Sumbangsih Customer Relationship Management Dalam Menciptakan Customer Intimacy
##plugins.themes.engagementTheme.article.main##
English Version
To achieve success in today's dynamic business era, it is important to shift from a product focus to a customer focus. Companies can better understand customers, provide more personalized service, and build communication through a Customer Relationship Management (CRM) approach. This concept aims to achieve Customer Intimacy, namely a close relationship with customers based on a deep understanding of customer needs. Using qualitative descriptive methods, this research reviews literature on CRM and Customer Intimacy. The results show that salespeople's strategies for attracting customer attention, creating Customer Intimacy, and measuring how influential CRM is in building strong customer relationships are important parts of the process. Reliable sources indicate how important this method is for understanding customer needs, increasing customer satisfaction, and increasing customer retention. This study also shows that CRM.
Versi Indonesia
Untuk mencapai kesuksesan di era bisnis yang dinamis saat ini, penting untuk beralih dari fokus pada produk ke fokus pada pelanggan. Perusahaan dapat lebih memahami pelanggan, memberikan layanan yang lebih personal, dan membangun komunikasi melalui pendekatan Customer Relationship Management (CRM). Konsep ini bertujuan untuk mencapai Customer Intimacy, yaitu hubungan yang dekat dengan pelanggan yang didasarkan pada pemahaman yang mendalam tentang kebutuhan pelanggan. Dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif, penelitian ini meninjau literatur tentang CRM dan Customer Intimacy. Hasilnya menunjukkan bahwa strategi penjual untuk menarik perhatian pelanggan, menciptakan Customer Intimacy, dan mengukur seberapa besar pengaruh CRM dalam membangun hubungan pelanggan yang kuat adalah bagian penting dari proses tersebut. Sumber yang dapat dipercaya menunjukkan betapa pentingnya metode ini untuk memahami kebutuhan pelanggan, meningkatkan kepuasan pelanggan, dan meningkatkan retensi pelanggan
Abdul Hamid, Mokhammad Natsir, & Harianto Respati. (2022). Pengaruh Customer Trust dan Customer Satisfaction Terhadap Brand Loyalty Melalui E-WOM. SKETSA BISNIS, 9(1). https://doi.org/10.35891/jsb.v9i1.2800
Afida, S. N., & Wusko, A. U. (2017). PENGARUH EMOTIONAL BRANDING DAN CUSTOMER SATISFACTION TERHADAP BRAND LOYALTY Survei pada pembeli Sophie Paris di Outlet Pandaan Pasuruan. SKETSA BISNIS, 2(1), 64–74. https://doi.org/10.35891/jsb.v2i1.670
Ahmad, M. (2013). Analisis Manajemen Hubungan Pelanggan. Artikel - Jurnal, 1(285).
Aisyah, S., & Rachmadi, K. R. (2022). DIGITALISASI PEMASARAN MELALUI SOSIAL MEDIA MARKETING PADA PELAKU UMKM GUNA PENINGKATAN PENDAPATAN. RESWARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 442–448. https://doi.org/10.46576/rjpkm.v3i2.1866
Aprianti, W., Sarkum, S., & Halim, A. (2021). Dampak Komunikasi E-WOM Dan Efek COVID-19 Pada Kepuasan Service escape Terhadap E-Shopping Behavior. SKETSA BISNIS, 8(2), 135–151.
Aryana, I. N., Wardana, I. M., & Yasa, N. N. K. (2017). Membangun Keunggulan Bersaing Melalui Kinerja Sistem Informasi dan Customer Intimacy dalam Meningkatkan Kinerja Pemasaran (Studi pada Industri Perhotelan di Bali). E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 6(4), 1343–1364.
Budiman, B., & Muryati, I. A. Y. (2010). Customer relationship management (crm) dan nilai pelanggan terhadap loyalitas pelanggan. The Winners, 11(2), 151–159.
Davis, L. M. (2010). Social Media Marketing: An Hour a Day. TECHNICAL COMMUNICATION, 57(1), 110.
