PENGGUNAAN MEDIA MACROMEDIA FLASH8 DALAM PEMBELAJARAN BACA TULIS AL-QURAN DI KELAS X MM SMK AL HIDAYAH WONOREJO PASURUAN

  • Abdul Khobir Al-Muqtafa Universitas Yudharta Pasuruan
  • Muhammada . Universitas Yudharta Pasuruan
Keywords: Penggunaan Media Macromedia Flash8, Pembelajaran Baca Tulis Al-Quran

Abstract

Dalam kegiatan pembelajaran Baca Tulis Al-Quran diperlukan berbagai strategi maupun media untuk meningkatkan belajar siswa dan mengurarangi rasa bosan siswa dalam proses belajar mengajar, dengan media menggunakan media yang menarik dan menyenangkan siswa akan lebih termotivasi dan semangat dalam belajar. Maka dari itu peneliti memberikan judul Penggunaan Media Macromedia Flash8 dalam Pembelajaran Baca Tulis dengan fokus penelitian sebagai berikut : 1). Bagaimana penggunaan Penggunaan Media Macromedia Flash8 2). Bagaimana respon dan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah terhadap Penggunaan Media Macromedia Flash8 Dalam pembelaaran BTQ? 3). Bagaimana kelebihan dan kekurangan Penggunaan Media Macromedia Flash8 dalam Pembelajaran Baca Tuli al-quran ?

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan media Macromedia Flash8 dalam pembelajaran Baca Tulis Al-Quran di Kelas X MM SMK Al-Hidayah Wonorejo Pasuruan

Dalam penelitian ini menggunakan penelitian Studi kasus. Adapun pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi.

Penggunaan media Macromedia mampu mningkatkan hasil proses belajar siswa hal ini dapat dilihat dari respon dan hasil belajar siswa .Nilai respon siswa rata-rata 77%, dan hasil belajar siswa rata-rata 78,8%. Hal tersebut menunjukkan bahwa respon dan hasil nilai belajar siswa menggunakan media macromedia Flash8 lebih baik.

References

Andersoon, Ronald H. Pemilihan dan pengembangan untuk pembelajaran. Jakarta:Raja Grafindo Persada 1994.
Cahyawai pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis MacromediaFlash8Standar Kompetensi Menangani Surat/Dokumen Kantor Pada Siswa Kelas X Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran Smk MUhammadiyah 1 Wates . Yogyakarta UniversitasNegeri Yogyakarta (2015).
Daryanto Media pembelajaran Peranannya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media. 2013.
Lexy J Moeleong., Metodologi Penelitian Kualitatif , PT Remaja Rodakarya: Bandung. 2011.
Moh Nazir, Metode Penelitian Ghalia Indonesia:Bogor.
Sugiyono, Memahami Peneltiian Kualitatif. Bandung Alfabeta. 2010.
Nana Sudjana & Rivai Media Pengajaran. Bandung: sinar Baru Algensido. 2011.
Purwanto. Evaluasi hasil Belajar. Yogyakarta: pustaka Pelajar 2010.
Cecep kustandi Media Pembelajaran Manual dan Digital edisi kedua , Bogor : ghalia Indonesia 2011.
Tim Penelitian dan Pengembangan Wahana Komputer. Pembuatan Animasic dengan Macromediafalsh8 profesional, Jakarta:Salemba Infotek, 2006.
Lajnah Pentashih mashaf Al-Quran Karim, bagian Ilmu Tajwid, Jakarta: 1958.
Published
2019-01-25
How to Cite
Al-Muqtafa, A. K., & ., M. (2019). PENGGUNAAN MEDIA MACROMEDIA FLASH8 DALAM PEMBELAJARAN BACA TULIS AL-QURAN DI KELAS X MM SMK AL HIDAYAH WONOREJO PASURUAN. Mu’allim, 1(1), 161-174. Retrieved from https://jurnal.yudharta.ac.id/v2/index.php/muallim/article/view/1358