ANTARA AKAL, JIWA, JASMANI DAN AKHLAQ DALAM KONSEP PENDIDIKAN IBNU QAYYIM AL-JAUZIYAH

  • Asrul Anan Rizqi Nur Haqiqi

Abstract

Ibnu Qayyim adalah ulama’ yang  terkenal  dalm bidang ilmu fiqh yang bermadzhab Hambali. Banyak karya tulis yang dihasilkan oleh Ibnu Qayyim, yang terdiri dari berbagai disiplin ilmu, termasuk dalam bidang pendidikan. sedangkan pandangan beliau dalm bidang pendidikan adalah bahwa akal, jiwa, dan jasmani merupakan unsur totalitas sebagai potensi dasar manusia yang bisa dididik dan dikembangkan sehingga manusia dapat mengoptimalkan potensi-potensi akal, jiwa, dan jasmaninya agar bisa membrikan dampak dan manfaat yang baik bagi manusia itu sendiri. Pendidikan menurut Ibnu Qayyim Al Jauzi harus menyeimbangkan potensi Akal, Jiwa, jasmani dan Akhaq dalam mengembangkan potensi dan kepribadian manusia.ini bisa dilihat dari tujuan pendidikannya yaitu Ahdaf Akhlakiyah, Ahdaf Jismiyah, Ahdaf Fikriyah, Ahdaf Maslakiyah

References

Abd. Chayyi Fanany,Ilmu Pendidikan Islam,(Surabaya: Taruna Media Pustaka, 2010)

Abuddin Nata . Filsafat Pendidikan Islam.(Jakarta: Wacana Ilmu. 1997)

Ahmad D. Marimba, Filsafat Pendidikan Islam (Bandung: Al-Ma’arif, 1977)

Akh. Muzzaki,M.Phil.,Ph.D, Kholila, M.Si. Ilmu Pendidikan Islam (Surabaya: Cet III,2011).

Al Furqon Hasbi, Tesis Konsep Pendidikan Islam menurut Ibn Qayyim Relevansinya dengan Modern: 2006,

Al-Qur’an dan Terjemahnya (Jakarta: Yayasan Penyelenggara Penterjemah/Pentafsir Al-Qur’an, 1971)

Bakhtiar Nasution, Skripsi Konsep Pendidikan Islam Menurut Ibn Qayyim Reklevansinya dengan Pendidikan Modern, (Universitas Islam Negeri Sultan Kasim Riau, 2011).

Bakker, Anton & Zubai, Achmad Charris. Metode Penelitian Filsafat. (Yogyakarta: Kanisius,1990).

Burhan Bungin, Analisis Data Penelitian Kualitatif, (Jakarta : Raja Grafindo Persada, 2003)

Drs.A. Susanto, M.Pd. Pemikiran Pendidikan Islam, Cet II (Jakarta: Amzah,2010)

Fauti Subhan,Jurnal Konsep Pendidikan Islam Masa Kini, vol 02 no 02 nov 2013

Hasan bin Ali Hasan Al-Hijazy, Manhaj Tarbiyah Ibnu Qayyim,Terjemahan Muzaidi Hasbullah,( Jakarta : Al-Kautsar, 2001),

http://catatanikhwana.blogspot.co.id/2013/11/konsep-dan-metode-pendidikan-islam.html

http://dahare.blogspot.co.id/2012/03/konsep-pendidikan-islam-menurut-ibnu.html

http://phairha.blogspot.co.id/2012/01/studi-kepustakaan.html .

https://shaututtarbiyah.wordpress.com/2009/11/20/konsep-pendidikan-ibnu-taymiyah-ed-21-2009/.

https://www.ummaland.com/blog/4839/ibnu-qayyim-al-jauziyah-suatu-pesanan/

Ibn Qayyim, Miftah Darus Sa’adah, jilid I

Ibnu Qayyim Al-Jauziyah, Tuhfatul Maudud Bi Akmamil Maulud: Bingkisan Kasih Untuk si Buah Hati, terjemahan Abu Umar Basyir al-Maedani, (Solo: Pustaka Arafah, 2006),

