Semarang.

Solikhin, 2011. Manajemen Ayam Broiler di Peternakan UD. Hadi PS Kecamatan Nguter Kabupaten Sukaharjo. Tugas Akhir, Program Diploma III Agibisnis Peternakan, Fakultas Pertanian, Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Suratiyah, Ken., 2015. Ilmu Usahatani. Penebar Swadaya, Jakarta.

Yunus, Muhammad., 2007. Analisis Usaha Peternakan Ayam Broiler (Studi Kasus pada Usaha Peternakan Ayam Broiler di Kelurahan Borongloe, Kecamatan Bontomarannu, Kabupaten Gowa). Jurnal Agrosistem.

Published
2018-03-15
How to Cite
Muhibbin, M. M., & Fuad, I. L. (2018). ANALISIS USAHA TERNAK AYAM BROILER (STUDI KASUS DI TERNAK AYAM KUNTO DEWO DUSUN DAMAR DESA SEKARMOJO). AGROMIX, 9(1), 37-46. https://doi.org/10.35891/agx.v9i1.1426
Section
Articles