PENGARUH CITRA PERUSAHAAN DAN KOMUNIKASI TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS NASABAH DI KOPERASI JASA KEUANGAN SYARIAH (KJKS) ARJUNA PURWOSARI- PASURUAN
Abstract
Case Study ini mempunyai tujuan untuk meneliti Pengaruh Citra Perusahaan dan Komunikasi terhadap Kepuasan dan Loyalitas Nasabah. Penelitian ini termasuk penelitian explanatory research. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan purposive sampling sebanyak 34 responden. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner, analisa data menggunakan analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian 1. Citra Perusahaan berpengaruh positif signifikan terhadap Kepuasan; 2. Citra Perusahaan berpengaruh positif signifikan terhadap Loyalitas; 3. Komunikasi berpengaruh positif signifikan terhadap Kepuasan; 4. Komunikasi berpengaruh positif signifikan terhadap Loyalitas; 5. Kepuasan berpengaruh positif signifikan terhadap Loyalitas. Temuan: Citra Perusahaan memberikan makna penting dalam meningkatkan Kepuasan, dan komunikasi memiliki makna penting dalam meningkatkan loyalitas dan kepuasan merupakan faktor yang dapat meningkatkan loyalitas, dan Kepuasan merupakan faktor penting yang dapat meningkatkan loyalitas nasabah.
Saran: perlu memperhatikan variabel Citra Perusahaan dengan indikator-indikator yang sebaiknya disesuaikan dengan kepuasan pada obyek penelitian, dengan demikian diharapkan dapat menjelaskan bagaimana Citra Perusahaan meningkatkan kepuasan dan loyalitas nasabah.
References
Abdurrahman, Maman, 2011. Panduan Praktis Memahami Penelitian, Pustaka Setia, Bandung.
Arikunto, Suharsimi, 2010. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktek, Edisi. Rineka Cipta. Jakarta.
Amstrong, Gary & Philip, Kotler. 2002. Dasar-dasar Pemasaran. Jilid 1, Alih Bahasa Alexander Sindoro dan Benyamin Molan. Jakarta: Penerbit Prenhalindo.
Dewi, Sutrisna. 2007. Komunikasi bisnis. Andi ofseet : yogyakarta
Gozali, Iman. 2009. Ekonometrika Teori, Konsep dan Aplikasi dengan SPSS. 17. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.
Hasibuan, Melayu SP. 2005. Dasar-dasar Perbankan.Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Kasmir. 2002. Dasar-Dasar Perbankan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Kertajaya, Hermawan, 1999, “ Marketing Plus siasat memenagkan persainganglobal, PT. Gramedia Pustaka Utama P. 263
Kartajaya Hermawan, 2000. " Citra Perusahaan".
Kotler, Philip. 2005. Manajemen Pemasaran, Analisis Perencanaan, Implementasi, dan Pengendalian. Peterjemah Ancella Aniwa : Penebit Salemba Empat : Jakarta .
Philip Kotler, 2002, Manajemen Pemasaran, Edisi Millenium, Jilid 2, PT Prenhallindo, Jakarta
Hanif Mauludin (2004) Pengaruh Citra Merek Terhadap Kepuasan Pelanggan Dan Loyalitas Pelanggan (Survei Pada Konsumen Produk Busana Muslim Dian Pelangi Di Malaysia)
Lovelock, C.H dan Wright, L.K. 2007. Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Indeks.
Lupiyoadi, Rambat. 2001. Manajemen Pemasaran Jasa Edisi Teori dan Praktik Edisi Pertama : Jakarta : Salemba Empat.
Mital, Vikas, William T. Ross and Patrick M Baldasare, 1998, “The AsymetricImpact of Negative and Positive Attribute Level Performance on OverallSatisfaction and Repurchase Intentions, Journal of Marketing ,vol.62,pp.33-47.
Moh. Nazir. 2005, Metode Penelitian. Ghalia Indonesia. Bogor.
Mozaik Islam - Fiqih, Adab dan Budaya Islam © 2015
Nasution, S, 2008, Metode Research, Bina Aksara. Jakarta.
Nazir.2005. Metode Penelitian. Ghalia Indonesia : Bogor
Nurianto.2010. dasar-dasar pemasaran bank syariah : alfabeta : bandung
nadira artantie (2015), pengaruh komunikasi, kepercayaan, komitmen, dan penyelesaian masalah terhadap loyalitas nasabah (studi pada nasabah debitur pd. bpr tugu artha malang) dimana hasil penelitiannya hasil
Olorunniwo, F., Hsu, M.K., and Udo, G.P. 2006. Service Quality, Customer Satisfaction, and Behavioral Intentions In The Service Factory. The Journal of Service Marketing, vol. 20, No.1. pp. 59-72.
Riduwan, Kuncoro Achmad, 2011. Cara Mempelajari serta Memaknai Path Analysis, Alfabeta. Bandung.
Sarwono, Jonathan. 2012. Path Analysis, Elex Media Komputindo, jakarta.
Sekaran, Uma. 2006. Metpen Untuk manajemen Bisnis. Salemba Empat. Jakarta.
Sevilla, Consuelo G. et. al (2007). Research Methods. Rex Printing Company. Quezon City.
Singarimbun, Masri & Sofian Effendi, 2011. Metode Penelitian Survei, Edisi Revisi, LP3ES. Jakarta.
Singh, H. 2006. Pentingnya Kepuasan Pelanggan dalam Kaitannya dengan Loyalitas Pelanggan dan Retensi , Asia Pacific University College of Technology & Innovation Technology Park Malaysia, UCTI Working Paper, pp. 1-6.
Stanton, william j, (1991), fundanmental of marketing, Mc grow hill, USA
Sudaryono, 2012. Statistic Probabilitas. Teori dan Aplikasi, Andi. Yogyakarta.
Sugiyono. 2013. Metode penelitian bisnis : Alfabeta : bandung
Suhardi, G. 2006. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepercayaan dan Loyalitas Nasabah Perbankan di Surabaya, Jurnal Kinerja, Vol. 10, No. 1, hal. 50-56.
Tjiptono, Fandy. 2000. Manajemen Jasa : Andi Ofset : Yogyakarta.
Tjiptono, Fandy. 2001. Strategi Pemasaran Edisi Pertama : Andi Ofset : Yogyakarta.
Utomo, H. 2006. Menggapai Loyalitas Nasabah. (online), (www.mmugm.ac.id)
Authors send the manuscript with the understanding that if accepted for publication, the copyright of the article belongs to the authors and retains publishing rights without restriction