PENERAPAN ETIKA BISNIS ISLAM PADA PEDAGANG UNTUK MENINGKATKAN LOYALITAS PELANGGAN DI PASAR NONGKOJAJAR KECAMATAN TUTUR KABUPATEN PASURUAN

  • Dina Uswatun Khasanah Universitas Yudharta Pasuruan
  • Ahmad Ma'ruf Universitas Yudharta Pasuruan
Keywords: Model wisata religi, nilai-nilai agama Islam, pariwisata

Abstract

Penelitian ini dengan tujuan untuk:(1) mendekan model wisata religi masjid Cheng Hoo Pandaan sebagai alternatif mewujudkan nilai-nilai agama Islam dalam mendukung pariwisata Pasuruan. (2) Untuk mendekan nilai-nilai agama Islam terdapat di model wisata religi masjid Cheng Hoo Pandaan. Metode yang dipakai dalam penelitian ini yakni metode deskriptif kualitatif dengan fokus studi kasus di wisata religi masjid Cheng Hoo Pandaan. Adapun subyek penelitian ini adalah pengurus masjid, wisatawan, dan pedagang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model wisata religi masjid Cheng Hoo Pandaan sesuai dengan yang dikemukakan oleh Aan Jaelani yakni sebuah wisata religi yang sesuai dengan prinsip-prinsip agama Islam yakni halal, dan memuat 5 indikator wisata religi seperti wisata religi yang berkonsep budaya dan terikat dengan sejarah Islam, bentuk bangunan yang unik, dan diperuntukkan bagi muslim dan non muslim. Selain itu, wisata religi ini mampu sebagai alternatif dalam mewujudkan nilai-nilai agama Islam yang tertuang dalam berbagai kegiatan seperti nilai aqidah, ibadah, muamalah, dan mampu mendukung pariwisata Kabupaten Pasuruan melalui kegiatan-kegiatan yang sudah terlaksana disana. Hal inilah yang dapat menarik wisatawan untuk berkunjung baik sekedar berwisata maupun sambil beribadah.

References

Abdul Rahman, R., Rezai, G., Mohamed, Z., Shamsudin, M. N., & Sharifuddin, J. (2013). Malaysia as Global Halal Hub: OIC Food Manufacturers’ Perspective. Journal of International Food and Agribusiness Marketing, 25(SUPPL1), 154–166. https://doi.org/10.1080/08974438.2013.809672 Al-Hamarneh. (2011). Islamic tourism: A long term strategy of tourist industries in the Arab world after 9/11. Andriani, D. (2015). Laporan Awal Kajian Pengembangan Wisata Syari’ah. Jakarta: Kementerian Pariwisata RI. Battour, M., & Ismail, M. N. (2016). Halal Tourism: Concepts, practises, challenges and future. Tourism Management Perspectives. https://doi.org/10.1016/j.tmp.2015.12.008 Boğan, E., & Sarıışık, M. (2019). Halal Tourism: conceptual and practical challenges. https://doi.org/10.1108/JIMA-06-2017-0066 Chapra, U. M. (1995). Islam and the Economic Challenge. In Islamic Economics Series - 17.

Crescentrating. (2017). Global Muslim Travel Index (GMTI) 2017. Crescentrating.Com, (May), 1–5. https://doi.org/10.1016/j.jweia.2015.05.010 Creswell, J. W. (2016). Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Demeiati Kusumaningrum Nur, Aulia Mawaddah Fairuz, & Erima Puspita. (2017). Trend Pariwisata Halal Korea Selatan. Senas Pro2, 1–10. Retrieved from http://eprints.umm.ac.id/42892/18/Kusumaningrum Fairuz Putri Amalia - halal kebijakan Korea Selatan muslim pariwisata.pdf Din, K. H. (1989). Islam and tourism. Patterns, issues, and options. Annals of Tourism Research. https://doi.org/10.1016/0160-7383(89)90008-X El-Gohary, H. (2016). Halal Tourism, is it really Halal? Tourism Management Perspectives, Vol. 19, pp. 124–130. https://doi.org/10.1016/j.tmp.2015.12.013 Han, H., Al-Ansi, A., Olya, H. G. T., & Kim, W. (2019). Exploring halal-friendly destination attributes in South Korea: Perceptions and behaviors of Muslim travelers toward a non-Muslim destination. Tourism Management, 71, 151–164. https://doi.org/10.1016/j.tourman.2018.10.010 Hermantoro, H. (2011). Creative-Based Tourism Dari Wisata Rekreatif Menuju Wisata Kreatif. Depok: Adtri. Jaelani, A. (2016). Islamic Tourism Development in Cirebon: The Study Heritage Tourism in Islamic Economic Perspective. Journal of Economics Bibliography. https://doi.org/10.1453/jeb.v3i2.688 Jaelani, A. K. (2018). Pengembangan Destinasi Pariwisata Halal Pada Era Otonomi Luas di Provinsi Nusa Tenggara Barat. Jurnal Pariwisata. https://doi.org/10.31311/par.v5i1.3277 Jamal, N. (2018). Pariwisata Syariah Makin Berkembang, Ini Fatwa MUI Tentang Pedoman Penyelenggaraannya. Retrieved from Go Muslim website: https://www.gomuslim.co.id/read/regulasi_direktori/2018/03/17/7374/-p-pariwisata-syariah-makin-berkembang-ini-fatwa-mui-tentang-pedoman-penyelenggaraannya-p-.html Khaerani, R., Pamungkas, P., & Aeni, S. N. (2018). Pengembangan Daya Tarik Wisata Daarus Sunnah Menjadi Wisata Halal. Tourism Scientific Journal. https://doi.org/10.32659/tsj.v3i1.37.

