IMPLEMENTASI QIRAATUL KUTUB UNTUK MENINGKATKAN KELANCARAN MEMBACA KITAB KUNING DI MADRASAH DINIYAH DARUT TAQWA SENGONAGUNG PURWOSARI PASURUAN

  • Arifatul Chusna Universitas Yudharta Pasuruan
  • Ali Mohtarom Universitas Yudharta Pasuruan
Keywords: Qiraatul Kutub, Kelanacaran Membaca kitab Kuning

Abstract

Qiraatul Kutub merupakan suatu proses pembelajaran membaca kitab kuning. Yang mana Qiraah sendiri berasal dari Qaraa yang berarti membaca sedangkan kutub yakni kitab. Indonesia dalam pengembangan kitab kuning, mendirikan percetakan kitab kuning dan madrasah atau lembaga-lembaga pendidikan Islam, karena kitab kuning merupakan penopang utama tradisi keilmuan Islam, tradisi keilmuan Islam dan juga sebagai penunjang dalam pendidikan Islam. “Hampir tidak diragukan lagi kitab kuning mempunyai peran besar tidak hanya dalam transmisi ilmu pengetahuan Islam, bukan hanya dikalangan komunitas santri, tetapi juga ditengah masyarakat muslim Indonesia secara keseluruhan.

Penelitian ini mengggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian penelitian lapangan (field research) yaitu suatu penelitian yang sumber datanya di lapangan. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan Kualitatif Deskriptif (Kualitatif lapangan). Maka dalam pengumpulan data menggunakan sumber data primer dan sekunder. Data primer dapat diperoleh didapat dari keterangan langsung oleh guru pengajar Qiraatul Kutub. Sedangkan data sekunder , didapat dari beberapa informan yang meliputi kepala madrasah, staf TU dan siswa Madrasah Diniyah Darut Taqwa serta berbagai buku atau literatur yang secara konseptual/substansial terkait dengan penelitian yang dilakukan oleh peneliti.

Implementasi Qiraatul Kutub untuk meningkatkan kelancaran kitab kuning di Madrasah Diniyah Darut taqwa sudah 15% siswa sudah lancar membaca kitab dan sudah bisa menjelaskan isi dari kitab tersebut.

Published
2019-01-25
How to Cite
Chusna, A., & Mohtarom, A. (2019). IMPLEMENTASI QIRAATUL KUTUB UNTUK MENINGKATKAN KELANCARAN MEMBACA KITAB KUNING DI MADRASAH DINIYAH DARUT TAQWA SENGONAGUNG PURWOSARI PASURUAN. Mu’allim, 1(1), 1-18. Retrieved from https://jurnal.yudharta.ac.id/v2/index.php/muallim/article/view/1350