Main Article Content

Askhabul Kirom Askhabul Kirom

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui pengaruh prestasi belajar siswa pada mata pelajaran tajwid di Madrasah Diniyah Nurul Mustofa Parerejo Purwodadi sebelum dan sesudah penggunaan media bagan pohon.

Dalam penelitian ini, populasi yang digunakan populasi yang digunakan adalah seluruh siswa-siswi Madrasah Diniyah Nurul Mustofa Parerejo Purwodadi Pasuruan  tahun ajaran 2014-2015 yang berjumlah 82 responden. sampelnya adalah siswa-siswi kelas III yang berjumlah 12 siswa dengan menggunakan tehnik random sampling. Pengumpulan data menggunakan metode tes dengan Analisis Uji-t Paired sebesar Sig data 0,00, untuk uji normalitas Sig data 0,696 pada pre test dan 0,486 pada post test, pada uji validitas nilai r hitung 0,547 dan uji reabilitas nilai Cronbach’s Alpha adalah 0,707.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil analisis data Uji-t Paired (Paired sampel t test), diperoleh Signifikansi 0,00. Karena signifikansi yang menyertai lebih kecil dari 0,05 maka hipotesis yang menyatakan bahwa terdapat perngaruh prestasi belajar siswa pada mata pelajaran tajwid di Madrasah Diniyah Nurul Mustofa Parerejo Purwodadi sebelum dan sesudah penggunaan media bagan pohon diterima. Dengan demikian penggunaan media bagan pohon menyebabkan perubahan pada prestasi belajar siswa dengan baik. Jadi semakin meningkat penggunaan media bagan pohon dalam pembelajaran tajwid maka akan meningkat pula prestasi belajar siswa.

References

Al- Mahmud, Muhammad. Tuntunan Membaca Al- Qur’an dengan Benar.
.2003. Media Pembelajaran. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional Direk-torat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Tenaga Kependi-dikan.
Anitah, Sri. 2010. Media Pembelajaran. Surakarta: Yuma Pressindo.
Arifin, Zainal. 1991. Evaluasi Instruksional Prinsip Teknik dan Prosedur. Bandung: Ros-dakarya.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arsyad, Azhar. 2003. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Asnawir dan Usman, Basyaruddin. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: Ciputat Press.
Azwar, Saifudin. 2002. Tes Prestasi Fungsi dan Pengembangan Pengukuran Tes Prestasi Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
DEPDIKNAS. Kamus Besar Bahasa Indonesia.
Djamarah, Syaiful Bahri dan Zein, Asman. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Faisal, Sanapiah. 1982. Metodologi Penelitian Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.
Gunawan, Adi W. 2003. Petunjuk Praktis untuk Menerapkan Accelerated Learning. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Hadi, Sutrisno. 1995. Metodologi Research, Jilid 1. Yogyakarta: Andi Offset.
Hajar, Ibnu. 1996. Dasar-dasar Metodologi Penelitian Kuantitatif dalam Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Hamalik, Oemar. 1995. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Kurtek.upi.edu/media/8.nonprojeksi,pdf
Margono. 2005. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Moeliono, Anton M. 1990. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Muhaimin. 2008. Paradikma pendidikan islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mustaji. 1996. Media Pendidikan dan Latihan. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Universitas Press IKIP Surabaya.
Parera, Jos D. 1997. Lingustik Edukasional. Jakarta: Erlangga 1997.
Putra, Evodius Sapta. 2013. Pengaruh Metode Pembelajaran Demonstrasi Berbasis Coopera-tive Learning Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Bandung: Univ. Pendidikan Indo-nesia.
Sadiman, Arief S dkk. 2007. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Sanaky, Hujair AH. 2009. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Safiria Insania Press.
Sedarmayanti dan Hidayat, Syarifudin. 2002. Metodologi Penelitian. Bandung: Mandar Maju.
Slameto, 1995. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudjana, Nana dan Rivai, Ahmad. 1990. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Offset.
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono.2012. Metode Penelitian Kombinasi Mixed Methods. Bandung: Alfabeta.
Sukardi. 2011. Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetensi Dan Prakteknya. Bandung: Sinar Baru Algensido.
Suryana, Agus. 2006. Panduan Praktis Mengelola Pelatihan, (Jakarta: Edsa Mahkota.
Syah, Muhibbin. 2006. Psikologi pendidikan. Bandung:PT Remaja Rosdakarya.
Syukur, Fatah. 2005. Teknologi Pendidikan. Semarang: RaSAIL.
Thanthowi, Ahmad. 2010. Psikologi pendidikan. Bandung: angkasa.
Thoha, Chabib (ed.). 1998. PBM-PAI Di Sekolah Eksistensi dan Proses Belajar Mengajar Pendidikan Agama Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Tuwu, Alimuddin. 1993. Pengatar Metode Penelitian. Jakarta: UI-Press.
Walgito, Bimo. 1988. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi Offset.
Zarkasyi, Imam. 1995. Pelajaran Tajwid. Gontor Ponorogo: Trimurti Perss.