IMPLEMENTASI METODE INQUIRY LEARNING DALAM PERMAINAN ULAR TANGGA PADA PELAJARAN TAUHID DI KELAS 3 MADRASAH DINIYAH DI PONPES NGALAH

  • Kholishotul Amaliyah Universitas Yudharta Pasuruan
  • Wiwin Fachrudin Yusuf
Keywords: Implementasi Metode Inquiry Learning, Permainan Ular Tangga

Abstract

Metode Inquiry Learning adalah pengajaran yang menetapkan peserta didik untuk memecahkan masalah sehingga mendapatkan pengetahuan, pengalaman, keahlian, dan keterampilan. Kenapa menggunakan metode Inquiry Learning, karena dilihat dari keadaan kelas, di kelas tiga tersebut rata-rata peserta didik tidak memperhatikan guru yang sedang menjelaskan pelajaran di depan. Di kelas tersebut juga terdapat peserta didik kalau sudah jenuh mereka mengantuk. Jadi guru mengajak perserta didik belajar sambil bermain. Dilihat dari permasalahan tersebut peneliti mengambil rumusan masalah (1) bagaimana Implementasi Metode Inquiry Learning Dalam Permainan Ular Tangga Pada Pelajaran Tauhid Di Kelas 3 Madrasah Diniyah Di Ponpes Ngalah (2) apa saja kelebihan dan kelemahan dari metode inquiry learning di Madrasah Diniyah Di Ponpes Ngalah.

          Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif-kualitatif. Temuan penelitian yang didapat yakni berdasarkan hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Terdapat beberapa tahapan yang harus dikerjakan dalam menganalisis data dalam penelitian kualitatif. Yang pertama reduksi data, yang kedua paparan data, yang ketiga kesimpulan. Untuk mengecek keabsahan temuan peneliti menggunakan triangulasi, dimana triangulasi adalah teknik pemeriksaan keabsahan data dengan menggunakan berbagai sumber dari luar data sebagai bahan perbandingan. Hasil penelitian peserta didik merespon apa yang guru sampaikan. Peserta didik juga lebih bersemangat dalam proses belajar mengajar. Kelebihan dari implementasi metode Inquiry Learning dalam permainan ular tangga pada pelajaran tauhid di kelas 3 Madrasah Diniyah Ponpes Ngalah adalah sebagai berikut: 1) Peserta didik bisa belajar berpikir kritis dalam memecahkan suatu masalah, 2) Peserta didik juga diajari tentang hidup yang kompak dan berkeluarga, 3) Mempermudah peserta didik untuk mengulang pelajaran yang telah diajarkan, 4) Menambah wawasan peserta didik. Kelemahan dari implementasi metode Inquiry Learning dalam permainan ular tangga pada pelajaran tauhid di kelas 3 Madrasah Diniyah Ponpes Ngalah adalah sebagai berikut: 1) Peserta didik masih memilih-milih teman kelompoknya masing-masing, 2) Kurang kerja kelompoknya, 3) Satu dua anak masih tidak mau mengikuti kegiatan belajar mengajar, 4) Ada beberapa peserta didik yang tidak bisa menjawab soal yang terdapat dipermainan.

References

Ahmadi, Rulam. Metodologi penelitian kualitatif, (Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2016).

Fachrudin Yusuf, Wiwin & Masruroh Layliyatul. “Metode Permainan Tusuk Kata Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Ilmu Tajwid Di Madrasah Diniyah Miftahul Ulum Tutur Pasuruan”. Vol. 1 No. 2, 2016.

Fachrudin Yusuf, Wiwin & Nuzulia Firdausi. “Media Limbah Botol Untuk Meningkatkan Pembelajaran PAI Di RA Miftahul Khoir I Karangrejo Purwosari”. Vol. 1 No. 1, 2016.

Fachrudin Yusuf, Wiwin. “Implementasi Kurikulum 2013 (K-13) Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Sekolah Dasar (SD) “. Vol. 3 No. 1, Juni 2018.

Gunawan Imam. Metode Penelitian Kualitatif Teori Dan Praktik, (Jakarta: PT. Bumi Aksara 2016).

Karim, Abdul. “Peningkatan Hasil Belajar Pada Mata Diklat Menginstalasi Sistem Operasi Berbasis Gui Menggunakan Metode Inquiry Pada Siswa Kelas X SMK Negeri 2 Takalar”. Vol. 4. No 2, Juli 2016.

Kirom, Askhabul. “Peran Guru Dan Peserta Didik Dalam Proses Pembelajaran Berbasis Multikultural”. Vol. 3 no. 1.

Lestari Tri, Hari Wujoso, Nunuk Suryani, “Pengaruh Metode Pembelajaran Ceramah Plus Dan Metode Drill Terhadap Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Pada Kompentensi Dasar Efisiensi Penggunaan Tempat Tidur Rumah Sakit”. Vol. 7 No. 1, Juni 2017.

Musianto Lukas S. “Perbedaan Pendekatan Kuantitatif Dengan Pendekatan Kualitatif Dalam Metode Penelitian”. Vol. 4 no. 2. September 2002.

Nugrahani Rahina, “Media Pembelajaran Berbasis Visual Berbentuk Permainan Ular Tangga Untuk Meningkatkan Kualitas Belajar Mengajar Di Sekolah Dasar”. Vol. 36. No. 1, Juni 2007.

Rukin. Metodologi Penelitian kualitatif, (Takalar: Yayasan Ahmar Cendekia Indonesia. 2019).

Semiawan Conny R. Metode Penelitian Kualitatif Jenis, Karakteristik Dan Keunggulannya. (Jakarta: PT Grasindo. 2010).

Sholikhudin M. Anang, Halimatus Sa’diyah, “Model Pengelolaan Kelas Dalam Pembelajaran PAI Di SD Riyadlul Arkham Tembong Plintahan Pandaan”. Vol. 2. No. 2, Juni 2017, hal. 293

Sugiharto, Dkk, “Psikologi Pendidikan”. Yogyakarta: Uny Press.

Sugiyono. Metode penelitian administrasi. (Yogyakarta: LkiS 2008).

Syamsidah, Ratnawati. Panduan model inquiry learning (Yogyakarta: CV BUDI UTAMA 2020).

Widowati, Febryna, Mulyani. “Penggunaan Media Ular Tangga Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Tema Hiburan”. Vol. 02. No. 01, 2014.

Published
2020-09-16
How to Cite
Kholishotul Amaliyah, & Wiwin Fachrudin Yusuf. (2020). IMPLEMENTASI METODE INQUIRY LEARNING DALAM PERMAINAN ULAR TANGGA PADA PELAJARAN TAUHID DI KELAS 3 MADRASAH DINIYAH DI PONPES NGALAH. Jurnal Mu’allim, 2(2), 88-103. https://doi.org/10.35891/muallim.v2i2.2273
Section
Articles