Main Article Content

Muhammad Nur Hadi Muhammad Nur Hadi

Penerapan metode Action learning di Sekolah Demokrasi Pasuruan 2015tidak hanya sekedar belajar di kelas dan tidak hanya ada ruang belajar di luar kelas, tetapi ada upaya semua peserta belajar kelompok didampingi oleh fasilitator dan penyelenggara. Tujuannya agar semua peserta bisa menyusun naskah perubahan didorongkan untuk menjadi PERDA.

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Implementasi Metode Action learning di Sekolah Demokrasi 2015. Salah satu alasan yang paling utama judul ini diangkat, karena metode Action learning yang diterapkan di Sekolah Demokrasi Pasuruan berbeda dengan metode-metode yang lain. Ada suatu proses pembelajaran yang mandiri dilakukan secara berkelompok, berbasis pada masalah dan belajar berangkat dari masalah, berorientasi pada perubahan dan berorientasi pada penyelesaian masalalah.

Arikunto, Suharsimi. 1998. Manajemen Penelitian. Jakarta: PT RINEKA CIPTA.
Arifin, Imron. 1994. Penelitian Kualitatif Dalam Ilmu-ilmu Sosial dan Keagamaan. Malang: kalimasahada Press.
Lie, Anita. 2010. Cooperative Learning Mempraktikkan Cooperative Learning Di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta: PT Grasindo.
Baeti. 2013. Penerapan Metode Bermain, Cerita dan Menyanyi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di MI Darul Ulum Andonosari. Skripsi Tidak Diterbitkan. Pasuruan: FAI Universitas Yudharta.
Chaplin. 2008. Kamus Lengkap Psikologi. Jakarta: PT Grafindo Persada.
Dananjaya, Utomo. 2010. Media Pembelajaran Aktif. Bandung: Penerbit NUANSA.
Ismawati. 2010. Implementasi Pendidikan Agama Islam Sebagai Upaya Membentuk Multi-kulturalisme (Studi Kasus SMP Yayasan Pandaan Pasuruan). Skripsi. Pasuruan: FAI Universitas Yudharta.
J. Moeloeng, Lexy. 2000. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosda-karya.
J. Moleong, Lexy. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif cetakan ke-24. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Marzuqi, Achmad. 2009. Metode Pengajaran al-Quran di Pondok Pesantren Ilmu al-Quran Sukorejo. Skripsi. Pasuruan: FAI Universitas Yudharta.
Maulana, Achmad. 2004. Kamus Ilmiah Populer Lengkap. Yogyakarta: Absolut.
Muhadjir, Neong. 2000. Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Rake Sarasin.
Rachmawati, Ryna. 2012. Perbedaan Antara Collaborative Learning dan Cooperative Learn-ing. Jurnal Pendikan.
Rofiq, Mohammad. 2013. Penerapan Metode Talking Stick Untuk Meningkatkan Kosentrasi Siswa Pada Pembelajaran Materi Fiqih di MI Miftahul Ulum Puntir Purwosari Pa-suruan. Skripsi Tidak Diterbitkan: Pasuruan: FAI Universitas Yudharta.
Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
Suharto, Tata Iryanto. 1989. Kamus Bahasa Indonesia Terbaru. Surabaya: Penerbit INDAH Surabaya.
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Uno, Hamzah. 2009. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: PT Bumi Aksara.
UU. Sisdiknas No. 20 th 2003.