PENGARUH STATUS MAHASISWA MENIKAH TERHADAP INDEKS PRESTASI KOMULATIF (STUDI KASUS DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNIVERSITAS YUDHARTA PASURUAN)

  • Hidayatul Mahfiroh Universitas Yudharta Pasuruan
  • Askhabul Kirom Universitas Yudharta Pasuruan
Keywords: Mahasiswa, Indeks Prestasi Komulatif

Abstract

Menikah pada saat masih kuliah memang merupakan suatu fenomena dalam lingkungan kita, meskipun masih  dianggap sesuatu yang tidak biasa dan langka. Kekhawatiran yang sering dirasakan adalah kuliah menjadi terbengkalai. Tetapi hal ini memang membutuhkan komitmen yang kuat sehingga tidak mengganggu kuliah, lulus tediri pat waktu dan mencetak Indeks Prestasi Komulatif yang Istimewa. Namun, tidak semua bisa berjalan sesuai dengan apa yang kita inginkan. Karena mahasiswa yang berstatus menikah mempunyai tanggung jawab ganda.

Dalam Penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain komparatif.Metode pengumpulan data dengan menggunakan metode dokumentasi.Penggunaan metode dokumentasi dalam penelitian  ini adalah mengumpulkan data Indeks Prestasi Kumulatif  mahasiswa sebelum dan sesudah menikah di Program Studi Pendidikan Agama Islam Universitas Yudharta Pasuruan.

Hasil perhitungan statistik dalam penelitian ini adalah 3.60 untuk nilai rata-rata indeks prestasi komulatif mahasiswa sebelum menikah dan 3.21 untuk nilai rata-rata indeks prestasi komulatif mahasiswa sesudah menikah di Program Studi Pendidikan Agama Islam Universitas Yudharta Pasuruan. Kemudian diketahu nilai sig. (2-tailed)  sebesar 0.001 yang mana nilai sig. (2-tailed) lebih kecil dari 0.05 maka peneliti dapat menyimpulkan bahwa pernikahan mempengaruhi nilai Indeks Prestasi Komulatif di Program Studi Pendidikan Agama Islam Universitas Yudharta Pasuruan.

References

Derek Wood, Kiat Mengatasi Gangguan Belajar Jogjakarta: Javalitera, 2011.

Horton, B Paul dan Hunt, Sosiologi Jilid 1 Surabaya: Airlangga, 1996.

Krisnatuti Diah, Persepsi Dan Kesiapan Menikah Pada Mahasiswa. Jurnal Ilmu Keluarga dan Konsumen,2010, 4(1).

Mahalli. A. Mudja, Menikahlah, Engkau Menjadi Kaya Yogyakarta: Mitra Pustaka, 2007.

Margono, Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta : Rinerka Cipta, 2003.

Muhibbin Syah, Psikologi Belajar (Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Muhsin Burhani, “Motivasi Mahasiswa Untuk Menikah Pada Masa Studi”,(Skripsi Universitas Sebelas Maret, 2008.

Nini Subini, Mengatasi Kesulitan Belajar Pada Anak. Jogjakarta: Javalitera.

Peraturan Pemerintah RI No. 30 tahun 1990.

Rosyid Abdul Jamil, “Pengaruh Problematika Mahasiswa Menikah Terhadap Aktivitas Belajar Program Studi Pendidikan Agama Islam Universitas Muhammadiyah Surakarta”, Skripsi Tidak Diterbitkan, Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam Universitas Muhammdiyah Surakarta, 2016.

Sofian Siregar, Statistik Pramatif Jakarta, Remaja Rosdakarya: 2014.

Syaiful Bahri, Rahasia Sukses Belajar Jakarta: PT Rineka Cipta, 2002.

Wulandari, Manajemen Diri Mahasiswa Berstatus Menikah 2017. (Skripsi tidak diterbitkan,Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN Salatiga.

Published
2019-09-05
How to Cite
Hidayatul Mahfiroh, & Askhabul Kirom. (2019). PENGARUH STATUS MAHASISWA MENIKAH TERHADAP INDEKS PRESTASI KOMULATIF (STUDI KASUS DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNIVERSITAS YUDHARTA PASURUAN). Mu’allim, 1(2), 239-254. Retrieved from https://jurnal.yudharta.ac.id/v2/index.php/muallim/article/view/1626
Section
Articles