Evaluation of organic farming field schools in Gunung Kidul Regency, special region of Yogyakarta
Abstract
๐๐ฏ๐ต๐ณ๐ฐ๐ฅ๐ถ๐ค๐ต๐ช๐ฐ๐ฏ: ย ๐๐ท๐ข๐ญ๐ถ๐ข๐ต๐ช๐ฐ๐ฏ ๐ฐ๐ง ๐ง๐ช๐ฆ๐ญ๐ฅ ๐ด๐ค๐ฉ๐ฐ๐ฐ๐ญ ๐ข๐ค๐ต๐ช๐ท๐ช๐ต๐ช๐ฆ๐ด ๐ฏ๐ฆ๐ฆ๐ฅ๐ด ๐ต๐ฐ ๐ฃ๐ฆ ๐ฎ๐ฆ๐ข๐ด๐ถ๐ณ๐ฆ๐ฅ ๐ต๐ฐ ๐ธ๐ฉ๐ข๐ต ๐ฆ๐น๐ต๐ฆ๐ฏ๐ต ๐ต๐ฉ๐ฆ๐ช๐ณ ๐ฆ๐ง๐ง๐ฆ๐ค๐ต๐ช๐ท๐ฆ๐ฏ๐ฆ๐ด๐ด ๐ค๐ข๐ฏ ๐ฃ๐ฆ ๐ฅ๐ฐ๐ฏ๐ฆ ๐ต๐ฐ ๐ช๐ฎ๐ฑ๐ณ๐ฐ๐ท๐ฆ ๐ต๐ฉ๐ฆ ๐ฒ๐ถ๐ข๐ญ๐ช๐ต๐บ ๐ฐ๐ง ๐ง๐ช๐ฆ๐ญ๐ฅ ๐ด๐ค๐ฉ๐ฐ๐ฐ๐ญ๐ด ๐ช๐ฏ ๐ต๐ฉ๐ฆ ๐ง๐ถ๐ต๐ถ๐ณ๐ฆ. ๐๐ฉ๐ช๐ด ๐ด๐ต๐ถ๐ฅ๐บ ๐ข๐ช๐ฎ๐ด ๐ต๐ฐ ๐ฅ๐ฆ๐ต๐ฆ๐ณ๐ฎ๐ช๐ฏ๐ฆ ๐ต๐ฉ๐ฆ ๐ฆ๐ง๐ง๐ฆ๐ค๐ต๐ช๐ท๐ฆ๐ฏ๐ฆ๐ด๐ด ๐ฐ๐ง ๐ฐ๐ณ๐จ๐ข๐ฏ๐ช๐ค ๐ง๐ข๐ณ๐ฎ๐ช๐ฏ๐จ ๐ง๐ช๐ฆ๐ญ๐ฅ ๐ด๐ค๐ฉ๐ฐ๐ฐ๐ญ๐ด ๐ฃ๐ข๐ด๐ฆ๐ฅ ๐ฐ๐ฏ ๐ต๐ฉ๐ฆ ๐๐๐๐๐ ๐ฆ๐ท๐ข๐ญ๐ถ๐ข๐ต๐ช๐ฐ๐ฏ ๐ฎ๐ฐ๐ฅ๐ฆ๐ญ (๐ค๐ฐ๐ฏ๐ต๐ฆ๐น๐ต, ๐ช๐ฏ๐ฑ๐ถ๐ต, ๐ฑ๐ณ๐ฐ๐ค๐ฆ๐ด๐ด, ๐ฑ๐ณ๐ฐ๐ฅ๐ถ๐ค๐ต, ๐ฐ๐ถ๐ต๐ค๐ฐ๐ฎ๐ฆ), ๐ต๐ฉ๐ฆ ๐ช๐ฏ๐ง๐ญ๐ถ๐ฆ๐ฏ๐ค๐ฆ ๐ฐ๐ง ๐ช๐ฏ๐ต๐ฆ๐ณ๐ฏ๐ข๐ญ ๐ข๐ฏ๐ฅ ๐ฆ๐น๐ต๐ฆ๐ณ๐ฏ๐ข๐ญ ๐ง๐ข๐ค๐ต๐ฐ๐ณ๐ด ๐ด๐ช๐ฎ๐ถ๐ญ๐ต๐ข๐ฏ๐ฆ๐ฐ๐ถ๐ด๐ญ๐บ ๐ฐ๐ฏ ๐ต๐ฉ๐ฆ ๐ฆ๐ง๐ง๐ฆ๐ค๐ต๐ช๐ท๐ฆ๐ฏ๐ฆ๐ด๐ด ๐ฐ๐ง ๐ฐ๐ณ๐จ๐ข๐ฏ๐ช๐ค ๐ง๐ข๐ณ๐ฎ๐ช๐ฏ๐จ ๐ง๐ช๐ฆ๐ญ๐ฅ ๐ด๐ค๐ฉ๐ฐ๐ฐ๐ญ๐ด, ๐ท๐ข๐ณ๐ช๐ข๐ฃ๐ญ๐ฆ๐ด ๐ต๐ฉ๐ข๐ต ๐ฉ๐ข๐ท๐ฆ ๐ข ๐ฑ๐ข๐ณ๐ต๐ช๐ข๐ญ ๐ฆ๐ง๐ง๐ฆ๐ค๐ต ๐ฐ๐ฏ ๐ต๐ฉ๐ฆ ๐ฆ๐ง๐ง๐ฆ๐ค๐ต๐ช๐ท๐ฆ๐ฏ๐ฆ๐ด๐ด ๐ฐ๐ง ๐ฐ๐ณ๐จ๐ข๐ฏ๐ช๐ค ๐ง๐ข๐ณ๐ฎ๐ช๐ฏ๐จ ๐ง๐ช๐ฆ๐ญ๐ฅ ๐ด๐ค๐ฉ๐ฐ๐ฐ๐ญ๐ด, ๐ข๐ฏ๐ฅ ๐ฆ๐ฎ๐ฑ๐ฐ๐ธ๐ฆ๐ณ๐ฎ๐ฆ๐ฏ๐ต ๐ฎ๐ฐ๐ฅ๐ฆ๐ญ๐ด ๐ต๐ฉ๐ข๐ต ๐ค๐ข๐ฏ ๐ฃ๐ฆ ๐ข๐ฑ๐ฑ๐ญ๐ช๐ฆ๐ฅ ๐ช๐ฏ ๐๐ช๐ณ๐ช๐ต๐ช๐ณ๐ต๐ฐ ๐๐ช๐ด๐ต๐ณ๐ช๐ค๐ต. ๐๐ฆ๐ต๐ฉ๐ฐ๐ฅ: ๐๐ฉ๐ช๐ด ๐ณ๐ฆ๐ด๐ฆ๐ข๐ณ๐ค๐ฉ ๐ฎ๐ฆ๐ต๐ฉ๐ฐ๐ฅ ๐ช๐ด ๐ฃ๐บ ๐ด๐ถ๐ณ๐ท๐ฆ๐บ๐ช๐ฏ๐จ ๐ง๐ข๐ณ๐ฎ๐ฆ๐ณ๐ด ๐ฑ๐ข๐ณ๐ต๐ช๐ค๐ช๐ฑ๐ข๐ต๐ช๐ฏ๐จ ๐ช๐ฏ ๐ฐ๐ณ๐จ๐ข๐ฏ๐ช๐ค ๐ง๐ข๐ณ๐ฎ๐ช๐ฏ๐จ ๐ง๐ช๐ฆ๐ญ๐ฅ ๐ด๐ค๐ฉ๐ฐ๐ฐ๐ญ๐ด ๐ธ๐ช๐ต๐ฉ ๐ข ๐ด๐ข๐ฎ๐ฑ๐ญ๐ฆ ๐ฐ๐ง 50 ๐ง๐ข๐ณ๐ฎ๐ฆ๐ณ๐ด. ๐๐ฉ๐ฆ ๐ณ๐ฆ๐ด๐ฆ๐ข๐ณ๐ค๐ฉ ๐ญ๐ฐ๐ค๐ข๐ต๐ช๐ฐ๐ฏ ๐ช๐ด ๐ช๐ฏ ๐๐ข๐ญ๐ถ๐ณ๐ข๐ฉ๐ข๐ฏ ๐๐ช๐ณ๐ช๐ต๐ช๐ณ๐ต๐ฐ, ๐๐ข๐ฑ๐ข๐ฏ๐ฆ๐ธ๐ฐ๐ฏ ๐๐ถ๐ณ๐ธ๐ฐ๐ด๐ข๐ณ๐ช, ๐๐ถ๐ฏ๐ถ๐ฏ๐จ ๐๐ช๐ฅ๐ถ๐ญ ๐๐ฆ๐จ๐ฆ๐ฏ๐ค๐บ. ๐๐ข๐ต๐ข ๐ข๐ฏ๐ข๐ญ๐บ๐ด๐ช๐ด ๐ถ๐ด๐ช๐ฏ๐จ ๐ฎ๐ถ๐ญ๐ต๐ช๐ฑ๐ญ๐ฆ ๐ญ๐ช๐ฏ๐ฆ๐ข๐ณ ๐ณ๐ฆ๐จ๐ณ๐ฆ๐ด๐ด๐ช๐ฐ๐ฏ ๐ต๐ฆ๐ด๐ต ๐ข๐ฏ๐ข๐ญ๐บ๐ด๐ช๐ด. ๐๐ฆ๐ด๐ถ๐ญ๐ต๐ด: ๐๐ฉ๐ฆ ๐ณ๐ฆ๐ด๐ถ๐ญ๐ต๐ด ๐ด๐ฉ๐ฐ๐ธ๐ฆ๐ฅ ๐ต๐ฉ๐ข๐ต ๐ต๐ฉ๐ฆ ๐ช๐ฎ๐ฑ๐ญ๐ฆ๐ฎ๐ฆ๐ฏ๐ต๐ข๐ต๐ช๐ฐ๐ฏ ๐ฐ๐ง ๐ต๐ฉ๐ฆ ๐ฐ๐ณ๐จ๐ข๐ฏ๐ช๐ค ๐ง๐ข๐ณ๐ฎ๐ช๐ฏ๐จ ๐ง๐ช๐ฆ๐ญ๐ฅ ๐ด๐ค๐ฉ๐ฐ๐ฐ๐ญ ๐ช๐ฏ ๐๐ข๐ญ๐ถ๐ณ๐ข๐ฉ๐ข๐ฏ ๐๐ช๐ณ๐ช๐ต๐ช๐ณ๐ต๐ฐ ๐ณ๐ข๐ฏ ๐ท๐ฆ๐ณ๐บ ๐ฆ๐ง๐ง๐ฆ๐ค๐ต๐ช๐ท๐ฆ๐ญ๐บ ๐ธ๐ช๐ต๐ฉ ๐ข ๐๐๐๐๐ ๐ฆ๐ท๐ข๐ญ๐ถ๐ข๐ต๐ช๐ฐ๐ฏ ๐ท๐ข๐ญ๐ถ๐ฆ ๐ฐ๐ง 83.98% ๐ข๐ฏ๐ฅ ๐ข ๐ด๐ช๐จ๐ฏ๐ช๐ง๐ช๐ค๐ข๐ฏ๐ค๐ฆ ๐ท๐ข๐ญ๐ถ๐ฆ ๐ฐ๐ง 0.000 ๐ฐ๐ฏ ๐ต๐ฉ๐ฆ ๐ฑ๐ข๐ช๐ณ๐ฆ๐ฅ ๐ต-๐ต๐ฆ๐ด๐ต. ๐๐ช๐ฎ๐ถ๐ญ๐ต๐ข๐ฏ๐ฆ๐ฐ๐ถ๐ด๐ญ๐บ, ๐ต๐ฉ๐ฆ ๐ฆ๐ง๐ง๐ฆ๐ค๐ต๐ช๐ท๐ฆ๐ฏ๐ฆ๐ด๐ด ๐ฐ๐ง ๐ต๐ฉ๐ฆ ๐ช๐ฎ๐ฑ๐ญ๐ฆ๐ฎ๐ฆ๐ฏ๐ต๐ข๐ต๐ช๐ฐ๐ฏ ๐ฐ๐ง ๐ฐ๐ณ๐จ๐ข๐ฏ๐ช๐ค ๐ง๐ข๐ณ๐ฎ๐ช๐ฏ๐จ ๐ง๐ช๐ฆ๐ญ๐ฅ ๐ด๐ค๐ฉ๐ฐ๐ฐ๐ญ๐ด ๐ช๐ด ๐ช๐ฏ๐ง๐ญ๐ถ๐ฆ๐ฏ๐ค๐ฆ๐ฅ ๐ฃ๐บ ๐ช๐ฏ๐ต๐ฆ๐ณ๐ฏ๐ข๐ญ ๐ง๐ข๐ค๐ต๐ฐ๐ณ๐ด, ๐ฏ๐ข๐ฎ๐ฆ๐ญ๐บ ๐ข๐จ๐ฆ, ๐ฆ๐ฅ๐ถ๐ค๐ข๐ต๐ช๐ฐ๐ฏ ๐ญ๐ฆ๐ท๐ฆ๐ญ, ๐ง๐ข๐ณ๐ฎ๐ช๐ฏ๐จ ๐ฆ๐น๐ฑ๐ฆ๐ณ๐ช๐ฆ๐ฏ๐ค๐ฆ, ๐ญ๐ฆ๐ท๐ฆ๐ญ ๐ฐ๐ง ๐ด๐ฐ๐ค๐ช๐ข๐ญ ๐ฑ๐ข๐ณ๐ต๐ช๐ค๐ช๐ฑ๐ข๐ต๐ช๐ฐ๐ฏ, ๐ข๐ฏ๐ฅ ๐ค๐ฐ๐ด๐ฎ๐ฐ๐ฑ๐ฐ๐ญ๐ช๐ต๐ข๐ฏ ๐ญ๐ฆ๐ท๐ฆ๐ญ ๐ฐ๐ง ๐ง๐ข๐ณ๐ฎ๐ฆ๐ณ๐ด, ๐ข๐ด ๐ธ๐ฆ๐ญ๐ญ ๐ข๐ด ๐ฆ๐น๐ต๐ฆ๐ณ๐ฏ๐ข๐ญ ๐ง๐ข๐ค๐ต๐ฐ๐ณ๐ด, ๐ฏ๐ข๐ฎ๐ฆ๐ญ๐บ ๐ต๐ฉ๐ฆ ๐ณ๐ฐ๐ญ๐ฆ ๐ฐ๐ง ๐ง๐ข๐ณ๐ฎ๐ฆ๐ณ ๐จ๐ณ๐ฐ๐ถ๐ฑ๐ด ๐ข๐ฏ๐ฅ ๐ต๐ฉ๐ฆ ๐ณ๐ฐ๐ญ๐ฆ ๐ฐ๐ง ๐ข๐จ๐ณ๐ช๐ค๐ถ๐ญ๐ต๐ถ๐ณ๐ข๐ญ ๐ฆ๐น๐ต๐ฆ๐ฏ๐ด๐ช๐ฐ๐ฏ ๐ธ๐ฐ๐ณ๐ฌ๐ฆ๐ณ๐ด. ๐๐ข๐ณ๐ต๐ช๐ข๐ญ๐ญ๐บ, ๐ต๐ฉ๐ฆ ๐ณ๐ฐ๐ญ๐ฆ ๐ฐ๐ง ๐ข๐จ๐ณ๐ช๐ค๐ถ๐ญ๐ต๐ถ๐ณ๐ข๐ญ ๐ฆ๐น๐ต๐ฆ๐ฏ๐ด๐ช๐ฐ๐ฏ ๐ธ๐ฐ๐ณ๐ฌ๐ฆ๐ณ๐ด ๐ข๐ง๐ง๐ฆ๐ค๐ต๐ด ๐ต๐ฉ๐ฆ ๐ฆ๐ง๐ง๐ฆ๐ค๐ต๐ช๐ท๐ฆ๐ฏ๐ฆ๐ด๐ด ๐ฐ๐ง ๐ง๐ช๐ฆ๐ญ๐ฅ ๐ด๐ค๐ฉ๐ฐ๐ฐ๐ญ ๐ช๐ฎ๐ฑ๐ญ๐ฆ๐ฎ๐ฆ๐ฏ๐ต๐ข๐ต๐ช๐ฐ๐ฏ. ๐๐ฉ๐ช๐ด ๐ด๐ฉ๐ฐ๐ธ๐ด ๐ต๐ฉ๐ข๐ต ๐ต๐ฉ๐ฆ ๐ณ๐ฐ๐ญ๐ฆ ๐ฐ๐ง ๐ข๐จ๐ณ๐ช๐ค๐ถ๐ญ๐ต๐ถ๐ณ๐ข๐ญ ๐ฆ๐น๐ต๐ฆ๐ฏ๐ด๐ช๐ฐ๐ฏ ๐ธ๐ฐ๐ณ๐ฌ๐ฆ๐ณ๐ด ๐ช๐ด ๐ข๐ฏ ๐ช๐ฎ๐ฑ๐ฐ๐ณ๐ต๐ข๐ฏ๐ต ๐ง๐ข๐ค๐ต๐ฐ๐ณ ๐ช๐ฏ ๐ฅ๐ฆ๐ต๐ฆ๐ณ๐ฎ๐ช๐ฏ๐ช๐ฏ๐จ ๐ต๐ฉ๐ฆ ๐ฆ๐ง๐ง๐ฆ๐ค๐ต๐ช๐ท๐ฆ๐ฏ๐ฆ๐ด๐ด ๐ฐ๐ง ๐ฐ๐ณ๐จ๐ข๐ฏ๐ช๐ค ๐ง๐ข๐ณ๐ฎ๐ช๐ฏ๐จ ๐ง๐ช๐ฆ๐ญ๐ฅ ๐ด๐ค๐ฉ๐ฐ๐ฐ๐ญ๐ด. ๐๐ฐ๐ฏ๐ค๐ญ๐ถ๐ด๐ช๐ฐ๐ฏ:ย ๐๐ฉ๐ฆ ๐ฐ๐ณ๐จ๐ข๐ฏ๐ช๐ค ๐ง๐ข๐ณ๐ฎ๐ช๐ฏ๐จ ๐ง๐ช๐ฆ๐ญ๐ฅ ๐ด๐ค๐ฉ๐ฐ๐ฐ๐ญ ๐ช๐ฏ ๐๐ข๐ญ๐ถ๐ณ๐ข๐ฉ๐ข๐ฏ ๐๐ช๐ณ๐ช๐ต๐ช๐ณ๐ต๐ฐ ๐ช๐ด ๐ท๐ฆ๐ณ๐บ ๐ฆ๐ง๐ง๐ฆ๐ค๐ต๐ช๐ท๐ฆ ๐ข๐ฏ๐ฅ ๐ด๐ช๐ฎ๐ถ๐ญ๐ต๐ข๐ฏ๐ฆ๐ฐ๐ถ๐ด๐ญ๐บ ๐ช๐ฏ๐ง๐ญ๐ถ๐ฆ๐ฏ๐ค๐ฆ๐ฅ ๐ฃ๐บ ๐ช๐ฏ๐ต๐ฆ๐ณ๐ฏ๐ข๐ญ ๐ข๐ฏ๐ฅ ๐ฆ๐น๐ต๐ฆ๐ณ๐ฏ๐ข๐ญ ๐ง๐ข๐ค๐ต๐ฐ๐ณ๐ด, ๐ธ๐ฉ๐ช๐ญ๐ฆ ๐ฑ๐ข๐ณ๐ต๐ช๐ข๐ญ๐ญ๐บ ๐ช๐ฏ๐ง๐ญ๐ถ๐ฆ๐ฏ๐ค๐ฆ๐ฅ ๐ฃ๐บ ๐ต๐ฉ๐ฆ ๐ณ๐ฐ๐ญ๐ฆ ๐ฐ๐ง ๐ข๐จ๐ณ๐ช๐ค๐ถ๐ญ๐ต๐ถ๐ณ๐ข๐ญ ๐ฆ๐น๐ต๐ฆ๐ฏ๐ด๐ช๐ฐ๐ฏ ๐ธ๐ฐ๐ณ๐ฌ๐ฆ๐ณ๐ด.
