Main Article Content

Allin Junikhah

Framework programming merupakan salah satu mata kuliah pilihan pada program studi Teknik Informatika UIN Malang. Pada mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan dapat memiliki kompetensi yang mendalam dalam kelompok keahlian software engineering. Materi dalam mata kuliah yang didominasi dengan materi coding sangat membutuhkan banyak pemahaman dan praktik pemrograman. Sebagai bahan utama pemahaman konsep materi perkuliahan, modul ajar sangat berperan dalam kesuksesan mahasiswa memahami materi baik konseptual maupun praktikum. Maka dari itu sangat dibutuhkan modul yang tidak hanya sekedar berisi seluruh substansi mata kuliah tetapi juga sebagai media yang menarik dan interaktif seperti halnya e-module berbasis digital flipbook. Pada implementasi media pembelajaran menggunakan digital flipbook pada mata kuliah Framework Programming, dihasilkan bahwa mahasiswa setuju bahwa flipbook sangat membantu  proses kegiatan belajar materi perkuliahan Framework Programming serta dapat memaksimalkan  kegiatan  belajar  di  dalam  kelas yang  disajikan  oleh  dosen. Dapat dilihat pada pernyataan positif yang diberikan oleh responden dengan nilai rata-rata  63,3% (Setuju) menandakan flipbook masuk dalam  kategori  setuju bahwa flipbook membantu belajar mahasiswa. Sedangkan pada pernyataan negatif mendapat nilai rata-rata sebesar 56,8% (Kurang Setuju) yang menandakan bahwa peserta  didik  kurang  setuju  terhadap  pernyataan tidak tertarik, sulit memahami materi dan pernyataan negatif lainnya. Berdasarkan hasil evaluasi oleh ahli materi didapatkan rata-rata 94,5% sehingga masuk dalam interval 75%-100% yang menunjukkan e-module flipbook Framework Programming dari segi materi sangat layak untuk digunakan. Sedangkan berdasarkan evaluasi ahli media didapatkan rata-rata aspek 88,8% yang menunjukkan e-module flipbook dari segi media, sangat layak untuk digunakan.


Keywords: E-module, Flipbook, Media Pembelajaran