DAMPAK SOSIAL PEMBERLAKUAN FULL DAY SCHOOL (MENIMBANG MAFSADAT-MASLAHAT PERMENDIKBUD 23/2017 DAN PERPRES 87/2017)

  • Zaitur Rahem Dosen Institut Ilmu Keislaman Annuqayah (INSTIKA)

Abstract

Prinsip dinamisasi pendidikan salah satunya terlihat dari hadirnya konflik. Konflik di sini, adalah pro kontra diatara dua belah pihak menyikapi informasi (materi). Semakin berbeda, maka semakin terlihat sisi kelebihan dan kekurangannya. Kontroversi kebijakan Pemerintah tentang Full Day School menjadi realitas hidupnya jagad pendidikan Indonesia. Konflik seputar Full Day School memberikan dampak dimensional. Baik, dalam sisi kedewaan berpikir, dan bisa menjadi jembatan untuk memetakan kelompok-kelompok kerja satuan pendidikan. Bahwa sesungguhnya, ada lembaga pendidikan yang secara formal berada dalam struktur pemerintah. Namun, secara kultural memiliki prinsip sendiri untuk menjaga eksistensinya.

References

Arkoun, Muhammad. Rethingking Islam, USA: Westview Press Inc., 1994

Calder, Norman. Studies in Early Muslim Jurisprudence, London: Claredon Press.

Amin, Ahmad, Islam dari Masa ke Masa, Bandung: CV. Rusyda, 1987.

Arifin, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 2003.

Abdullah (Ed.), Taufiq, Sejarah Umat Islam Indonesia, Jakarta: Majelis Ulama Indonesia, 1991.

Abazhah, Nizar, Sahabat Muhammad, Jakarta: Zaman, 2014.

Asrohah, Hanun, Sejarah Pendidikan Islam, Ciputat: PT. Logos Wacana Ilmu, 2001.

Al-Attas, Syed Muhammad Naquib, Islam dalam Sejarah dan Kebudayaan Melayu, Bandung: Mizan, 1990.

Abdul Haq Vidyarthi & ‘Abdul Ahad Dawud, Ramalan tentang Muhammad SAW, Jakarta: Noura Books, 2013.

Abi Zakariya yahya bin Syarif an-Nawawi, Muhyiddin, al-Adzkar, Semarang: Pustaka al-Aalawiyah, tt.

Arikunto, Suharsini, Pengelolaan Kelas dan Siswa, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 1996.

Brockelmann, Carl, History of the Islamic Peoples, London: Roudledge & Kegan Paul, 1982.

Bagus, Lorens, Kamus Filsafat, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 2002.

Basri, Hasan, Filsafat Pendidikan Islam, Bandung: Pustaka Setia, 2009.

Departemen RI, Al-Quran dan Terjemahnya, Bandung: CV J-ART, 2004.

Dimyati, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Dirjen Dikti Depdikbud, 1999.

Durkheim, Emile. Ethice and The Sosiology of Morals. New York: Greenword Press, 1987.

Ghafur, Abd, Ibnu Khaldun; Pendidikan Islam dalam Konteks Manajemen Berbasis Sekolah (MBS), Surabaya: Amantra, 2011.

Hamalik, Oemar, Psikologi Belajar & Mengajar, Jakarta: PT Bumi Aksara, 2010).

_______________, Pengembangan Kurikulum: Dasar-Dasar dan Perkembangannya, Bandung: Mandar Maju, 1990.

Hamilton, David, Curricullum Evaluation ( Boston: Open Books Publishing Ltd. 1977.

Idris Musthafa, Ismail, Fakta Baru Matematika Al-Quran, Jakarta Selatan: Noura Books, 2013.

Idi, Abdullah, Pengembangan Kurikulum (Teori dan Praktik) (Jakarta: Radar Jaya, 1999.

Iqbal, Sir Muhammad. The Reconstruction of Religius Though in Islam. New Delhi: Kitab Bavan, 1981.

Jalaluddin & Usman Said, Filsafat Pendidikan Islam: Konsep dan Perkembangan Pemikirannya, Jakarta: PT. Raja Grafindo, 1994.

John P Miller, Seller Wayne, Curicullum Perpsektif and Praktice, London: Longman, 1985.

James, William. The Verieties of Religious Experience. New York: Simon and Schusted Inc., 1997.

Lings, Martin, Muhammad, Jakarta: PT Serambi Ilmu Semesta, 2002

Muhaimin, Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam, Jakarta: PT. Raja Grafindo. 2010.

Muhaimin, Pengembangan Kurilkulum Pendidikan Anak dalam Islam, (Jakarta: PT. Raja Grafindo, 2010.

_________, Konsep Pendidikan Islam, Solo: Ramadhani, 1991.

Mun’im Al-Hafni, Abdul, Ensiklopedia Muhammad SAW (Buku Tiga), Jakarta Selatan: Noura Books, 2014.

Muhammad Naquib Al- Attas, Syed, Islam dalam Sejarah dan Kebudayaan Melayu, Bandung: Mizan, 1990.

Maryanto, A., Kurikulum Lintas Bidang Study, Jakarta: Grasindo, 1994.

Nasih Ulwan, Abdullah, Pendidikan Anak dalam Islam, Jakarta: Pustaka Amani, 2007.

Nizar, Samsul, Sejarah Pendidikan Islam: Menelusuri Jejak Sejarah Pendidikan Era Rasulullah Sampai Indonesia, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2011.

Rahem, Zaitur. Jejak Intelektual Pendidikan Islam, (Yogyakarya: Pustaka Ilmu,2016)

_________________, Gerakan Progressif Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama Menjaga Marwah Pendidikan Keislaman di Nusantara, Jurnal Al-Hikmah: Jurnal Studi Keislaman, STAI Al Hikmah Tuban, Volume 7, No. 1, Maret 2017.

Published
2018-01-17
How to Cite
Rahem, Z. (2018). DAMPAK SOSIAL PEMBERLAKUAN FULL DAY SCHOOL (MENIMBANG MAFSADAT-MASLAHAT PERMENDIKBUD 23/2017 DAN PERPRES 87/2017). AL MURABBI, 3(1), 1-12. Retrieved from https://jurnal.yudharta.ac.id/v2/index.php/pai/article/view/889
Section
Artikel