ANALISIS PERILAKU KONSUMEN DALAM PEMBELIAN TERI KRISPI DI KABUPATEN PAMEKASAN MADURA

  • Endang Tri Wahyurini Fakultas Pertanian Agrobisnis Perikanan Universitas Islam Madura
Keywords: Consumer behavior, Factors considered, Teri Krispi

Abstract

Teri merupakan salah satu komoditas perikanan yang memiliki banyak manfaat. Secara nutrisi ikan teri merupakan sumber protein yang sangat tinggi. Salah satu olahan teri yang cukup diminati masyarakat atau konsumen adalah teri krispi.  Penelitian dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui karakteristik dan faktor yang mempengaruhi pembelian teri krispi di Kabupaten Pamekasan. Penelitian dilakukan di Pamekasan, Madura pada bulan Oktober 2016. Jumlah responden sebanyak 70 konsumen yang dipilih secara  Insidental Sampling. Data dianalisis dengan cara deskriptif dan analisis faktor. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar responden yang melakukan pembelian teri krispi adalah perempuan, berstatus ibu rumah tangga, berumur diatas  35  tahun, pendapatan individu yang diperoleh antara Rp 1.000.000,00 sampai Rp. 2.500.000,00 per bulan  dengan asumsi harga teri krispi dalam kategori terjangkau oleh konsumen. Konsumen membeli atau mengkonsumsi teri krispi bukan sebagai makanan pokok tetapi sebagai kuliner, oleh-oleh, dan makanan camilan. Delapan faktor yang dipertimbangkan responden secara berurutan adalah harga, rasa, kemasan,  tampilan penyajian, kepuasan, pendapatan, dan demografi.

 

References

Asseal, H. 1992. Consumer Behavior and Marketing Action. New York: PWS-KENT. Publishing Company, Boston

Hermanianto, J. dan R.Y. Andayani. 2002. Studi perilaku konsumen dan identifikasi parameter i bakso sapi berdasarkan preferensi konsumen di wilayah DKI Jakarta. Jurnal Teknologi dan Indutri Pangan 13(1): 1-10.

Kusdiyanto,2014.Analisis Perilaku Konsumen Terhadap Permintaan Ikan di Kota Surakarta, Prosiding RESEARCH METHODS AND ORGANIZATIONAL STUDIES Hlm. 102-108

Nazarul A.2016. Ikan Teri Nasi. https://nazarulakmal.wordpress.com/2016/05/18/ikan-teri-nasi/

Parubak, B., A. Thoyib, dan A. Suman. 2004. Faktor faktor yang dipertimbangkan konsumen dalam pembelian kain donggala di Kotamadya Palu. Kumpulan Artikel Seminar Hasil Penelitian. Bidang Kajian Perilaku Konsumen. Program Magister Manajemen. Pascasarjana, Universitas Brawijaya. Pamekasan. Hal. 1-12.

Sudarmiatin. 2009. Model perilaku konsumen dalam perspektif teori dan empiris pada jasa pariwisata. Jurnal Ekonomi Bisnis 14(1): 1-11.

Sulistyawati, E. 2004. Analisis faktor faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam keputusan pembelian produk patung kayu pada toko kerajinan di Kecamatan Sukawati, Gianyar, Bali. Kumpulan artikel Seminar Hasil Penelitian. Bidang kajian Perilaku Konsumen. Program Magister Manajemen Universitas Brawijaya Pamekasan. Hal. 67-84.

Tedjakusuma, R., S. Hartini, dan Muryani. 2001. Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam pembelian air minum mineral di Kotamadya Surabaya. Jurnal Penelitian Dinamika Sosial 2(3): 48-58.

Published
2017-11-23
How to Cite
Wahyurini, E. T. (2017). ANALISIS PERILAKU KONSUMEN DALAM PEMBELIAN TERI KRISPI DI KABUPATEN PAMEKASAN MADURA. AGROMIX, 8(2), 75-81. Retrieved from https://jurnal.yudharta.ac.id/v2/index.php/AGROMIX/article/view/782
Section
Articles