Main Article Content

Ali Muhsin
The effort to improve Al-Qur'an reading and writing becomes the main factor is the improvement of the quality of human resources that is teacher. Teachers have characteristics as mentors who are able to show the dynamic interaction between teachers and learners. The purpose of the study to know how the role of teachers in an effort to improve the quality of literature Al-Qur`an in TPQ Miftahul Ulum Nglele Sumobito Jombang. This type of descriptive qualitative research with interview method, observation and documentation. Analytical techniques using data reduction (data reduction), data display (data presentation), data conclusing drawing / verification. In reading the Qur'an the learner is not a thing that goes without a process, but requires a concrete teacher's efforts. The result of the teacher's role in the effort to improve the literacy of the Qur'an is very satisfactory as evidenced by the santri can read Al-Qur an well and correctly.
Anwar, Efendi. 2005. Bahasa Dan Sastra Sebagai Prespektif. Yogyakarta: Tiara Wacana.
Arikunto, Suharsimi. 2010.Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Akhofulloh, Am. Wawancara, Jombang, 12 maret 2017.
Aliyah, Nur. Wawancara, Jombang, 10 maret 2017.
Chadziq Charisma, Moh. 1991.Tiga Aspek Kemukjizatan Al-Quran. Surabaya: Bina Ilmu.Darmadi, Hamid. 2013. Dimensi-Dimensi Metode Penelitian Pendidan dan Sosial Konsep Dasar dan Implementasi. Bandung: Alfabeta.
Efendi, Ahmad Fuad. 2009. Metodologi Pengajaran Bahasa Arab. Malang: Misykat.
Faizah, Nurul. 2013. Pengaruh Penggunaan Metode An-Nadhiyah, Adz-DizkrDan Tilawati Terhadap Kemampuan Pra Membaca AL-Qur`an Anak Tunagrahita DiTPQ Al-Khoirul Jampirogo Sooko Mojokerto. Skripsi UNIPDU Jombang.
Hernowo. 2005.Quantum Reading. Bandung: MLC.
Hamalik, Oemar. 1989. Teknik Pengukuran dan Evaluasi Pendidikan. Bandung: Mandar Maju.
Habib, Nur. Wawancara, Jombang, 4 Mei 2017.
Indrakusuman, Amir Daien. 1973. Pengantar Ilmu Pendidikan,Surabaya: Usaha Nasional.
Inka Crisnawati, 2015. Peran danUupaya Guru Meningkatkan Motivasi Tahfiz Al-Qur`an Kelas V di SDIT Luqman Al-Hakim. Skripsi: UINSK Yogyakarta.
Moleong, Lexy J. 2005. Metodologi Penellitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mulyasa. 2005. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaj Rosdakarya.
Mulyati, 2005. PerananTamanPendidikanAl-Qur’an (TPA) AT-THOHIRIYAH dalam Pembinaan Akhlak Anak. Skripsi: UNNES Semarang.
Mas`udah. 2011.Upaya Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis AL-Qu`an Melalui Metode Index Card Match Di RA Muslimat NU Angin-Angin Buko Wedung Demak.Skripsi Fakultas Tarbiyah. IAIN Wali Songo.
Mas`ah. Wawancara, Jombang, 3 Mei 2017.
Poerwadarminto, WJS. 1987. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Qohar, Abd. Wawancara, Jombang, 10 maret 2017.
Rasidi, Ravik. 2007. Sosiologi Pendidikan. Solo: Lembaga Pendidikan.
Sabarudin, Boge. 2010. Peran Orangtua dan Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Membaca Al-Qur’an di SD Negeri Depok Sleman Yogyakarta, Fakultas Tarbiyah Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.
Sardiman. 2001. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta:Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. 2015.Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suryabrata, Sumadi. 2006. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo.
Suryanto, Adi dkk. 2008. Evaluasi Pembelajaran di SD,Jakarta: Universitas Terbuka.
Syah, Muhibbin. 2005. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Rosdakarya.
Syaodih Sukmadinata, Nana. 2009. Meetode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Uzer Usman, Moh. 1995. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Zahroh, Siti. 2006. Metode Pembelajaran AL-Qur`an Dalam Meningkatkan Perkembangan Jiwa Keagamaan Anak Studi Kasus Di TPQ Nur ChasanahGondang Legi Malang. Skripsi,UIN Malang.

Ali Muhsin

Universitas Pesantren Tinggi Darul ‘Ulum Jombang