Dewi, A. A. C. (2015). Pengaruh Customer Relationship Management (CRM) Terhadap Customer Satisfaction Dan Customer Loyalty Pada Pelanggan Sushi Tei Surabaya. Jurnal Strategi Pemasaran, 3(1), 1–9.
Doney, P. M., & Cannon, J. P. (1997). An examination of the nature of trust in buyer-seller relationships. Journal of Marketing, 61(2), 35–51. https://doi.org/10.2307/1251829
Ham, M. (2016). Pengaruh Customer Relationship Management (Crm) Terhadap Customer Satisfaction Dan Customer Loyalty Pada Pelanggan Matahari Department Store. Jurnal Strategi Pemasaran, 3(2), 8.
Iriandini, A. P., Yulianto, E., & Mawardi, M. K. (2015). Pengaruh customer relationship management (CRM) terhadap kepuasan pelanggan dan loyalitas pelanggan (Survey pada Pelanggan PT. Gemilang Libra Logistics, Kota Surabaya). Jurnal Administrasi Bisnis, 23(2).
Kluin, B. R. (2004). Discipline of market leaders. Create Connect Continue, 1–33.
Kotler, & Amstrong, G. (2016). Dasar-dasar Pemasaran (Jilid 1, E). Erlangga.
Kotler, P. (2012). Kotler On Marketing. In Kotler On Marketing (p. 272). https://books.google.com/books?id=iHWxeT7X5YYC&pgis=1
M.Si, R. (2016). CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT. VALUTA, 2(1), 83–98.
Payne, A. F., Storbacka, K., & Frow, P. (2008). Managing the co-creation of value. Journal of the Academy of Marketing Science, 36(1), 83–96. https://doi.org/10.1007/s11747-007-0070-0
Pilny, H. L., Papen, M. C., & Niemand, T. (2023). Transfer of Autonomous Sensory Meridian Response (ASMR) to Relationship Marketing: Potential Effects on Perceived Customer Intimacy. Journal of Relationship Marketing, 22(1), 29–61. https://doi.org/10.1080/15332667.2022.2132105
Putri, I. K. (2018). Pengaruh Customer Relationship Management Terhadap Loyalitas Anggota di KSPPS Sri Sejahtera Jawa Timur. Jurnal Kajian Komunikasi, 6(1), 10–23.
Reinartz, W. J., & Kumar, V. (2003). The impact of customer relationship characteristics on profitable lifetime duration. In Journal of Marketing (Vol. 67, Issue 1). https://doi.org/10.1509/jmkg.67.1.77.18589
Rigby, B. D. K., Reichheld, F., & Dawson, C. (2003). Winning customer loyalty is the key to a winning CRM strategy Winning customer loyalty is the key to a winning CRM strategy. Most, 426(519), 1–6.
Ryals, L., & Payne, A. (2001). Customer relationship management in financial services: towards information-enabled relationship marketing. Journal of Strategic Marketing , 9(1), 3–27. https://doi.org/10.1080/09652540010011484
Setiawan Anom Pribadi, Ernani Hadiyati, & Jamal Abdul Nasir. (2021). Pengaruh Bauran Pemasaran Dan Pelayanan Terhadap Loyalitas Anggota Melalui Kepuasan Anggota Pada Masa Krisis Pandemi COVID-19 Di KUD Batu. SKETSA BISNIS, 8(2), 152–166. https://doi.org/10.35891/jsb.v8i2.2836
Sinollah. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Strategi Pemasaran Terhadap Kepuasan Pelanggan di Lumbung Stroberi Kota Batu. Jurnal Sketsa Bisnis, 08(02).
Sulistiyawati, U. (2022). Pengaruh Privacy (Security) Settings, Application Design dan E-Trust Terhadap E-Relationship Satisfaction Dan E-Loyalty Pada Konsumen Grabfood Di Surabaya. SKETSA BISNIS. https://jurnal.yudharta.ac.id/v2/index.php/SKETSABISNIS/article/view/3211
Widianto, E., & Barata, D. D. (2023). Analisis Kepercayaan, Kepuasan Serta Loyalitas Pelanggan Pada Brand Sneaker internasional Ditinjau dari Brand Equity. SKETSA BISNIS, 10(1), 30–44.