Pengaruh Label Halal dan Religiusitas Terhadap Minat Beli dan Keputusan Pembelian Studi Pada Wardah Beauty House Surabaya
##plugins.themes.engagementTheme.article.main##
English
This study aims to determine the effect of halal label on buying interest, religiosity to buying interest, halal label on purchasing decision, religiosity to purchase decision, halal label on buying decision through buying interest, religiosity to buying decision through buying interest, and buying interest on purchasing decision On cosmetic buyer wardah in pretty healthy cosmetic shop.This type of research is explanatory research (explanatory research) with quantitative approach and using path analysis. This population is a buyer Wardah Beauty House Surabaya. The sample used in this research as many as 100 respondents taken using Insidental sampling. The results of the analysis in this study indicate that the halal label has a positive and significant effect on buying interest, religiosity has a positive and significant effect on buying interest, halal label has a positive effect and no significant purchase decision. Religiosity has a positive and significant effect on purchasing decision, the label has a significant effect on purchasing decision through buying interest. Religiosity has a significant effect on buying keputisan through buying interest, buying interest have positive and insignificant effect to purchasing decisio.
Keywords: Halal Label, Religiosity, Buying Interest, Purchase Decision.
Indonesia
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh label halal terhadap minat beli, label halal terhadap keputusan pembelian, religiusitas terhadap minat beli, religiusitas terhadap keputusan pembelian, label halal terhadap keputusan pembelian melalui minat beli, religiusitas terhadap keputusan pembelian melalui minat beli, dan minat beli terhadap keputusan pembelian pada pembeli kosmetik wardah di Wardah Beauty House Surabaya. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksplanatori (explanatory research) dengan pendekatan kuantitatif dan menggunakan analisis jalur. Populasi ini adalah pembeli kosmetik wardah diwardah beauty house Surabaya. sampel yang digunakan dalam penenlitian ini sebanyak 100 responden yang diambil menggunakan Sampling Insidental. Hasil analisis dalam penelitian ini menunjukkan bahwa label halal berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli, religiusitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli, label halal berpengaruh positif dan tidak signifikan keputusan pembelian. Religiusitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, label berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian melalui minat beli. Religiusitas berpengaruh signifikan terhadap keputisan pembelian melalui minat beli, dan minat beli berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap keputusan pembelian.
Keywords: Label Halal, Religiusitas, Minat Beli, Keputusan Pembelian
Ancok, D dan Suroso F. N. 2011. Psikologi Islami Solusi Islam Atas Problem-Problem Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Agustian, H. A., dan Sujana. 2013. Pengaruh Labelisasi Halal Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Jurnal Ilmiah Manajemen
Burhanuddin. Pemikiran Hukum Perlindungan Konsumen dan Sertifikat Halal. Malang: UIN Maliki Press, 2011.
Ferrinadewi, Erna. 2005. Atribut Produk yang Dipertimbangkan dalam Pembelian Kosmetik dan Pengaruhnya pada Kepuasan Konsumen di Surabaya. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, Vol.7 No.2 September
Jalaluddin. 2010. Psikologi Agama. Jakarta: Rajawali Pers.
Kotler, Philip. 2000. Manajemen Pemasaran. Edisi Mileinium. Jakarta : PT. Indeks Kelompok Gramedia
Kotler, Philip. 2005. Manajemen pemasaran, jilid 1 dan 2. Jakarta: PT Indeks.
Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane. 2009. Manajemen Pemasaran. (Ed. Ke-13). Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Mahendrayasa A, Srikandi K., Yusri A. 2014. Pengaruh word of mouth terhadap minat beli serta dampaknya Pada keputusan pembelian. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) Vol. 12 No. 1
.
Nasution, M. D., dan Yossie R. 2016. Hubungan antara Religiusitas dan Pengambilan Keputusan Membeli Panganan Halal dimoderasi oleh Persepsi Konsumen atas risiko. Jurnal ilmiah Research Sains Vol.2 No. 2 Juni.
Nasrullah, Muhammad, 2015, Islamic branding, Religiusitas dan Keputusan Pembelian Produk, Jurnal Hukum Islam (JHI), Volume 13, Nomor 2, Desember 2015.
Peter, Paul J. dan Jerry C. Olson. Consumer Behavior: Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Jilid 2. Ed. 4. Dialihbahasakan oleh Damos Sihombing. Jakarta: Erlangga.
Sarwono, jonathan. 2007. Analisis Jalur untuk Riset Bisnis dengan SPSS. Yogyakarta: Andi Offset.
Sciffman, Leon dan Lesslie Lazar Kanuk. 2007. Perilaku Konsumen. Edisi Ketuju. Jakarta: PT. Indeks.
Suhardiyanto. 2001. Pendidikan religiusitas. Yogyakarta:kanisius
Sumadi. 2016. Peranan kepercayaan kepada penjual dan label halal terhadap minat beli daging halal, jurnal manajemen dan bisnis, Vol 1, No 2, Desember
Sumarwan, Ujang. 2011. Perilaku Konsumen, Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Ghalia Indonesia: Bogor
www.wardahbeauty.com Diakses 2 juni 2017
www.deptan.go.id . Diakses, tanggal 10 juni 2017