HADITS-HADITS TENTANG KEADILAN GENDER

  • Ali Mohtarom
Keywords: Hadist, keadlian, gender

Abstract

Kata Gender (dibaca jender) berasal dari Bahasa Inggris yang berarti jenis kelamin.[1] Pada umumnya perbedaan laki-laki dan perempuan dari segi seks/jenis kelamin secara biologis ini diistilahkan dengan perbedaan kodrati yang bersifat mutlak tidak bisa ditukar. Perempuan memiliki rahim, payudara, ovarium, haid, hamil dan melahirkan. Sedangkan laki-laki memiliki penis dan sperma untuk pembuahan. Perbedaan ini bersifat alami sepanjang masa dan berlaku bagi semua manusia di manapun berada, tidak pandang kaya miskin, pejabat atau rakyat, perkotaan atau pedesaan. Adapun perbedaan laki-laki dan perempuan yang dihasilkan interpretasi sosial dan simbolik atau social construction, atau perbedaan non kodrati, bisa berubah dari waktu ke waktu, maupun tempat.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian yang ditujukan untuk mendeskripsikan dan menganalisis fenomena, peristiwa, aktifitas sosial, sikap, kepercayaan, persepsi, dan pemikiran orang secara individu maupun secara kelompok

Hadis-hadis  tentang  gender  dalam  pembahasan  ini  adalah  disusun berdasarkan pengklasifikasian tersebut dan atau berdasarkan tematiknya, yaitu masalah  penciptaan  perempuan,  mengenai tugas/tanggung  jawab  suami  istri, perihal  keutamaan  laki-laki,  menyangkut  kepemimpinan  perempuan,  serta yang bertalian dengan kemitraan laki-laki dan perempuan.

 

[1] Echols, John  M.,  Hasan Shadily, 1983,Kamus Inggris Indonesia, Gramedia, Jakarta, hal 265.

References

Shihab, M. Quraish , “Konsep Wanita Menurut Alquran, Hadis, dan Sumber-sumber Ajaran Islam”, dalam Lies Marcoes dan J.H. Meuleman (ed.), Wanita Islam Indonesia dalam Kajian Tekstual dan Kontekstual (Jakarta: INS, 1993).
Nawawi Imam, Shahih Muslim bi Syarh Imam Nawawi, juz IV (Bairut: Dar al-Fikr, 1992)
Syihab al-Din Ibn Hajar al-Asqalani, Fath al-Bary Syarh Shahih al-Bukhari, juz III (Bairut: Dar Maktab al-Ilmiyah, 1989).
Ridha, Muhammad Rasyid, Tafsîr al-Manār (Kairo: Dār al-Manār, 1367), Vol IV.
Faqih Mansour, 1997, Analisis Gender dan Transformasi Sosial, Pustaka Pelajar, Yogyakarta
Yaqin, M. Ainul,, 2005, Pendidikan Multikultural, Cross Cultural Understanding untuk Demokrasi dan Keadilan, Pilar Media, Yogyakarta.
Echols, John M., Hasan Shadily, 1983,Kamus Inggris Indonesia, Gramedia, Jakarta
Ghoni, Djunaedi,, dkk, 2016, Metode Penelitian Kualitatif, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, hal. 25
J. Fueeck, “Role The of Traditionalism in Islam”dalam Merlin 1, Swart, ed,Studies on Islam (Oxford: Oxford Univesity Press, 1981).
Suryadi, dan Muhammad Alfatih Suryadilaga, Metodologi Penelitian Hadits, (Yogyakarta: Terasa, 2009).
Published
2021-03-23
How to Cite
Ali Mohtarom. (2021). HADITS-HADITS TENTANG KEADILAN GENDER. Jurnal Mu’allim, 3(1), 89-103. https://doi.org/10.35891/muallim.v3i1.2454
Section
Articles