References
Al Asyari, A. M. (2018). Peran Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) dalam Program Pertanian Organik di Kelurahan Dadaprejo, Kecamatan Junrejo, Kota Batu (Kasus di Gabungan Kelompok Tani Rukun Makmur) [skripsi]. Universitas Brawijaya.
Awalina, R., Yanti, D., & Islami, S. (2021). Membangun Kedaulatan Pangan Melalui Sekolah Lapang Agroekologi dengan Bertani Ramah Lingkungan. Warta Pengabdian Andalas, 28(4), 521โ527.
Azwar, S. (2012). Penyusunan Skala Psikologi, Edisi 2. Pustaka Belajar.
Badan Pusat Statistik. (2022). Analisis Profil Penduduk Indonesia. Badan Pusat Statistik.
Badrun, Wicaksana, R. N., Saepuloh, Y., Marfu, N., Atsarissalaf, M., Lestari, M., Istiqomah, S. F., Chanana, N., Falistin, B. Q., Sakinah, K., & Aminah, S. (2019). Pupuk organik untuk mengurangi penggunaan pupuk kimia (penelitian dan pengabdian masyarakat di Dusun Planjan. Prosiding Konferensi Pengabdian Masyarakat, 1(Maret 2019), 455โ457.
BPS-Statistics of Gunungkidul Regency. (2022). Gunungkidul Regency in Figures 2022. ivโ452.
Bunyatta, D. K., Onyango, C. A., Nyando, V. V, & Kibett, J. K. (2015). Impact of soil and crop management farmer field schools on farming systems and productivity among smallholders in North Rift, Kenya. International Journal of Humanities and Social Science, 5(3), 173โ179.
Diab, A. M. (2015). Learning impact of farmer field schools of integrated cropโlivestock systems in Sinai Peninsula, Egypt. Annals of Agricultural Sciences, 60(2), 289โ296.
Kabupaten Gunung Kidul, B. P. S. (2021). Statistik Hortikultura Kabupaten Gunung Kidul 2021.
Khairunnisa, N. F., Saidah, Z., Hapsari, H., & Wulandari, E. (2021). Pengaruh Peran Penyuluh Pertanian terhadap Tingkat Produksi Usahatani Jagung. Jurnal Penyuluhan, 17(2), 113โ125.
Lasminingrat, L., & Efriza, D. (2020). Pembangunan Lumbung Pangan Nasional: Strategi Antisipasi Krisis Pangan Indonesia the Development of National Food Estate : the Indonesian Food Crisis Anticipation Strategy. Jurnal Pertahanan & Bela Negara, 10(3), 244โ260.
Lisarini, E., & Hidayat, E. Y. (2013). Tingkat Partisipasi Anggota Kelompoktani Pada Program Sekolah Lapang Pengelolaan Tanaman Terpadu Terhadap Peningkatan Produksi Padi. Journal of Agroscience, 5(5), 1โ6.
Listiana, I., Sumardjo, Sadono, D., & Tjiptopranoto, P. (2018). Hubungan Kapasitas Penyuluh dengan Kepuasan Petani dalam Kegiatan Penyuluhan. Jurnal Penyuluhan, 14(2).
Mardian, I., Herawati, N., Bulu, Y. G., Aisah, A. R., Ratna, B. T., Erawati, & Hidayah, B. N. (2020). Efektivitas Sekolah Lapang Perbenihan Kedelai di Desa Mandiri Benih Kabupaten Bima. In S. Herlida et.al. (Ed.), Prosiding Seminar Nasional Lahan Suboptimal ke-8 Tahun 2020, Palembang 20 Oktober 2020 (pp. 565โ575). Universitas Sriwijaya (UNSRI).
