STRATEGI PEMASARAN DAN OPTIMALISASI BAURAN PEMASARAN DALAM MEREBUT CALON KONSUMEN JASA PENDIDIKAN

  • M Dayat Universitas Yudharta Pasuruan
Keywords: Strategi pemasaran, Bauran Pemasaran Jasa Pendidkan

Abstract

Mencari konsumen karena calon siswa atau muridnya berlomba lomba dengan sendirinya untuk mendaftarkan diri sebagai konsumen pada lembaga pendidikan tersebut hal ini disebabkan minimnya penyedia jasa pendidikan pada saat itu, namun sekarang prinsip itu sudah tidak bisa di pakai lagi dan harus dihilangkan sebab dengan semakin bercokolnya lembaga pendidikan atau jasa yang sama membuat persaingan dalam dunia jasa pendidikan semakin ketat dan tak terelakkan lagi, sehingga konsumen dihadapkan pada sebuah pilihan-pilihan yang mungkin lebih baik dan lebih bisa memberikan kepuasan terhadap apa yang menjadi harapannya dibandingkan penyedia jasa pendidikan yang satunya. Dari latar belakang itulah kemudian menempatkan konsumen jasa pendidikan dimasa sekarang ini sebagai raja yang bisa memilih dan menentukan jasa pendidikan mana yang mereka sukai dan minati untuk memenuhi kebutuhannya.

Suatu kenyataan bahwa tidak sedikit lembaga pendidikan khususnya swasta merasakan kesulitan yang cukup berat untuk mencari calon siswa, sehingga tak sedikit sebuah lembaga pendidikan mengalami kemerosotan jumlah pendaftarnya dari tahun ke tahun bahkan tak sedikit pula lembaga pendidikan yang harus tutup karena kekurangan siswa sebab tidak mampu lagi menutupi biaya operasionalnya tiap bulan.Nah agar dapat bertahan dan tidak mengalami kemerosotan jumlah konsumen suatu lembaga pendidikan maka pengelolah jasa pendidikan harus dapat dan mampu melakukan strategi –strategi dalam memasarkan jasa pendidikan agar dapat merebut calon konsumen.

References

Alma, Buchari, (2003) Pemasaran Stratejik jasa pendidikan, Alfabeta, Bandung.

Alma, Buchari, (2007) Manajemen Pemasaran Dan Pemasaran jasa. Alfabeta,Bandung

Engel James F, dkk, (1992) Consumer Behavior, TerjemahanBahasa Indonesia Prilaku Konsumen,Jilid I, Budiyanto, Binarupa Aksara, Jakarta.

Engel James F, dkk, (1992) Consumer Behavior, Terjemahan Bahasa Indonesia Prilaku Konsumen, Jilid II, Budiyanto, Binarupa Aksara, Jakarta.

George Steinner dan John Minner,(2002) Manajemen Startejik, Erlangga, Jakarta.

http://taryhirata.blogspot.com/2010/03/dinamika-bisnis-jasa-dan-pentingnya.html

http://www.ekomarwanto.com/2012/04/marketing-mix-7p-produk-price-promotion.html

http://www.psychologymania.com/2013/04/bauran-pemasaran-jasa.html

http://hadisugito.fadla.or.id/2005/12/11/strategi-pemasaran-dan-pengendalian-mutu-produk/

http://strategika.wordpress.com/2007/06/24/pengertian-strategi/

Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, Volume 3, Nomor 1, Januari 2012 ISSN : 2086 - 5031

Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Tamansiswa Padang

Kotler P, 1993, Manajemen Pemasaran Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian, Jilid 1, Edisi VII, Erlangga, Jakarta

Kotler, Philip, (1988) Terjemahan Resmi Marketing Management, Edisi Melinium, Peenhallindo; Jakarta

Kotler, Philip, (1984) Marketing Esentials Jilid I, Terjemah Bahasa Indonesia, Erlangga, Jakarta.

Keegan, Warren, J. (1996) Global Marketing Management, Edisi bahasa Indonesia, Manajemen Pemasaran Global, Prenhallindo, Jakarta.

Mudjarad Kuncoro, (2005), Strategi Bagaimana Meraih Keunggulan Kompetitif?, Erlangga, Jakarta.

Payne Adrian, (1993) The Essence Of Service Marketing, diterjemahkan Fandy Tjiptono (2000), Andi Yogyakarta

Sofjan Assauri, (2004)Manajemen Pemasaran, Cet 7, PT RajaGrafindo Persada, Jakarta.

Sondang P. Siagian, (1986), Analisys serta Perumusan Kebijaksanaan dan Strategi Organisasi, PT.Gunung Agung, Jakarta.

Sondang P. Siagian,(2001), Manajemen Startejik, Bumi Aksara,Jakarta.

Setiadi, Nugroho,J. (2003) Perilaku Konsumen, Konsep dan Implikasi Untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran, edisi pertama. Cet. 3. Prenada Media Group; Jakarta

Tjiptono Fandy, 2005, Pemasaran Pemasaran Jasa, Bayu Media Publishing, Malang

Umar Husein, (2000) Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen, Gramedia Pustaka Utama: Jakarta

Yazid, (1999) Pemasaran Jasa, Konsep dan Implementasi, Edisi kedua, CV Adipura, Yogyakarta.

Published
2019-09-05
How to Cite
M Dayat. (2019). STRATEGI PEMASARAN DAN OPTIMALISASI BAURAN PEMASARAN DALAM MEREBUT CALON KONSUMEN JASA PENDIDIKAN. Mu’allim, 1(2), 299-218. Retrieved from https://jurnal.yudharta.ac.id/v2/index.php/muallim/article/view/1629
Section
Articles