PERAN GURU DAN PESERTA DIDIK DALAM PROSES PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIKULTURAL
Main Article Content
Pembelajaran adalah sebagai suatu upaya yang dilakukan pendidik atau guru secara sengaja dengan tujuan menyampaikan ilmu pengetahuan, dengan cara mengorganisasikan dan menciptakan suatu sistem lingkungan belajar dengan berbagai metode sehingga siswa dapat melakukan kegiatan belajar secara lebih optimal. Walaupun istilah yang digunakan “pembelajaran”.Tidak berarti guru harus menghilangkan perannya sebagai pengajar. Dalam konteks pembelajaran, sama sekali tidak berarti memperbesar peranan peserta didik disatu pihak dan memperkecil peranan guru dipihak lain.
Abdullah Aly. 2011. Pendidikan Islam Multikultural di Pesantren. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Abdullah Idi. 2016. Pengembangan Kurikulum Teori &Praktik. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Abin Syamsuddin Makmur. 2000. Psikologi Kependidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Earl V. Pullias and James D. Young. 1968. A Teacher is a Many Things. Bloomington and London: Indiana University Press.
Gary Flewelling and William Higginson. 2003. Teaching with Rich Learning Tasks. Adelaide: The Australian Association of Mathematic Teacher.
Djunaidi Ghony. 2016. Desain pengembangan kurikulum Pendidikan Agama Islam Multikultural. Diktat belum diterbitkan.
Jamil Suprihatiningrum. 2016. Guru Profesional: Pedoman Kinerja dan Kompetensi Guru. Jogyakarta: Ar Ruzz Media.
Oemar Hamalik. 2009. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Rusman. 2016. Model-Model Pembelajaran mengembangkan profesionalisme guru. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Sugihartono, dkk. 2007. Psikologi pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.
Suyono dan Hariyanto. 2014. Belajar dan Pembelajaran Teori dan Konsep Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Zakiyuddin Baidhawi. 2005. Pendidikan Agama Berwawasan Multikultural. Jakarta: PT Gelora Aksara Pratama.
Abdullah Idi. 2016. Pengembangan Kurikulum Teori &Praktik. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Abin Syamsuddin Makmur. 2000. Psikologi Kependidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Earl V. Pullias and James D. Young. 1968. A Teacher is a Many Things. Bloomington and London: Indiana University Press.
Gary Flewelling and William Higginson. 2003. Teaching with Rich Learning Tasks. Adelaide: The Australian Association of Mathematic Teacher.
Djunaidi Ghony. 2016. Desain pengembangan kurikulum Pendidikan Agama Islam Multikultural. Diktat belum diterbitkan.
Jamil Suprihatiningrum. 2016. Guru Profesional: Pedoman Kinerja dan Kompetensi Guru. Jogyakarta: Ar Ruzz Media.
Oemar Hamalik. 2009. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Rusman. 2016. Model-Model Pembelajaran mengembangkan profesionalisme guru. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Sugihartono, dkk. 2007. Psikologi pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.
Suyono dan Hariyanto. 2014. Belajar dan Pembelajaran Teori dan Konsep Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Zakiyuddin Baidhawi. 2005. Pendidikan Agama Berwawasan Multikultural. Jakarta: PT Gelora Aksara Pratama.