Main Article Content

Abd Kholik

Salah satu tujuan pendidikan dasar adalah meletakkan dasar kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia dan keterampilan untuk hidup mandiri, serta mengikuti pendidikan lebih lanjut. Pendidikan jasmani sebagai  salah  satu  materi pembelajaran yang bertujuan untuk mengembangkan keterampilan pengelolaan diri dalam upaya pengembangan dan pemeliharaan kebugaran jasmani, pola hidup sehat melalui berbagai aktivitas jasmani dan olahraga yang terpilih, serta meningkatkan kemampuan dan keterampilan gerak dasar.

Penelitian ini dilakukan di SDN Kedawungwetan IV Kecamatan Grati Kabupaten Pasuruan. Subjek penelitiannya ialah siswa kelas VI SDN Kedawungwetan IV Kecamatan Grati Kabupaten Pasuruan Tahun Pelajaran 2014/2015. Adapun yang menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas VI yang berjumlah 23 siswa.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah (a) Penerapan metode pendekatan media papan Kotakdapat digunakan untuk meningkatkan motivasi  siswa kelas VI SDN Kedawungwetan IV Kecamatan Grati Kabupaten Pasuruan Tahun Pelajaran 2014/2015 dalam lompat jauh gaya menggantung, dan (b) Terdapat kenaikan nilai  belajar yang sangat berarti atau positif. Data dari temuan awal ke siklus I dan siklus II selalu mengalami peningkatan nilai. Dengan kegiatan pendukung berupa teknik melakukan lompat jauh gaya menggantung dengan benar pada siklus I mengalami peningkatan hasil sebesar 14,76 Sedangkan dari siklus I ke siklus II meningkat sebesar 3,34. Dari temuan awal ke siklus II meningkat sampai 18,10.
Adi, Tirto. 2007. Inovasi Pembelajaran, Media Pendidikan Surabaya : Kanwil P dan K Jawa Timur.
Ahmadi, Abu, Drs. H, dkk. 2005. SBM (Strategi Belajar Mengajar) untuk Fakultas Tarbiyah Komponen MKDK. Bandung : CV Pustaka Setia
Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta.
De Porter, Bobbi. 2005. Quantum Learning : Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung : Kaifa.
Depdikbud, 1990. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka.
Diknas. 2006. Materi Workshop KTI Pengembangan Profesi Guru Jawa Timur. Surabaya : LPMP Jatim.
Diknas. 2004. Kurikulum Tahun 2004 : Standar Kompetensi Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Sekolah dasar dan Madrasah Ibtidaiyah. Surabaya : Diknas Jatim.
Depdiknas. 2003. Materi Pelatihan Pembelajaran Kontekstual. Surabaya : Dinas P dan K Jawa Timur.
Jarver, Jess. 2005. Belajar dan Berlatih Atletik. Bandung : CV Pionir Jaya.
Kamisa. 1997. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Surabaya : Kartika.
Karwapi. 1975. Guru Sekolah Dasar Beberapa Masalah dan Pendekatannya. Surabaya : F.A. Hasmar.
Syarifuddin, Aip. 1997. Pendidikan Jasmani dan Kesehatan 2. Jakarta : Grasindo.