EXPLICIT INTRUCTION CORRELATION TO THE ACHIEVEMENT OFSTUDENTS IN FIQIH STUDENTS (Case Study at SMA Ma'arif Pandaan)

  • Intan Robi'ah
  • Syaifullah
Keywords: Correlation, Explicit Intruction Learning Achievement

Abstract

on the reality that exists in schools, teachers have not maximally
utilized the learning model, this is because teachers still use
conventional learning. Then from the students who are accustomed
to using conventional learning will feel depressed and lazy if
suddenly they have to learn independently. So, for this we need a
learning model that does not eliminate lectures, but is able to develop
students' thinking power and independence and make students more
interested in the material. This research belongs to the type of field
research using a quantitative approach to the experimental type.
Student learning outcomes before applied the model of explicit
instruction with an average of 75 and aftermodels titerapkan explicit
instruction average being 88.5. Themodel explicit instruction has a
significant effect on the learning outcomes of students in class XI IPA
4 SMA Ma'arif NU Pandaan on the subject of jurisprudence on the
matter of caring for bodies, because the results of the data output
show that r table> r count is 17.045> 2.0332 and the value of Sig.
000 < 0.05 thus Ho is accepted and Ha is rejected, meaning that
thelearning model explicit instruction affects student learning
outcomes in fiqh subjects in class XI IPA 4 at SMA Ma'arif NU
Pandaan.

