ANALISIS FAKTOR FAKTOR YANG MENYEBABKAN KREDIT BERMASALAH PADA KOPERASI SERBA USAHA (KSU) SYARIAH PERMATA BARAKAH PURWOSARI

  • Maulidatul K Universitas Yudharta Pasuruan
  • Aslikhah Universitas Yudharta Pasuruan
Keywords: Faktor- faktor Kredit Bermasalah, Koperasi Serba Usaha Permata Barakah

Abstract

Semakin berkembangnya kegiatan koperasi dapat dilihat dari jumlah anggota koperasi dan seberapa banyak perputaran uang yang sudah memfasilitasi anggotanya, Sehingga sudah sepantasnya koperasi yang berkembang harus selalu meningkatkan kemampuannya dalam mentransformasikan diri sesuai dengan perubahan-perubahan yang terjadi di dalam perekonomian. Sudah banyak contoh koperasi yang gagal dan akhirnya mengalami penutupan karena pengelolaan yang tidak professional. Hal ini kebanyakan disebabkan karena kelalaian dari dalam koperasi, kurangnya anggota yang bergabung dengan koperasi tersebut dan tidak seimbangnya antara pengeluaran kredit dan pemasukan dana berupa tabungan maupun pembayaran kredit tersebut.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor- faktor yang menyebabkan kredit bermasalah pada Koperasi Serba Usaha (KSU) Syari’ah Permata Barokah Purwosari .Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi.

Pada Koperasi Serba Usaha Permata Barakah sistem peminjaman yang membedakan dengan lembaga yang lain adalah koperasi ini hanya mencari nasabah pekerja pabrik atau yang lain yang mempunyai bayaran lewat ATM, kecuali nasabah yang mempunyai usaha yang lain dan mempunyai Akta Jual Beli.

Dan faktor- faktor yang paling dominan yang menyebabkan kredit bermasalah yaitu karena saldo yang ada di ATM kosong. Sehingga ketika petugas koperasi ingin melakukan penarikan uang sebagai angsuran tidak bisa.

References

Bukhari Nur Syamsudin.2013.Koperasi Syari’ah Teori dan Praktik,Jawa Timur:Shuhuf Media Insani.

Darus Miriam Badrulzaman.1978.Perjanjian Kredit Bank ,Bandung:offset alumni.

Darus Miriam dkk,2001. Kompilasi Hukum Perikatan,Bandung:PT.Citra Aditya Bhakti.

Djumhana Muhammad.2000. Hukum Perbankan Indonesia,Bandung:PT. Citra AdityaBakti.

Handikusuma Raharja.2000. Hukum Koperasi Indonesia,Jakarta: PT.Raja Grafindo.

Hermansyah.2008.Hukum Perbankan Nasional Indonesia,Jakarta:Kencana Prenada.

Kasmir.2001. Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya,Jakarta:Raja Grafindo Persada .

Nizar, M. N. M. (2015). Strategi Pengembangan Marketing (Studi Kasus di BRPS Adil Makmur Karangploso Malang). MALIA (TERAKREDITASI), 7(1).

Nizar, M. N. M. (2016). Pengaruh Pembiayaan Mudharabah Terhadap Peningkatkan Kesejahteraan Pelaku UMKM (studi kasus BMT Maslahah Capang Pandaan). MALIA (TERAKREDITASI), 7(2), 287-310.

Nizar, M., & Huda, K. (2019). Analisis Pengetahuan Nasabah Tentang Produk Perbankan Syariah (Studi pada Bank Muamalat KCP Malang Kepanjen). MALIA (TERAKREDITASI), 10(2), 163-180.

Rakhmawati, A. (2017). Strategi Pengelolaan Manajemen Perusahaan (Penerapan Manajemen Pengetahuan Ke Dalam Organisasi). Al-GHAZWAH, 1(1), 29-38.

Rakhmawati, A., Nizar, M., & Rahardjo, K. (2019, April). Green Supply Chain Management and SME’s, A Qualitative Study in Indonesian Marketplace. In Journal of International Conference Proceedings (Vol. 2, No. 1).

Rifai Veithzal, dkk.2007.Bank and Financial Institution Management,Jakarta:Raja Grafindo Persada.

Saputra Wahyudu dan M Islami Iflaha.2019.wawancara

Sipahutar Agustinus, Mangasa.2007. Persoalan-persoalan perbankan ,Jakarta,: Gorga media.

Subandi.2008.Ekonomi Koperasi Teori dan Praktik,Bandung:Alfabeta.

Supriyanto.2019.wawancara

Sutojo Siswanto.2007.The Management of Commercial Bank, Cetakan kesatu,Jakarta:Damar Mulia Pustaka.

Suyatno Thomas.2007.Dasar-dasar Perkreditan,Jakarta:Cetakan keempat, Gramedia Pustaka Utama.

Suyatno Thomas.2007.Dasar-dasar Perkreditan,Jakarta:Cetakan keempat, GramediaPustaka Utama.

Untung Andi Budi.2000.Kredit Perbankan di Indonesia,Yogyakarta:Offset .

Yulianti Tri.2010.Pengaruh Tingkat Non Performing Finance Pembiayaan Mudharabah Terhadap Tingkat Profitabilitas BMT,Lampung:Skripsi, Fakultas Syariah UIN Raden Intan.

Published
2019-09-05
How to Cite
Maulidatul K, & Aslikhah. (2019). ANALISIS FAKTOR FAKTOR YANG MENYEBABKAN KREDIT BERMASALAH PADA KOPERASI SERBA USAHA (KSU) SYARIAH PERMATA BARAKAH PURWOSARI. Mu’allim, 1(2), 279-298. Retrieved from https://jurnal.yudharta.ac.id/v2/index.php/muallim/article/view/1628
Section
Articles