Ibnu Qayyim Al-Jauziyyah, Al-Jawab Al-Kafi: Mengetuk Pintu Ampunan Meraih Berjuta Anugerah, terjemahan Futuhal Arifin, ( Jakarta : Gema Madinah Makkah Pustaka, 2007)

Ibnu Qayyim Al-Jauziyyah, Kunci Surga: Mencari Kebahagiaan Dengan Ilmu, terjemahan Abdul Matin dan Salim Rusydi Cahyono, ( Solo : Tiga Serangkai, 2009)

Indra Kusuma. Filsafat Ilmu Pendidikan (Surabaya: Usaha Nasional, 1973)

Jamil Ahmad, Seratus Muslim Termuka, (Pustaka Firdaus, Jakarta, 2003)

KH ahmad Dimyati Rosyid, Kunci Sukses Pendidikan Masa Kini,(Surabaya 2004)

Khalid Abdul Lathif As-Saba` Al-`Alami, Kitab Ighasatul Lahfan min Mashaa-idisy Syaithan, Ibnu Qayyim Al-Jauziyah

Khalid Abdul Lathif As-Saba` Al-`Alami, Kitab Ighasatul Lahfan min Mashaa-idisy Syaithan, Ibnu Qayyim Al-Jauziyah, Desember 2011 M, Pustaka Al-Qowam.

Khotibul Umam, M.A,Jurnal Pemikiran Pendidikan Ibnu Taimiyah Relevansinya dengan Pendidikan Kontemporer Vol. 1 No. 2 September 2010

M.Arifin, Ilmu Pendidikan Islam, Penerbit Bumi Aksara, Jakarta, 1991

Mahmud Yunus, Terjemah Al-Qur’an Al-Karim (Bandung,: PT. AlmA’ARIF, 1990)

Moeleong, Lexy J, Metode Penelitian Kualitatif, (Bandung : Remaja Rosdakarya,2005),

Muhajir, Noeng, Metode Penelitian Kualitatif, Edisi IV. (Yogyakarta: Rake Serasin, 2000)

Muhammad Ansyar, Dasar-dasar Perkembangan Kurikulum (Jakarta: Debdikbud Dirjen PT-PPLPTK, 1989)

Nur Ubiyati, Ilmu Pendidikan Islam, Cet. II (Bandung: CV. Pustaka Setia, 1999)

Oemar Muhammad Al-Toumy Al-Saibani, Falsafah Pendidikan Islam Terj. Hasan Langgulung ( Jakarta: Bulan Bintang, 1979)

Sanapiah Faisal, Metode Penelitan Pendidikan, (Surabaya : Usaha Nasional, 1993)

Sudirman,dkk, Ilmu Pendidikan (Bandung: Remadja Karya,1989)

Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian, (Jakarta :Rineka Cipta, 1996,)

Widodo Supriyono, Filsafat Manusia dalam Islam,Reformasi Filsafat Pendidikan Islam, (Yogyakarta : Pustaka Pelajar, 1996),

Zainal Arif, Konsep Pendidikan Menurut Ibn Qayyim Al Jauziyah, skripsi

Zainal Arif, Skripsi Konsep Pendidikan Islam menurut Ibn Qayyim Al Jauziyah,2010

Zakiah Daradjat, Ilmu Pendidikan Islam, Penerbit Bumi Aksara, Jakarta, 1992,

Zuhri, Pengorganisasian, Pembinaan dan Pengembangan Kurikulum (Jakarta:Dermaga, 1986)

Published
2018-03-28
How to Cite
Rizqi Nur Haqiqi, A. A. (2018). ANTARA AKAL, JIWA, JASMANI DAN AKHLAQ DALAM KONSEP PENDIDIKAN IBNU QAYYIM AL-JAUZIYAH. AL MURABBI, 3(1), 165-185. Retrieved from https://jurnal.yudharta.ac.id/v2/index.php/pai/article/view/915
Section
Artikel