Ningsih, K. (2011). Kajian Pengembangan Sumberdaya Manusia Petani dalam Pembuatan Pupuk Organik di Desa Bicorong Kecamatan Pakong Kabupaten Pamekasan. AGROMIX, 2(2).
Peraturan Menteri Pertanian. (2009). Pedoman Standar Minimal dan Pemanfaatan Sarana dan Prasarana Penyuluhan Pertanian (Permentan No. 51 Tahun 2009).
Petunjuk Teknis Sekolah Lapang Tematik Pertanian Organik, 1 (2022).
Pratiwi, M., Ridwan, & Waskito. (2019). Evaluasi Teaching Factory Model CIPP. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(3), 414โ421.
Prihono, & Murdani. (2020). Analisis sikap petani terhadap pelaksanaan sekolah lapang pengelolaan tanaman terpadu (SL-PTT) dan peningkatan produksi padi. Agromix, 11(1), 101โ114.
Purnawirawan, O., Sholihah, M., Kartini, I., & High, V. (2020). The Application of CIPPO Evaluation Model in Evaluating the Performance of School for Producing Entrepreneurs Programs in Vocational High School. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 443(Iset 2019), 387โ391.
Risna, Irmadamayanti, A., Rahayu, H. S., & Saidah. (2019). Efektivitas Peningkatan Pengetahuan Petani Penangkar Melalui Kegiatan Sekolah Lapang Kedaulatan Pangan Terintegrasi Desa Mandiri Benih di Kabupaten Sigi. Prosiding Temu Teknis Jabatan Fungsional Non Peneliti, Malang, 17-19 Juli 2019, 449โ458.
Slameto, Haryadi, F. T., & Subejo. (2014). Efektivitas Proses Pembelajaran Sekolah Lapang Pengelolaan Tanaman Terpadu Padi Sawah oleh Komunitas Petani di Lampung. Jurnal Agro Ekonomi, 32(1), 35โ55.
Soeharjo, & Patong. (1999). Analisis Kelayakan usahatani Sorgum di Lahan Kering Dalam Meningkatkan Pendapatan Petani (Studi Kasus di Kabupaten Ngawi). Jurnal Ilmu Pertanian Indonesia, 4(2), 87โ94.
Suprayitno, A. R., Sumardjo, Gani, D. S., & Sugihen, B. G. (2011). Model Peningkatan Partisipasi Petani Sekitar Hutan Dalam Pengelolaan Hutan Kemiri Rakyat : Kasus Pengelolaan Hutan Kemiri Kawasan Pegunungan Bulusaraung Kabupaten Maros Provinsi Sulawesi Selatan. Penelitian Sosial Ekonomi Kehutanan, 8(3), 176โ195.
van den Berg, H., Ketelaar, J. W., Dicke, M., & Fredrix, M. (2020). Is the farmer field school still relevant? Case studies from Malawi and Indonesia. NJAS - Wageningen Journal of Life Sciences, 92.
Widiarso, B. P., Jeni, C., & Nurdayati, N. (2022). Hubungan Tingkat Kosmopolitan dan Karakteristik Inovasi dengan Sikap Peternak Sapi Potong pada Pengobatan Luka Traumatik Menggunakan Salep Ekstrak Tanaman Yodium. Jurnal
Yulianto, G., Redono, C., Agus, F., & Kurniawan, J. (2008). Evaluasi Program Tenaga Harian Lepas Tenaga Bantu Penyuluh Pertanian (Sebuah Penelitian di Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun 2007). Jurnal Ilmu-Ilmu Pertanian, 4(1), 61โ73.
Zulkarnain, Supriyadi, Karina, E., Rakhmiati, & Handayani, E. P. (2022). Tingkat Kepuasan Kelompok Wanita Tani terhadap Kinerja Penyuluh Pertanian Lapang. Agromix, 13(1), 34โ46.
Copyright (c) 2024 Era Rizqi Damayanti, Sujono , Siti Nurlaela
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Copyright is fully owned by the author without restrictions. Detail...