KONTEKSTUALISASI HADIS TARBAWI TENTANG ILMU DAN AKHLAK DALAM PENDIDIKAN ISLAM MODERN
Main Article Content
Dalam konteks pendidikan, Hadis Tarbawi berfungsi sebagai sumber inspirasi dan pedoman dalam mengembangkan karakter siswa yang sesuai dengan syariat Islam. Hadis Tarbawi yang menekankan pentingnya ilmu dan akhlak dalam pendidikan Islam, serta memperlihatkan bagaimana Nabi Muhammad SAW mengajarkan iman dan akhlak melalui berbagai contoh dan pengajaran. Penelitian ini menggunakan metode studi kepustakaan, yang melibatkan pengumpulan, membaca, mencatat, dan mengolah bahan penelitian. Metode ini digunakan untuk membangun konsep dan teori yang relevan dengan topik penelitian. dalam pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode library research, Metode ini melibatkan pengumpulan data dari berbagai sumber literatur, seperti buku, majalah, jurnal, dan internet, yang relevan dengan topik penelitian. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan model Teknik Analisis Content yaitu mengidentifikasi dan mengkategorikan isi data yang terkait dengan tema penelitian. dan menganalisis isi data untuk menemukan pola dan hubungan antara data. Untuk memastikan keabsahan data, peniliti menggunakan triangulasi sumber data Dimana peneliti Menggunakan berbagai sumber data, seperti buku, dan jurnal untuk memastikan keabsahan data.
Abdurrahman al Nahlawi, Prinsip-prinsip dan Metode Pendidikan Islam, (terj.) Herry Noer Ali, judul asli Ushulut Tarbiyah Islamiyah wa Asalibuha, (Damsyik: DarulFikr, 1995).
Abubakar, Pendidikan islam era modern, (Yogyakarta: K-Media, 2020).
Afiful Ikhwan, “Integrasi Pendidikan islam (Nilai-Nilai Islami dalam Pembelajaran)”,Ta'allum: Jurnal Pendidikan Islam, Vol 02:2, (November 2014).
Agam Muhammad Rizki,dkk. “Pendidikan Islam dalam Perspektif Hadist Tarbawi”, Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, vol. 7 :6 (juni 2024)
Aliy As‟ad, terjemahan Ta‟limul Muta‟allim Thariqal Ta‟alimmu karya syekhBurhanuddin Az-Zarnuji, (Kudus: Menara Kudus, 1978),
al-mawardi, adab al-dun ya wal al-dun (beirut:dar iqra',1985).
Amin, Mansyur, Metode Dakwah Islam dan Beberapa Keputusan Pemerintah tentang Aktifitas Keagamaan, (Yogyajarta: Sumbahsih,1980),h 34.
Anis Wati dan muhlasin amrullah, “Pembiasaan Karakter Religius Siswa dalam Pembelajaran islam dan Kemuhammadiyahan di Sekolah Dasar di Muhammadiyah1 Sedati”,Journal of Islamic and Muhammadiyah Studies (JIMS) Vol3:10, (Agustus 2022).
Darmansyah, Strategi Pembelajaran, (Padang: Program Pascasarjana FIP UNP, 2012).
Fahrudin, dkk. “Kontekstualisasi Hadis dalam Interaksi Media Sosial di Era Millenial”, Jurnal studi ilmu hadis, vol 5:1 (desember 2020)
Ghufron, A dkk. “Pengembangan Pembelajaran Berbasis NilaiNilai Budaya Yogyakarta Di Sekolah Dasar, Jurnal Cakrawala Pendidikan”, Vol. 36:2.( Juni 2017).
Hans Wer, A Dictionary of Modern Wriitten Arabic, (London: McDonald and Evan Ltd., 1980).
Hemawati dkk, hadis tarbawi, (Medan : Media kreasi 2022).
Heri Gunawan, Pendidikan Islam Kajian Teoretis dan Pemikiran Tokoh, (Bandung: PT. Remaja Rosda Karya, 2014).
