Main Article Content

Wiwin Fachrudin Yusuf Wiwin Fachrudin Yusuf

Abstract

Salahsatu komponen yang sangat penting dalam proses belajar adalah media. Mengingat kedudukan media pembelajaran ini tidak hanya sekedar alat bantu mengajar, tetapi juga merupakan salahsatu cara untuk memotivasi dan berkomunikasi dengan siswa agar lebih efektif. Selain dapat menggantikan sebagian tugas guru sebagai penyaji materi (penyalur pesan) media juga memiliki kegunaan untuk mengatasai hambatan dalam berkomunikasi, keterbatasan fisik dalam kelas, sikap pasif siswa serta mempersatukan pengamatan mereka.

Berdasarkan latar belakang diatas maka peneliti mengangkat beberapa masalah yaitu, 1. Bagaimana mendesain media limbah botol  untuk meningkatkan pembelajaran PAI di RA Miftahul Khoir 1 Karangrejo Purwosari? 2. Bagaimanakah penerapan media limbah botol untuk meningkatkan pembelajaran PAI di RA Miftahul Khoir 1 Karangrejo Purwosari? 3. Apa kelebihan dan kekurangan media limbah botol untuk meningkatkan pembelajaran PAI di RA Miftahul Khoir 1 Karangrejo Purwosari?

Langkah pertama dalam membuat media adalah mendesain media pembelajaran yang  diawali dengan: menyiapkan botol bekas, menggunting bagian atas botol dan merapikannya, menggunting menjadi 8 bagian, dan seterusnya. Dan langkah kedua adalah penerapan media ini yang diawali dengan: guru menyiapkan media terlebih dahulu, pengarahan guru pada peserta didik tentang media, guru mengacak botol yang sudah tertempel huruf huruf hijaiyah dan peserta didik menyusunnya kembali, dan seterusnya. Dan media ini tentunya menmpunyai kelebihan dan kelemahan, diantaa kelebihannya, botol yang mudah diperoleh, peserta didik lebih semangat, media ini menyenangkan, dan sebagainya, dan diantara kelemahnnya yaitu: media ini kurang efesien, membutuhkan waktu yang lebih dalam menyiapkannya, proses pembelajaran yang cukup lama, dan sebagainya

References

Anitah, Sri. 2010. Media Pembelajaran. Surakarta: Yuma Pressindo
Asnawir, dan M, Basyiruddin Usman. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: Ciputat Pers
Anitah, Sri. 2003. Media Pembelajaran. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Di-rektorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Tenaga Ke-pendidikan
Arsyad, Azhar. 2005. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Arsyad, Arief S. dkk, 2007. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian, Suatu Teori Dan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Djamarah, Bahri, Syaiful dan Asman Zein. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Daryanto. 2010. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media
http://yulianalecturechemistry.blogspot.com. Sabtu, 28 Desember 2013
http://shoreaaugustaa.blogspot.com.september 2012
http://alamendah.org/2009/07/23/dampak-plastik-terhadap-lingkungan. 23 Juli 2009
kusnadi, Cecep Dan Bambang Sujipto. 2011. Media Pembelajaran Manual dan Digital. Bogor: Galia Indonesia
Moeliono, Anton M. 1990. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka
Moleong, Lexy J. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Rofiq, Abdur. Ww.gk.01
Sadiman, Arief S, dkk. 2007. Media pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Suryadi. 2015. Teori Pembelajaran Anak Usia Dini. Bandung: Rosda
Suyadi, dan Maulida Ulfah. 2013. Konsep Dasar PAUD. Bandung: Rosda
Sanaky, Hujair AH. 2009. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Safiria Insania Press
Syukur, Fatah. 2005. Teknologi Pendidikan.Semarang: RASAIL
Sudjana, Nana dan Ahmad. 1991. Media pembelajaran (Penggunaan dan pembuatannya). Bandung: CV Sinar Baru
Sudjana, Nana dan Ahmad Rivai.1990. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Offset
Surakhmad, Winarno. 1994. Pengantar Penelitian Ilmiah Dasar Metode dan Teknik. Ban-dung: Tarsito
Supranto, J. 1993. Metode ramalan kuantitatif. Jakarta: Rineka Cipta
Sugiono. 2005. Memahami penelitian kualitatif. Bandung: CV, Alfabet
Sulastri, Emi. Ww.gr.01
Thoha, Chabib. 1998. (ed.), PBM-PAI Di Sekolah Eksistensi dan Proses Belajar Mengajar Pendidikan Agama Islam.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.