References

Alaiddin, Koto. 2004. Ilmu Fiqih Dan Ushul Fiqih. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Amin, Wildan Miftahul. 2019. Strategi Ustadz Dalam Meningkatkan Pemahaman Pai Melalui Kajian Kitab Kuning Di Pondok Pesantren Ma’hadul Ilmi Wal Amal Desa Moyoketen Kecamatan Boyolangu Kabupaten Tulungagung.
Ardana, Pande Wishnu, et al. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Explicit Instruction Berbantuan Media Konkret Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Vi Sdn 17 Dangin Puri Kota Denpasar Tahun Ajaran 2013/2014. MIMBAR PGSD Undiksha
Ardani, Pande Made Sri. 2019. Meningkatkan Prestasi Belajar Permainan Sepak Bola Melalui Penerapan Model Pembelajaran Explicit Instruction dengan Metode Drill. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian suatu pendekatan Praktek. Jakarta : PT Rineka Cipta hal
Asfar, AM Irfan Taufan, AM Iqbal Akbar Asfar , and Sartina. 2018. Modifikasi Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (Mmp) Dengan Mode Pembelajaran Explicit Intruction (Ei) Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa.Aksara Public
Ceri, Riyana, dan Rudi Susilana. 2012. Media Pembelajaran. Bandung : CV Wacana Prima.
Dawud Hasan,,and Solihuddin, Anang M. 2020. Pendidikan Islam di SMA Muhammadiyah dan SMA Ma’arif NU Pandaan: (Studi Komparasi dalam Penanaman Paham Aswaja).’’AL MURABBI 4,no.2 (may 29, 2019) :.https://jurnal.yudharta.ac.id./v2/index.php/pai/article/view/1455
Djamarah, Bahri, Syaiful. 2000. Psikologi Belajar, Banjar Masin: PT. Rineka Cipta.
Fadhila, Rizki. 2016. Penerapan metode Explicit Intruction untuk meningkatkan pemahaman belajar siswa pada mata pelajaran PAI materi Shalat Jumat. Diss. UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Farida, Nikmah Isti. 2019. Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Mengembangkan Kecerdasan Spiritual Peserta Didik Di Smp Negeri 1 Sumbergempol Tulungagung.
Hadi, Nur, M.dkk 2019. Efektivitas model problem based learning pada pembelajaran pendidikan agama islam dalam meningkatkan motivasi belajardi SMA Negri 1 Pandaan. AL MURABBI vol.4 no.2 (may 22, 2019). :.https://jurnal.yudharta.ac.id./v2/index.php/pai/article/view/
Hanafiah, Nanang, & Suhana, Cucu . 2019. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT. Rafika Aditama.
Huda, Miftahul. 2013. Model- Model Pengajaran dan pembelajaran: Isu-Isu Metodis dan paradigmatis. Yogyakarta: pustaka Pelajar.
Jamhuri, M. 2017. Upaya Pendidikan Madrasah Diniyah Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Fiqih Di Madrasah Diniyah Miftahul Ulum Pruten Ngembal Pasuruan. AL MURABBI, 2(2)
Jamhuri, M. 2020.Evektivitas Metode Memotivasi Studi Murid Dengan Cara Problem Solving Khusus Pembelajaran Materi Ilmu Fiqih Di Madrasah Aliyah Miftahul Ulum & Quot; Desa Ngembal Kevamatan Tutur Kabupaten Pasuruan Kelas XI Tahun Pelajaran 2018-2019. Al MURABBI 4, NO.2 (may 22, 2019). https://jurnal.yudharta.ac.id./v2/index.php/pai/article/view
Jamhuri, M.(2017. ‘’Upaya Pendidikan Madrasah Diniyah Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Fiqih Di Madrasah Diniyah Miftahul Ulum Pruten Ngembal Pasuruan.’’ AL MURABBI, 2(2)
Khasanah, Anis Uswah. 2017. Pengaruh Require Learner Participation Dan Explicit Instruction Terhadap Kedisiplinan Peserta Didik Dalam Pembelajaran Mata Pelajaran Pai Di Smpit Al-Kautsar Jepang Mejobo Kudus Tahun PelajaraN 2016/2017. Diss. STAIN Kudus.
Lutfi, Ariandani. 2013. Implementasi Konsep Humanisme Religius Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Universitas Yudharta Pasuruan.
Ma’isyah, Hj, Maria Ulfa Hj Ma’isyah, and Maria Ulfa. 2016. Penerapan Strategi Explicit Instruction Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ski Siswi Kelas Xi Iis 4 Man Tambakberas Jombang. Inovasi
Margono, 2004, Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta, Rineka Cipta.
Mariyani, Dwi Sri, and M. Pd Yusron Wikarya. 2018. Pengaruh Penggunaan Model Explicit Instruction Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Seni Rupa Di Smp N 4 Padang. Serupa The Journal of Art Education
Marmawi, R., and Desni Yuniarni. 2018. Peningkatan Kemampuan Melakukan Gerakan Shalat Melalui Praktik Langsung Pada Anak Usia 5-6 Tahun." Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
Martinis, Yamin. 2013. Strategi dan Metode dalam Model Pembelajaran. Jakarta: Referensi GP Proses Group.
Maryati, Siti. 2017. Pengaruh Metode Explicit Instruction Dan Metode Quantum Learning Terhadap Penguasaan Kalimat Efektif Siswa Kelas Vsekolah Dasar Kecamatan Buateja Kabupaten Purbalingga. Diss. Universitas Muhammadiyah Purwokerto.
Mauliza, Cut Intan, M. Arifin, and Anwar Yoesoef. 2017. Pengaruh Pelaksanaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Explicit Instruction Terhadap Hasil Belajar Ips Siswa Kelas Viii Mtss Darussyari’ah Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Jurusan Pendidikan Sejarah
Munadi, H. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Langsung (Explicit Instruction) Pada Pembelajaran Pai Di Sdn 7 Montong Betok Kecamatan Montong Gading Lombok Timur." Tarbawi: Pendidikan Islam dan Isu-Isu Sosial
Munir, Samsul. 2019. Reactualization Of Multicultural Instruction In Pondok Pesantren: Organism Models Of Pai Development Based On Inter, Multi And Transdisciplinary. Didaktika Religia
Novitalia, Riska. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Explicit Intruction Pada Mata Pelajaran Fiqih Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Mia Di Man Pagaralam.[Skripsi]. Diss. Uin Raden Fatah Palembang.
Nurfalah, Nurfalah. 2016. Penerapan Model Explicit Instruction Pada Mata Pelajaran Fiqih Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Mts N 1 Tanjung Raja Kecamatan Tanjung Raja Kabupaten Ogan Ilir. [Skripsi]. Diss. Uin Raden Fatah Palembang.
Oktarina, Rati. 2017. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Explicit Instruction Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Pada Mata Pelajaran Ipa Di Madrasah Ibtidaiyah Tarbiyah Islamiyah Cempaka Palembang.[Skripsi]. Diss. UIN Raden Fatah Palembang.
Pristyani, Fitri, Rita Zahara, and Sungging Handoko. 2017. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Explicit Intruction Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Ekonomi Akuntansi
Rifa’i, M., & Wijaya, M. Y. 2018. Implementasi Metode Qur’ani Sidogiri Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al Quran Di Madin Nurul Huda Lebakrejo. Mafhum, 3(2)
Riyadi, Muhammad. 2011. Meningkatkan Kemampuan Berwudhu yang Benar Melalui Model Pengajaran Langsung (Explicit Instruction) Pada Siswa Kelas II Madrasah Ibtidaiyah Haruyan Kecamatan Haruyan Kabupaten Hulu Sungai Tengah.
Rohim, Nur, M. 2020. Pengembangan kompetensi guru melalui pelatihan PTK di SD Nurul Hikmah Sidoarjo. AL MURABBI 4 no.2 (may 22, 2019). :.https://jurnal.yudharta.ac.id./v2/index.php/pai/article/view/
Sanjaya. 2011. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Septia, Dwi Era. 2019. Implementasi Model Explicit Intruction Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMPMuhammadiyah 57 Medan. Diss.
Setiawati, Novi. 2018. Upaya meningkatkan hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran PAI dengan menggunakan metode Explicit Instruction: Penelitian tindakan kelas pada Siswa Kelas VIII SMP Mekar Arum Sub Materi Memahami Tata Cara Puasa. Diss. UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Silma, Elghina. 2017. Pengaruh Penerapan model Pembelajaran Explicit Instruction Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS Pada Pelajaran Ekonomi (Akuntansi) Di SMAN 1 Langgam Kabupaten Pelalawan. PEKBIS (Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Bisnis) 9.1
Siregar, Abdul Waris. 2009. Upaya Meningkatkan Kemampuan Berwudhu Anak Melalui Metode Demonstrasi di Ra Al-Waritsu Kabupaten Padang Lawas Utara.
Sudjana Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung Remaja Rosdakarya.
Sugiono. 2010. Statistika Untuk Penelitian. Bandung Alfabeta.
Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Bandung: Citra Umbara, 2012.
Windri, Eliyani Putri. 2019. Pengaruh Penggunaan Model Explicit Instruction terhadap Keterampilan Menulis Teks Berita. Diss. STKIP PGRI Sumbar.
Published
2021-01-31
How to Cite
Intan Robi’ah, & Syaifullah. (2021). EXPLICIT INTRUCTION CORRELATION TO THE ACHIEVEMENT OFSTUDENTS IN FIQIH STUDENTS (Case Study at SMA Ma’arif Pandaan). Jurnal Mu’allim, 3(1), 41-60. https://doi.org/10.35891/muallim.v3i1.2309
Section
Articles