Main Article Content

Muhammada Muhammada

Abstract

Metode Aquila (Active Question Luar Biasa), ialah merupakan sebuah metode yang mengkolaborasikan antara metode sosiodrama, role playing dan juga metode STAD. Penelitian yang dilakukan di  kelas VII SMP Negeri Purwosari tahun pelajaran 2014/2015 ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (classroom action research). Penelitian tindakan kelas secara kolaboratif maksudnya adalah upaya perbaikan proses dan hasil pembelajaran tidak dapat dilakukan sendiri oleh peneliti di luar kelas (dosen), tetapi ia harus berkolaborasi dengan guru.

Tidak semua  jenis metode pembelajaran yang digunakan itu selalu sama, melainkan harus bisa menyesuaikan dengan materi yang akan diajarkan. Oleh karena itu penting sekali bagi seorang guru untuk menguasai berbagai macam metode pembelajaran, bahkan untuk di era sekarang ini seorang guru dituntut untuk lebih kreatif dalam mengunakan metode dan media pembelajaran.

Sebelum menerapkan metode Aquila (Active Question Luar Biasa) maka terlebih dulu peneliti melakukan pretes untuk mengukur tingkat keaktifan siswa dalam bertanya dan juga menyampaikan pendapat. Seperti apa yang dimaksud dengan peristiwa hijrah ke madinah, kapan peristiwa tersebut terjadi, hikma apa yang diperoleh dari peristiwa tersebut dan  seterusnya. Dan sebelumnya dalam mata pelajaran PAI di SMPN 1 Purwosari telah menggunkan metode ceramah dan juga metode lesson study.

References

Ábd Allah Muhammad bin ismail al-Bukhari, Abu. shahih al-bukhari, juz 1(t.tp:Dar alfikr, t.th).
Achmadi, 2005. Idiologi Pendidikan Islam: Paradigma Humanisme Teosentris, Yongyakarta: Pustaka Pelajar.
Arifin, 2011. Ilmu Pendidikan Islam: Tinjaun Teoritis Dan Praktis Berdasarkan Pendekatan Interdisipliner. Jakarta: Bumi Aksara
Dapertemen Agama RI, 2010. Al-Qurán dan Terjemah. Surabaya. Pustaka Assalam.
Daradjat, Zakiah dkk, 2001. Metodologi Pengajaran Agama Islam. Jakarta: Bumi Aksara
Darajat dkk, Zakiah. Metodik Khusus Pembelajaran Agama Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
Fadjar, Malik. 2005. Holistika Pemikiran Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
George F.Kneller, 1996. Logic and Language of Education, (London, Sydney: Jhon Willey and Sons Inc. New York).
Imas Kurinasih dan Berlin Sani, 2014. Implementasi Kurikulum 2013 Konsep Dan Penerapan. Surabaya: Kata Pena
Langulung, Hasan. 1985. Pendidikan Dan Peradaban Islam. Jakarta: Pustaka Al Husna.
Majid, Abdul dan Andayani, Dian. 2005. Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi. Bandung: PT Rosda Karya. Cet.II,.
Muhaimin, 2006. Nuansa Baru Pendidikan Islam. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2006.
Muhammad Al-Toumy Al-Syaebani, Omar. 1979. Falsafah al-Tarbiyah al- Islamiyah (Terjemahan Dr. Hasan Langgulung) Filsafat Pendidikan Islam. Bulan Bintang.
Mukhtar, 2003. Desain Pembelajaran PAI. Jakarta: Miska Galiza.
Nawangsari, Dyah 2011. Filsafat Pendidikan Islam. Jember: Bea Publisher
Nur Uhbiyati, 1998. Ilmu Pendidikan Islam (IPI - 1). Bandung: Pustaka Setia.
Poerwadarminto, 1994. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Ramayulis, 1998. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia
Ramayulis, Ilmu Pendidikan Islam.(Jakarta:Kalam Mulia 208).
Sahlan, Asmaun dan Teguh Prastyo, Angga. 2012. Desain pembelajaran berbasis pendidikan karakter. Jogjakarta. Ar-Ruzz Media.
Saputro, Suprihadi. 2004, Strategi Pembelajaran, Malang: Universitas Negeri Malang.
Sujardi, A. 1989. Membuat Siswa Aktif Belajar. Bandung: Mandar Maju.
Suteresno dan Muhyidin Albaroris, 2012. Pendidikan Islam Berbasis Problem Sosial. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Sutresno Dan Albaroris, Muhyidin. 2012. Pendidikan Islam Berbasis Problem Sosial. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Sutrisno dan Albarobis, Muhyidin. 2012. Pendidikan Islam Berbasis Problem Sosial. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
tafsir, Ahmad. 1996. Metodologi Pengajaran Agama Islam. Bandung: PT. Remaja Rosdakarnya.
Tafsir, Ahmad. 2008. Filsafat Pendidikan Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Trianto, 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovati-Progresif (Konsep, Landasan Dan Implementasi Pada Kurikulum Tingkatan Satuan Pendidikan). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta: Fokus Media.
Zuhairani dkk,1999. Sejarah Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
Zuhairini, Dkk, 1977. Metodik Khusus Pendidikan Agama Islam (Dilengkapai Dengan Sistem Modul Dan Permainan Simulasi). Surabaya: Usaha Nasional.