##plugins.themes.engagementTheme.article.main##

Achmad Syafa’at
Abdul Wahid

Pertumbuhan usaha harus di barengi dengan Strategi  Pemasaran yang baik, pada PT. Bagoes Tjipta Karya” ini dilakukan secara deskriptif kualitatif, dimana sebagian data kualitatif yang diperoleh selanjutnya dibuat menjadi kuantitatif dengan menggunakan skala pengukuran bobot dan rating yang biasa digunakan dalam melakukan analisis SWOT. Pengambilan objek dilakukan dengan cara observasi  lokasi, wawancara mendalam terkait strategi yang tepat  dalam peningkatan daya saing, dokumentatif dan literatur yang berkaitan menajadi pendukung terhadap permasalahan yang disajikan. Selanjutnya, penelitian ini dianalisis menggunakan teknik analisis SWOT. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa dalam operasionalnya,Perusahaan telah melakukan berbagai kegiatan pemasaran berupa periklanan, pemasaran, publisitas, penjualan perseorangan, dan penjualan langsung untuk pemasaran produk-produk PT. Bagoes Tjipta Karya agar konsumen dapat mengenal. Strategi yang dapat digunakan untuk menentukan strategi bersaing pada PT. Bagoes Tjipta Karya yaitu stable growth strategy. Artinya, dalam pengembangan ke depan, PT. Bagoes Tjipta Karya dapat menggunakan strategi pertumbuhan peran namun dilakukan secara bertahap sesuai skala prioritas. Perusahaan nhendaknya memperhatikan aspek pemasaran karena kurangnya tenaga pemasaran yang bertugas untuk mendatangi pelanggan. Dalam jangka pendek, pihak perusahaan perlu menambah karyawan bagian pemasaran. Selain itu, pihak perusahaan juga perlu untuk membuat website sebagai sarana promosi untuk memperkenalkan jasa perusahaan kepada pihak luar.


Keywords: Analisis SWOT Daya Saing Strategi Pemasaran.
Metode, D., Failure, F., Analysis, E., Pt, D. I., & Purwodadi, E. T. R. (n.d.). UPAYA MENURUNKAN TINGKAT KECACATAN PRODUK PSST SLICE MUSHROOMS 4 OZ DENGAN METODE FMEA (FAILURE MODE AND EFFECT ANALYSIS) DI PT. ETR PURWODADI. 66–74.
Puspasari, A., & Rabia, P. (2020). Strategi penjualan sepatu dengan metode analisis swot di era pandemic covid-19 The shoe sales strategy uses the swot analysis method in the covid-19 pandemic era. 17(2), 270–276.
Ida Farida, A. T. (2016). Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran 7p Terhadap. 8-Article Text-12-1-10-20170415, 1-1.
Sinaga, E. D., & Derlini. (2017). Strategi Pengembangan Usaha Melalui Analisis Strength Weakness Opportunity Threat (SWOT) dan Identifikasi Kebutuhan Konsumen pada Usaha Produksi Sepatu. Jurnal Ilmiah: Jurutera, 4(2), 12–16.
Wahid, A. (2017). Pengendalian kualitas produk galon air mineral 19 l dengan pendekatan six sigma. Journal Knowledge Industrial Engineering, 4(1), 15–22. http://jurnal.yudharta.ac.id/v2/index.php/jkie/article/view/863/727
Hintze, 2. (2018). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Perilaku Online Shopping: Perspektif Pemasaran Agribisnis . Jurnal Ecodemica, Vol. 2, 136-146.
misbah , a. (2019). Srategi Pemasaran Ayam Boiler Di Peternakan UD.RESTU IBU Dengan Menggunakan Metode SWOT. Journal Knowledge industrial engineering, 24-33.
Wahid, A., & Munir, M. (2020). Economic Order Quantity Istimewa pada Industri Krupuk “ Istimewa ” Bangil. 02, 1–8.