Hmelo-Silver, C. E. “Problem-Based Learning: What and How Do Students Learn”. Educational Psychology Review, vol 16:3(Januari 2024).
Imam abu daud, sunan abu daud (Mesir : Addarul Alamiyyah, 1985).
imam abu daud, sunan abu daud (Mesir : Addarul Alamiyyah, 1985).
Imam al-baihaqi, manaqib asy-syafi'I, (Mesir:maktabah Daar at-Turats, 2024).
Majid khon,Abdul. Hadis Tarbawi Hadis Pendidikan, (Jakarta: Kencana, 2012).
Muhammad bin isa at-Timidzi, Sunan at-tirmidzi,(jakarta:Gema insani, 2017).
Muhammad Nashiruddin Al-Albani, Shahiih al-Jaami'ish Shaghiir. (Jakarta :Dewan Da'wah Islamiyah Indonesia, 2011).
Mukhtar, M. Psikologi Pendidikan, (Jakarta: Rineka Cipta. 2005).
Munir, Samsul, ilmu aklak, (Jakarta : sinar grafika 2016).
Muslihuddin, M., Wardhana, K. E., wahyudi Ramdhan, T., & Repo, N. (2024). The Influence of Ethical Philosophy on Teachers' Work Ethic. Syaikhuna: Jurnal Pendidikan dan Pranata Islam, 15(01), 64-78.
Omar Mohammad Al-Toumy Al-Syaibani, Falsafah Pendidikan Islam (Falsafatut Tarbiyah Al-Islamiyah), (Jakarta: Bulan Bintang, 1979).
Putri Nur Ekasari, “Pembelajaran berbasis nilai pada mata pelajaran sejarah melalui model CVT (Value clarification technique)”, Universitas negri malang, Vol. 2:2, (Desember 2017).
Ramayulis, Ilmu Pendidikan Islam, (Jakarta: Kalam Mulia, 2002).
Riza, Syahrul. “Konsep pendidikan islam sepanjang hayat”, Jurnal ilmiah pendidikan anak. vol.8:1 (Januari 2022), h. 14.
Rosnaeni, dkk. “Pendidikan islam dalam perspektif hadis”, Jurnal Pendidikan Islam Vol. 18:2. (Desember 2021)
Sari, Meilani Safitri, Hubungan antara Pola Asuh Orang Tua Demokratis denganPerkembangan Moral Anak Usia 5 -6 Tahun di TK ABA IV Kota Jambi, skripsi (Jambi: Pendidikan agama islam, universitas jambi, 2021).
Shellyana arifin, Ulfy. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Socioscientific Isu Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Analitis Pada TEMA PENCEMARAN LINGKUNGAN, Skripsi (Ponorogo : Tadris ilmu pengetahuanalam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, 2021).
Sunarto, dkk, “Penggunaan Model Discovery Learning Guna Menciptakan Kemandirian dan Kreativitas Peserta Didik”, Bahtera, vol.6:2, (Januari 2022).
Surya Rizki RSP, Akhlak Menurut Al-Ghazali (1059 M – 1111 M) dan Ibnu Miskawai (932M – 1030 M),skripsi (Riau : Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, 2021).
Syaikh nashiruddin al albani, shohih adabul mufrod (jakarta: elex kompotindo media, 2019).
Tafsir, Ahmad. Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam, (Bandung: Remaja Rosdakarya,2008).
Tomatala, Penginjilan Masa Kini Jilid 1, (Malang: Gandum Mas,1997).
Virda Yana, dkk, “Menumbuhkan motivasi belajar perspektif Hadits Sunan Ibnu Majah”, tawazun, Vol. 15:3,(Desember 2022).
Wahyudi Ramdhan, T., Arifin, Z., & Arisandi, B. (2024). Values of Character Education in The Qur'an. Al-Thiqah: Jurnal Ilmu Keislaman, 7(1), 206-222.
Yuhana,dkk. “Pengaruh model Pembelajaran Inquiry Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa”, Jurnal Prosbi, 16:1 (Januari 2019).
Zuhaili, Wahbah. Tafsir munir, (Jakarta : darul fikr, 2002