POLA KOMUNIKASI GURU DENGAN MURID AUTIS DALAM MENINGKATKAN BAKAT DAN INTERAKSI SOSIAL DI SLB YAYASAN BAHAGIA KOTA TASIKMALAYA

  • Ajeng Puspita Priantana
  • S. Bekti Istiyanto Universitas Jenderal Soedirman
Keywords: Kata Kunci : Pola Komunikasi Guru, Komunikasi Non Verbal.

Abstract

Proses komunikasi non-verbal di SLB Yayasan Bahagia menjadikan murid berinteraksi dan mengembangkan bakatnya. Penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana komunikasi yang terjadi antara guru dan siswa dalam mengembangkan bakat dan kreativitas anak autis. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif, pengambilan sampelnya menggunakan purposive sampling, untuk mengambil sampel dengan menetapkan guru sebagai informan, dengan menggunakan analisis interaktif meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dengan validitas data menggunakan triangulasi sumber untuk mempermudah dalam membandingkan data. Dari hasil penelitian, bahwa peran komunikasi guru sangat penting dalam membantu mengembangkan bakat dan interaksi siswa autis.

Author Biography

Ajeng Puspita, Priantana

Mahasiswa Magister Ilmu Komunikasi, Universitas Jenderal Soedirman

References

REFERENSI

Harapan, Edi., dan Syarwani Ahmad. 2014. Komunikasi Antarpribadi: PerilakuInsani dalam Organisasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Julijanti, Dinara., & Roziki Alfan. 2015. ‘Komunikasi Non Verbal Guru pada Murid Tunarungu Sekolah Dasar Luar Biasa Negeri Desa Keleyan Kecamatan Socah Kabupaten Bangkalan’. Jurnal Komunikasi. Vol 11/2: 169-176.

Liliweri, Alo. 2011. Komunikasi Antarpribadi. Bandung: Citra Aditya Bakti.

Mead, George Herbert. 2008. Pengantar Sosiologi Mikro. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Moleong, Lexy J. 2016. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Patilima, Hamid. 2013. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Pradipta, A.-D., Suryawati, I.-G., & Wijaya, N.-C. 2017. ‘Pola Komunikasi Guru di Yayasan Peduli Autisme Bali dalam Meningkatkan Interaksi Sosial Anak Autistik’. Jurnal Komunikasi. Vol 1/10: 1-14.

Ritonga, S., & Hasibuan, E.-J. 2016. ‘Komunikasi Interpersonal Guru dan Siswa dalam Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Autis di SLB Taman Pendidikan Islam (TPI) Medan’. Jurnal Simbolika. Vol 2/2: 188-199.

Soeprapto, Tommy. 2007. Pengantar Teori Komunikasi. Yogyakarta: Media Pressindo.

Somantri, Sutjihati. 2006. Psikologi Anak Luar Biasa. Bandung: PT. Refika Aditama

SUMBER LAIN :

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional pasal 32 ayat 1.

Published
2019-12-31