NILAI-NILAI ISLAM DALAM PRAKTIK MUAMALAH (STADI KASUS RUMAH MAKAN BEBEK SINCAN PURWOSARI PASURUAN)

  • Muhammad Nur Hadi PAI Universitas Yudharta Pasuruan
  • Ma’ruf Ari Sandy Universitas Yudharta Pasuruan
  • Syaifullah Universitas Yudharta Pasuruan
Keywords: Nili-nilai Islam, Praktik Muamalah

Abstract

Penerapan nilai-nilai Islam dalam muamalah merupakan implementasi bisnis yang hanya bukan kegiatan jual beli yang menargetkan keuntungan, namun kegiatan yang mengarahkan dan dibatasi dengan merujuk pada Al-Qur’an dan Al-Hadist. Nilai-nilai Islam dalam praktik muamalah menyinggung, transparansi dalam berdagang, karena masih terdapat rumah makan yang menjual produk makanan belum disertai harga pada daftar menu maupun yang ada pada rumah makann.Standar makanan halal yang menjadi labelisasi produk.Labelisasi halal yang dimiliki belum dapat menjamin kehalalan dan kualitas produk.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriktif eksploratif yang menggunakan pendekatan kualitatif.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola implementasi nilai-nilai Islam dalam praktik muamalah pada produk yang ditawarkan untuk mengetahui labelisasi halal yang dijalankan.Penggunaan studi analisis oleh peneliti digunakan untuk mengetahui penerapan bisnis Islam pada implementasi nilai-nilai Islam dalam muamalah di Rumah Makan Bebek Sincan Purwosari, Pasuruan.

Hasil penelitian diketahui bahwa implementasi nilai-nilai Islam dalam praktik muamalah pada Rumah Makan Bebek Sincan Purwosari, Pasuruan menjalankan nilai-nilai berdagang dengan baik dan transparansi, standar makanan halal, ketersedian sarana ibadah, hubungan sosial menjadi tolak ukur terhadap SOP yang ada dirumah makan.

References

Azis.2016. Pendidikan Islam dan Enterpreneurship. Sekolah Tinggi Agama Islam Masjid Syuhada, Yogyakarta, Volume 3, Nomor 1, Juli.

Beeman Fatih. 2008. Saatnya yang Muda yang Harus Kaya. Di terbitkan Oleh : PUSTAKA ILTIZAM, Solo.

Fadhlurrahman. 2017. NIlai-NIlai Pendidikan Kewirausahaan dalam Al-Qur’an di Muhammasiyah Boarding School (MBS) Purworejo. TESIS.Universitas Islam Negeri Yogyakarta.

Hoerniasih, Nia. 2017. Penerapan Nilai-Nilai Agama Islam dalam Mengembangkan Pendidikan Kewirausahaan di Pondok Pesantren. Program Studi Pendidikan dan Ilmu Pendidikan Universitas Singaperbangsa, Karawang. Vol 1 Nomor 1, Juli.

Harjoni Desky."Pengaruh Etos Kerja Islami dan Gaya Kepemimpinan terhadap Kinerja Karyawan Rumah Makan Ayam Lepaas Lhokseumawe." Inferensi Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan 8.2 (2014): 459-478.

Indraini, Nur Rokhmah. 2018. “Dalam Pembelajaran PAI di Perpustakaan Rumah Pintar Juanda Cendikia SidoarjoImplementasi Strategi Genius Learning”. Skripsi. Universitas Yudharta Pasuruan,.

Kasmir, Dr. 2017. Kewirausahaan.Penerbit : PT Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Sulistiyo, Heru. “Relevansi nilai religious dalam mencegah perilaku disfungsional audit.”Jurnal Ekonomi Manajemen Akutansi 21.36 (2014).

Shihab M. Quraish. TAFSIR AL-MISBAH.Penerbit : Lentera Hati. Cetakan 1 2002.

Setiaji, Herman. 2018. Implementasi Etika Bisnis Islam Pada Sistem Jaminan Halal Dan Thayyib Pada Rumah Makan Ayam Penyet Surabaya Implementation Of Islamic Business Ethics In The Halal And Thayyib Guarantee System At Rumah Makan Ayam Penyet Surabaya.Skripsi. Universitas Indonesia.

Hadzig, M. Fuad. "Enterpreneurship: Sebuah Pendekatan dari Perspektif Keislaman." (2017): 21-30.

Wawancara. Agus Prasetyo. Owner Rumah Makan Bebek Sincan Purwosari, Pasuruan. 24-06-2019.

Wawancara.Susi.Istri bapak Agus Prasetyo di RumahMakan Bebek Sincan Purwosari, Pasuruan. 24-06-2019.

Wawancara.Setyo. Karyawan Rumah Makan Bebek Sincan Purwosari, Pasuruan. 28-06-2019.

Dimyati, Ahmad. "Ekonomi Etis: Paradigma Baru Ekonomi Islam." Jurnal Fakultas Hukum UII 1.2 (2007): 153-168.

Susiawati, Wati. "Jual Beli dan dalam Konteks Kekinian." Jurnal Ekonomi Islam 8.02 (2017): 171-184.

Mursidah, Umi. Penerapan Etika Bisnis Islam dalam Transaksi Jual Beli di Pasar Tradisional (Studi pada Pasar Betung Kecamatan Sekincau Kabupaten Lampung Barat).Diss. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, 2017.

Agus, Panji Adam. "Kedudukan sertifikasi halal dalam sistem hukum nasional sebagai upaya perlindungan konsumen dalam hukum Islam." AMWALUNA: Jurnal Ekonomi dan Keuangan Syariah 1.1 (2017): 150-165.

Hidayat, Asep Syarifuddin, and Mustolih Siradj."Sertifikasi halal dan sertifikasi non halal pada produk pangan industri." AHKAM: Jurnal Ilmu Syariah 15.2 (2015).

Arwani, Agus. “Epistemologi Hukum Ekonomi Islam (Muamalah).”RELIGIA (2002).

Published
2019-09-05
How to Cite
Muhammad Nur Hadi PAI, Ma’ruf Ari Sandy, & Syaifullah. (2019). NILAI-NILAI ISLAM DALAM PRAKTIK MUAMALAH (STADI KASUS RUMAH MAKAN BEBEK SINCAN PURWOSARI PASURUAN). Mu’allim, 1(2), 269-390. Retrieved from https://jurnal.yudharta.ac.id/v2/index.php/muallim/article/view/1633
Section
Articles