Kriyantono, R. (2006). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana Perdana. Mohamed Battour, Mohd Nazari Ismail, & Moustafa Battor. (2012). The Mediating Role of Tourist Satisfaction: A Study of Muslim Tourists in Malaysia. Journal of Travel and Tourism Marketing, 29, 279–297. https://doi.org/10.1080/10548408.2012.666174 Mohsin, A., Ramli, N., & Alkhulayfi, B. A. (2016). Halal Tourism: Emerging opportunities. Tourism Management Perspectives. https://doi.org/10.1016/j.tmp.2015.12.010 Muhammad Nizar. (2017). Strategi Promosi dalam Pengembangan Pariwisata Halal di Taman Wisata Religy Gunung Mujur Karangploso Malang. Al-Ghazwah, 1(1), 87–102. Retrieved from https://jurnal.yudharta.ac.id/v2/index.php/elgozwah/article/view/589 Nurlayla. (2019). Kemenpar Tunjuk Kota Malang Jadi Destinasi Wisata Halal Unggulan. Retrieved from Malang Times website: https://www.malangtimes.com/baca/41999/20190724/153800/punya-gen-juara-kabupaten-malang-kini-ajukan-pujon-kidul-dalam-lomba-pkk-tingkat-jatim Nurrachmi, R. (2018). The Global Development of Halal Food Industry: A Survey. Tazkia Islamic Finance and Business Review. https://doi.org/10.30993/tifbr.v11i1.113 Pariwisata, K. (2012). Halal Tourism industry in Indonesia: Potential and prospects. Retrieved from http://www.kemenpar.go.id/asp/detil.asp?c=16&id=2042 Pilliang, Y. (2012). Masyarakat Informasi dan Digital: Teknologi Informasi dan Perubahan Sosial. Jurnal Sosioteknologi. Pratiwi, S. R., Dida, S., & Sjafirah, N. A. (2018). Strategi Komunikasi dalam Membangun Awareness Wisata Halal di Kota Bandung. Jurnal Kajian Komunikasi. https://doi.org/10.24198/jkk.v6i1.12985 Rakhmawati, A., Rahardjo, K., & K. (2019). Faktor Anteseden dan Konsekuensi Green Supply Chain Management. JSINBIS (Jurnal Sistem Informasi Bisnis), 9(1), 1–8. Retrieved from https://ejournal.undip.ac.id/index.php/jsinbis/article/view/21102 S, puspa ratnaningrum, Yulianto, E., & Mawardi, M. K. (2016). Pengaruh Electronic Word of Mouth terhadap citra destinasi serta dampaknya pada minat dan keputusan berkunjung. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB).

Salehudin, I., & Luthfi, B. A. (2011). Marketing Impact of Halal Labeling toward Indonesian Consumer’s Behavioral Intentions. Asean Marketing Journal. Samori, Z., Md Salleh, N. Z., & Khalid, M. M. (2016). Current trends on Halal Tourism: Cases on selected Asian countries. Tourism Management Perspectives, Vol. 19, pp. 131–136. https://doi.org/10.1016/j.tmp.2015.12.011 Sanad, H. S., Kassem, A. M., & Scott, N. (2010). Tourism and Islamic law. Bridging Tourism Theory and Practice. https://doi.org/10.1108/S2042-1443(2010)0000002005 Sayangbatti, D. P., & Baiquni, M. (2013). Motivasi Persepsi Wisatawan Tentang Daya Tarik Destinasi Terhadat Minat Kunjungan Kembali di Kota Batu. Jurnal Nasional Pariwisata. Shakona, M. Y. (2013). The influence of religiosity on the intention of United States Muslim tourists to choose a shariah compliant hotel. ProQuest Dissertations and Theses. https://doi.org/10.1108/17590831011026196 Subarkah, A. R. (2018). Diplomasi Pariwisata Halal Nusa Tenggara Barat. Intermestic: Journal of International Studies, 2(2), 188. https://doi.org/10.24198/intermestic.v2n2.6 Tallo, A., Pratiwi, Y., & Astutik, I. (2014). Identifikasi Pola Morfologi Kota (Studi Kasus : Kecamatan Klojen, Kota Malang). Jurnal Perencanaan Wilayah Dan Kota. https://doi.org/10.5614/jpwk.2015.25.3.3 Widagdyo, K. G. (2015). Analisis Pasar Pariwisata Halal Indonesia. The Journal of Tauhidinomics. Wisata Halal Andalan Baru NTB. (n.d.). Jawa Pos. 13 September 2017. Younis, H., Sundarakani, B., & Vel, P. (2016). The impact of implementing green supply chain management practices on corporate performance. Competitiveness Review, 26(3), 216–245. https://doi.org/10.1108/CR-04-2015-0024.

Published
2019-09-05
How to Cite
Dina Uswatun Khasanah, & Ahmad Ma’ruf. (2019). PENERAPAN ETIKA BISNIS ISLAM PADA PEDAGANG UNTUK MENINGKATKAN LOYALITAS PELANGGAN DI PASAR NONGKOJAJAR KECAMATAN TUTUR KABUPATEN PASURUAN. Mu’allim, 1(2), 217-238. Retrieved from https://jurnal.yudharta.ac.id/v2/index.php/muallim/article/view/1625
Section
Articles