PENERAPAN ETIKA BISNIS ISLAM PADA PEDAGANG UNTUK MENINGKATKAN LOYALITAS PELANGGAN DI PASAR NONGKOJAJAR KECAMATAN TUTUR KABUPATEN PASURUAN

  • Ifdholul Maghfur Universitas Yudharta Pasuruan
  • Maulidatul K Universitas Yudharta Pasuruan
  • Muhammad Fahmul Iltiham Universitas Yudharta Pasuruan
Keywords: Etika Bisnis Islam, Penerapan, Loyalitas Pelanggan

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh perkembangan  zaman yang ditandai dengan perkembangan ekonomi yang semakin pesat sehingga menimbulkan persaingan bisnis yang semakin tinggi. Rumusan masalah yang diangkat adalah Bagaimana penerapan etika bisnis Islam pada pedagang  di Pasar Tradisional Nongkojajar   dan Sejauh mana penerapan Etika Bisnis Islam pada Pedagang  di Pasar Tradisional Nongkojajar untuk meningkatkan Loyalitas Pelanggan. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui Bagaimana penerapan etika bisnis Islam pada pedagang  di Pasar Tradisional Nongkojajar    dan Untuk mengetahui Sejauh mana penerapan Etika Bisnis Islam pada Pedagang  di Pasar Tradisional Nongkojajar   untuk meningkatkan Loyalitas Pelanggan.metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif yaitupenelitian yang menghasilkan data pasar yang diperoleh dari karyawan BUMDesa Wonosari dan wawancara dari pedagang  beserta pelanggan.

Berdasarkan hasil observasi yang diperoleh dari pedagang dan karyawan di  apabila dilihat dari lima Prinsip etika bisnis secara umum yang dijadikan tolak ukur, penerapan etika bisnis secara umum sudah diterapkan dengan baik oleh pedagang dan karyawan di   namun masih belum akad antara penjual dan pembeli saat melakukan transaksi jual beli. Jadi pada   masih belum sepenuhnya menerapka etika Bisnis Islam.

References

Baidan Nasrudin.2014.Etika Islam Dalam Berbisnis.yokyakarta:pustaka pelajar.

FakhriMadjid.1996.Etika Dalam Islam.Yogyakarta: Pustaka Pelajar dan UMS.

Idri.2015. Hadis Ekonomi (Ekonomi Dalam Persepektif Islam Hadis Nabi).Cet I, Jakarta: Kencana .

Griffin Jill. 2003.customer loyality. Jakarta : PT Gelora Aksara Pratama.

Herdiansyah Haris.2013. Wawancara, Observasi, dan Focus Groups: Sebagai Instrumen Penggalian Data Kualitatif.Jakarta: rajawali Press

Kamal Zainul.1994.Pengantar Untuk Tkdzibul Akhlak , Karya Ibnu Maskawi edisi Bahasa Indonesia .Bandung: Mizan.

Kartono Drajat Tri.2017.“ Modal Sosial dan Pasar Tradisional (studi kasus di Pasar Legi Kotagede Yogyakarta)” jurnal Sosiologi Dilema, Vol.32 No.02,11.

Muslich.1998.Etika Bisnis, Pendekatan Subtantif dan fungsional .yogyakarta:Ekonesia Fakultas Ekonomi UII.

Moleong J Lexy.2011. Metodologi Penelitian Kualitatif.PT Remaja Rosdakarya, Bandung.

Rakhmawati, A., Nizar, M., & Rahardjo, K. (2019, April). Green Supply Chain Management and SME’s, A Qualitative Study in Indonesian Marketplace. In Journal of International Conference Proceedings (Vol. 2, No. 1).

S,Arikunto.2006. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta:Rineka Cipta

S.Nasution.1996. Metode Naturalistik Kualitatif. Bandung: Tarsito.

Published
2019-09-05
How to Cite
Ifdholul Maghfur, Maulidatul K, & Muhammad Fahmul Iltiham. (2019). PENERAPAN ETIKA BISNIS ISLAM PADA PEDAGANG UNTUK MENINGKATKAN LOYALITAS PELANGGAN DI PASAR NONGKOJAJAR KECAMATAN TUTUR KABUPATEN PASURUAN. Mu’allim, 1(2), 339-358. Retrieved from https://jurnal.yudharta.ac.id/v2/index.php/muallim/article/view/1631
Section
Articles