PENGEMBANGAN STRATEGI KOMUNIKASI DINAS PARIWISATA DAN KOMINFO DALAM MENINGKATKAT WISATAWAN DI AIR TERJUN PLETUK DESA JURUG SOOKO PONOROGO

  • M. Rifa’i Universitas Darussalam Gontor
  • Abdullah Universitas Darussalam Gontor
Keywords: Strategi Komunikasi, Dinas Pariwisata dan Komunikasi dan Informasi dan Air Terjun Pletuk

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui Pengembangan strategi komunikasi Dinas Pariwisata dan Kominfo dalam meningkatkan wisatawan di Air terjun Pletuk Desa Jurug Sooko Ponorogo; (2) Untuk mengetahui faktor-faktor penunjang dan penghambat dalam melaksanakan strategi komunikasi dalam meningkatkan wisatawan Di Air Terjun Pletuk desa Jurug Sooko Ponorogo. Tipe penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yakni dengan menyajikan data dalam bentuk deskripsi berupa naratif, kata-kata, ungkapan, pendapat dan gagasan yang dikumpulkan oleh peneliti dari beberapa sumber.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Dinas Pariwisata dan Kominfo melakukan strategi komunikasi dalam meningkatkan wisatawan di Air terjun Pletuk Desa Jurug Sooko Ponorogo. Strategi yang digunakan yaitu pengenalan khalayak, penyusunan pesan, penetapan metode dan penggunaan media. Adapun faktor yang mendukung strategi komunikasi yang dilakukan Dinas Pariwisata dan Kominfo yaitu adanya potensi wisata SDA Air terjun Pletuk Desa Jurug Sooko Ponorogo, perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, serta pertumbuhan ekonomi Desa Jurug Sooko Ponorogo. Selanjutnya faktor penghambat jalannya strategi komunikasi Dinas Pariwisata dan Kominfo Ponorogo yaitu kurangnya kesadaran masyarakat akan adanya pariwisata dan ketersediaan dana dan infrastuktur yang masih perlu di benahi.

References

Arifin, Anwar. 2004. Strategi Komunikasi . Bandung:Armieo

Cangara, Hafied. 2011. Pengantar Ilmu Komunikasi, Jakarta: Rajawali Pers ------------------. 2013. Perencanaan & Strategi Komunikasi. Jakarta: Rajawali Pers

Effendy, Onong Uchjana. 1992. Ilmu Komunikasi dan Praktek. Bandung: PT. Remadja Rosdakarya ----------------------------. 1981. Dimensi-Dimensi Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Eriyanto.2011. Analisis Isi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Kriyantono, Rachmat. 2010. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Muljadi A.J. 2009. Kepariwisataan dan Perjalanan. Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada.

Mulyana, Deddy dan Solatun. 2013. Metode Penelitian Komunikasi: Contoh-Contoh Penilitian Kualitatif Dengan Pendekatan Praktis. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya

Nurdiansyah. 2014. Peluang dan Tantangan Pariwisata Indonesia. Bandung: Alfabeta

Nuruddin.2008. Sistem Komunikasi Indonesia. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Rangkuti, Freedy. 2001. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis, PT. Gramedia Pustaka Utama: Jakarta

Romli, Khomsahrial. 2014. Komunikasi Organisasi Lengkap. Jakarta: PT.Gramedia Widiasarana Indonesia

Sitohang, Ranto. 2008.Promosi Kepariwisataan dan Peningkatan Jumlah Kunjungan Wisatawan. Skripsi Tidak Diterbitkan. Samosir: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sumatra Utara.

Soetriono & Rita Hanafie. 2007. Filsafat Ilmu dan Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Penerbit Andi Offset

Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2009 Tentang Kepariwisataan

Widyatmaja, I Gusti Ngurah. 2010. ‘Dilematisasi Positioning Pariwisata Nasional’. Jurnal Analisis Pariwisata. Vol 10/1: 56-61

Published
2019-05-08
Section
Articles