Main Article Content

Amirotun Nahdliyah
Hepni
Ubaidillah
Diyah Nawangsari

Penelitian Konsep ta’dib KH Hasyim Asyari: aktualisasi kebijakan sistem pendidikan nasional bertujuan; 1)memerinci konsep ta’dib KH Hasyim Asy’ari dalam kitab Adabu ‘Alim Wal Muta’allim, 2)menganalisis dan memperpadukan konsep ta’dib KH Hasyim Asy’ari sebagai aktualisasi kebijakan Sisdiknas. Metode penelitian kualitatif studi pustaka menggunakan analisis isi (content analysis). Hasil penelitian: 1)prinsip-prinsip konsep ta’dib KH. Hasyim Asy’ari; menitikberatkan pada pendidikan; keutamaan ilmu, ulama, dan proses belajar mengajar. Konsep ta’dib bagi peserta didik; ta’dib peserta didik terhadap dirinya, pendidik, dan proses pembelajaran. Konsep ta’dib bagi pendidik; ta’dib pendidik terhadap dirinya sendiri, kegiatan belajar mengajar (KBM), dan peserta didik. Konsep ta’dib terhadap literasi dan tradisi ilmiah. Hal ini ditekankan antara pendidik dan peserta didik pentingnya adab sebelum ilmu dan hubungan harmonis antara pendidik dan peserta didik. 2)konsep ta’dib sangat relevan dengan tujuan pendidikan nasional yang diatur dalam UU Nomor 20 Tahun 2003. Sehingga kebijakan pendidikan karakter tidak hanya berfokus pada penguasaan akademis, tetapi juga pada pembentukan kepribadian yang mulia, moralitas, dan tanggung jawab sosial, sejalan dengan pilar-pilar Gerakan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK). Serta aktualisasi dengan melakukan tradisi ilmiah dan memperkaya literasi; yakni membentuk jiwa pembelajar tidak hanya di peruntukan kepada peserta didik saja namun pendidik juga dituntut untuk selalu menggali dan mengasah kemampuan dan keahliannya.


Keywords: Konsep Ta’dib, Kebijakan, Sistem Pendidikan Nasional
Amalita, Nonong, Azwar Ananda, Nurhizrah Gistituati, and Rusdinal, ‘Studi Komparatif Pendidikan Karakter Di Negara Indonesia, Malaysia, Dan Jepang’, Jurnal Education and Development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, 12.1 (2024), pp. 413–19

Anggraini, Yenny, ‘Program Pendidikan Karakter Dalam Mengatasi Krisis Moral Di Sekolah’, Jurnal Basicedu, 6.4 (2022), pp. 5877–89

Arifuddin, and M. Arif, PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS NILAI AGAMA DAN BUDAYA BANGSA (Lembaga “Education Development Center” (ENDECE), 2021)

Barus, Gendon, Dirtya Sunyi P, Universitas Sanata, and Dharma Yogyakarta, ‘Memperkenalkan Model Pendidikan Karakter Di SMP Berbasis Layanan Bimbingan Klasikal Kolaboratif Dengan Pendekatan Experiential Learning’, Solusi : Jurnal Konseling Dan Pengembangan Pribadi, 5 (2023), pp. 1–16

Beno, J, A.P Silen, and M Yanti, ‘FILSAFAT PANCASILA DALAM PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH DASAR’, Braz Dent J., 33.1 (2022), pp. 1–12

Dan, Bahasa, Pendidikan Karakter, Dalam Pandangan, and Sita Acetylena, ‘BAHASA DAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PANDANGAN KI HADJAR DEWANTARA ( PERSPEKTIF TEORI KRITIS HABERMAS )’, AL-WIJDÁN: Journal of Islamic Education Studies, III.May (2018)

Fauziatun, Nurlaily, and M Misbah, ‘Relevansi Kecerdasan Emosional (EQ) Dan Kecerdasan Spiritual (SQ) Dengan Pendidikan Karakter’, Jurnal Kependidikan, 8.2 (2020), pp. 142–65

