PENGARUH PENERAPAN MEDIA LEGO HIJAIYAH DARI LIMBAH TUTUP BOTOL UNTUK MENINGKATKAN PENGENALAN HURUF HIJAIYAH DI RA MIFTAHUL HUDA KERTOSARI PASURUAN

  • Nur Holifah Universitas Yudharta Pasuruan
  • Ahmad Ma’ruf Universitas Yudharta Pasuruan
Keywords: Media Lego Hijaiyah, Peningkatan Pengenalan Huruf Hijaiyah

Abstract

Media Lego Hijaiyah merupakan modifikasi dari permainan lego, dalam proses permainannya menggunakan sistem bongkar dan dipasangkan kembali dengan memasukkan atau menjodohkan bentuk, gambar, huruf, dan bilangan yang sama. Media permainan ini menggunakan objek konstruktif menyusun dan menempatkan lego bersimbol huruf hijaiyah pada kolom huruf yang tersedia.

Untuk mengetahui konsep tersebut peneliti merumuskan masalah penelitian, sebagai berikut: Pertama, Bagaimana pengaruh penerapan Media Lego Hijaiyah Dari Limbah Tutup Botol Untuk Meningkatkan Pengenalan Huruf Hijaiyah? Kedua, Bagaimana hasil penerapan Media Lego Hijaiyah Dari Limbah Tutup Botol Untuk Meningkatkan Pengenalan Huruf Hijaiyah? Untuk menjawab pertanyaan diatas peneliti menggunakan pendekatan jenis penelitian kuantitatif, dimana data penelitian dikumpulkan melalui metode observasi, angket, dan dokumentasi.
Populasi pada penelitian ini adalah 16 responden. Kisi-kisi pencapaian data dibagi menjadi 2  item indikator pencapaian yang tersebar menjadi 11 (variabel X) dan 9 untuk (variabel Y) item pertanyaan. Dengan hasil kegiatan belajar pada kemampuan bermain Media Lego Hijaiyah (X=499) dan Peningkatan Pengenalan Huruf Hijaiyah (Y=389). Maka, dari data tersebut dikorelasikan dengan bantuan hitungan SPSS Uji Reliabilitas 0,985 dan hasil Korelasi Split-half  0,954 > ttabel 0,506 dengan signifikansi 0,00 < 0,05 dalam interpretasi berkategori Korelasi Sangat Kuat. Berdasarkan hasil tersebut, maka Ha diterima dan Ho ditolak. Sehingga, Penerapan Media Lego Hijaiyah sangat berpengaruh pada Peningkatan Pengenalan Huruf Hijaiyah di RA Miftahul Huda Kertosari

References

Anggani, S. (2004). Sumber Belajar dan Alat Permainan untuk PAUD. Jakarta: Grasindo.
Anwar, S. (1997). Reliabilitas dan Validitas Edisi 3 Cet I. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Aqib, Z. (2013). Model-model Media dan Strategi Pembelajaran Kontestual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya.
Arikunto, S. (1995). Manajemen Penelitian Cet 3 Edisi Baru. Jakarta: PT. Rineka Cipta,.
Daryanto. (2016). Media Pembelajaran Cet I Edisi 2 Revisi. Yogyakarta: Gava Media.
Daryanto. (2016). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
Djamarah, S. B. (2005). Guru dan Anak Didik Cet III. Jakarta : PT. Rineka Cipta.
Djamarah, S. B. (2005). Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Djiwandono, S. E. (2002). Psikologi Pendidikan Cet I. Jakarta: PT. Grasindo.
Fatrhurrohman, M. (2006). Model-model pembelajran inovatif Cet 2. Jogjakarta: Ar-Ruzz media.
Almath F , M. (2006). 1100 Hadits Terpilih: Sinar Ajaran Muhammad. (Offline), t.k.: HaditsWeb (http://opi.110mb.com/).
Hamalik, O. (1994). Media Pendidikan Cet VII. Bandung: PT Citra Aditya Bakti.
Imamah, N., & Ma’ruf, A. (2018). PENGARUH PENERAPAN MEDIA VIDEOSCRIBE UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN AQIDAH AKHLAQ DI MTs DARUL ULUM PURWODADI. AL MURABBI, 4(1), 87-102.
Kowa, F. (2005). Mengajar Lewat Permainan: Pemikiran Para Guru dan Praktik di kelas. Jakarta: Grasindo.
Kurniawan, D. (2014). Pembelajaran Terpadu Tematik: Teori, Praktik dan Penilaian. Bandung: Alfabeta.
Kusmiawan, U. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Anak Usia Dini Cet I. Malang: Gunung Samudra.
Martono, N. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif revisi 2 Cet V. Jakarta: Rajawali Pres.
Munadi, Y. (2013). Media Pembelajaran Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: Referensi.
Nana Sudhana, A. R. (1990). Media Pengajaran. Bandung: CV. Sinar Baru.
Nurhasanah, Anah. (t.t). Berfilsafat Dengan Lego. Artikel Filsafat Ilmu. t.k.: t.p.
Nusa putra, N. D. (2016). Penelitian Kualitatif PAUD. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Padmonodewo, S. (2003). Pendidikan Anak Prasekolah. Jakarta: Rineka Cipta .
Prastowo, A. (2015). Panduan Kreatif membuat Bahan Ajar Inovatif Cet VIII. Jogjakarta: Diva Press.
Priyasta, R. (2007). Buku Sakti Kuasai SPSS. Yogyakarta: PT. Anak Hebat Indonesia.
Sadiman, A. S. (1996). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya Edisi 1 Cet IV. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.
Sanjaya, W. (2008). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia Group.
Sarwono, J. (2006). Analisis Data Penelitian Menggunakan SPSS. Yogyakarta: C.V. Andi Offset.
Soepartono. (2000). Media Pembelajaran. Jakarta: Departemen PeNas Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Bagian Proyek Penataran guru SLTP Setara D III.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D Cet 22. Bandung: Alfabeta.
Suhaeni, Heni. (2013). Meningkatkan Kemampuan Membaca Dini Pada Anak Melalui Media Lego Huruf. Sumedang: Unv. Pendidikan Indonesia.
Sudjiono, A. (2015). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.
Supranto. (1993). Metode Ramalan Kuantitatif. Jakarta: Rineka Cipta.
Toyib, Muhammad. (2016). Pelatihan Penggunaan Permainan Lego Dalam Pembelajaran Pecahan. Jurnal The 4th University Research Coloquium. Surakarta: FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Undang-undang Republik Indonesia Tentang Pengelolahan Sampah Nomer 18 tahun 2008
Winarsunu, T. (2015). Statistik dalam penelitian Psikologi dan Pendidikan. Malang: UMM Press.
Yohana Rumanda, H. (2011). Pembelajaran Anak Usia Dini Yang Menyenangkan Melalui Bermain. t.k: KemPendNas.
Yuliani Nuraji Suijioni, B. S. (2010). Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Jamak. Jakarta: Indeks.
Published
2019-01-25
How to Cite
Holifah, N., & Ma’ruf, A. (2019). PENGARUH PENERAPAN MEDIA LEGO HIJAIYAH DARI LIMBAH TUTUP BOTOL UNTUK MENINGKATKAN PENGENALAN HURUF HIJAIYAH DI RA MIFTAHUL HUDA KERTOSARI PASURUAN. Mu’allim, 1(1), 79-94. Retrieved from https://jurnal.yudharta.ac.id/v2/index.php/muallim/article/view/1354