Hidayat, Muhammad Rijal Fadli dan Bobi, Kh. Hasyim Asy’Ari Dan Resolusi Jihad, 2018
Ilmiah, Jurnal, and Wahana Pendidikan, ‘Penguatan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Kurikulum Sekolah Sebagai Strategi Upaya Pencegahan Korupsi’, Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9.September (2023), pp. 1005–12

Inayati, Nurul, Ali Mudlofir, and Arina Dewi Masithoh, ‘PENGINTEGRASIAN KURIKULUM MADRASAH DINIYAH PADA SEKOLAH FORMAL’, POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam, Vol. 10.No. 1 (2024)

Jamilah, ‘KEMITRAAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI ( SINERGI TIGA PILAR PENDIDIKAN ’:, SIMULACRA, Volume 2.Nomor 2 (2019), pp. 181–94

Jurnal, Al-Falah :, Ilmiah Keislaman, Dan Kemasyarakatan, Rahmi Rabiaty, Sekolah Tinggi, Agama Islam, and others, ‘Etika Tentang Guru Dan Peserta Didik Menurut K.H Hasyim Asy’Ari Dalam Kitab Adab Āl-’Ālim Wāl Mutā’Āllim’, Jurnal Ilmiah Keislaman Dan Kemasyarakatan, 24.1 (2024), p. 2024

Karakter, Pendidikan, Perspektif Islam Dan Thomas Lickona, and Jurnal Prodi Manajemen Pendidikan Islam Volume VII Nomor, ‘PENDIDIKAN KARAKTER :PERSPEKTIF ISLAM DAN THOMAS LICKONA’, Ta’dibi : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, VII.September 2018 (2018)
Kiska, Nurul Delima, Cindy Rizani Putri, Miranti Joydiana, and Dhea Annisa Oktarizka, ‘Peran Profil Pelajar Pancasila Untuk Membentuk Karakter Peserta Didik Sekolah Dasar’, 05.02 (2023), pp. 4179–88

Kusnoto, Yuver, ‘INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER’, SOSIAL HORIZON: Jurnal Pendidikan Sosial, 4.2 (2017), pp. 247–56

Masnu’ah, Syafira, Nyayu Khodijah, and Ermis Suryana, ‘Analisis Kebijakan Pendidikan Islam Dalam Undang-Undang No 20 Tahun 2003 (SISDIKNAS)’, MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 9.1 (2022), pp. 115–30

Muspawi, Mohamad, ‘THE K.H. Hasyim Asy’ari: The Reformer of Islamic Education of East Java’, Jurnal Pendidikan Islam, 7.1 (2018), pp. 147–63, doi:10.14421/jpi.2018.71.147-1163

Nurhayati, Hermin, and Nuni Widiarti , Langlang Handayani, ‘Implementasi Konsep Pendidikan Karakter Ki Hadjar Dewantara Di Sekolah Dasar Pada Era Digital’, Jurnal Basicedu, 5.5 (2020), pp. 3(2), 524–32

Rosid, Moh. Harun Al, ‘Nilai- Nilai Pendidikan Karakter Dalam Kitab Adab Al ‘Alim Wa Al Muta’Alim Karangan KH . Hasyim Asy ‘Ari Moh. Harun Al Rosid’, Jurnal Tarbiyatuna, 4.1 (2023), pp. 1–15

Sistiadi, Joni, and Moh. Mansur Fauzi, ‘RELEVANSI PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS NILAI-NILAI RAHMATAN LIL ‘ALAMIN DALAM KITAB ADĀB AL-‘ĀLIM WA AL-MUTA’ALIM KARYA KH. HASYIM ASY’ARI DENGAN KURIKULUM MERDEKA’, Journal Islamic Studies, 04.02 (2023), pp. 60–80

Siswadi, Gede Agus, and Kusuma Putri, ‘Telaah Filosofis Pendidikan Progresivisme John Dewey Dan Relevansinya Dalam Pembentukan Karakter Pada Anak Usia Dini’, Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, April, 2023

Asyari, (1344). Hasyim. Adabul ‘Alim Wal Muta’allim. Jombang. Maktabah Atturost Al-Islamiyyah