ANALISIS PENGARUH VLOG SEBAGAI ELECTRONIC WORD OF MOUTH, SOURCE CHARACTERISTICS TERHADAP TRUST DAN PURCHASE INTENTION
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh Vlog sebagai ElectronicWord of Moutht erhadap Trust, mengetahui dan menjelaskan pengaruh Vlog sebagai Electronic Word of Mouth terhadap Purchase Intention, mengetahui dan menjelaskan pengaruh Source Characteristics terhadap Trust, mengetahui dan menjelaskan pengaruh Source Characteristic sterhadap Purchase Intention serta bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh Trust terhadap Purchase Intention Penelitian ini adalah penelitian eksplanatori yaitu dengan pendekatan kuantitatif. Variabel penelitian ini adalah Vlog, Source Characteristics, Trust dan Purchase Intention. Kriteria populasi adalah Viewers yang telah menonton video channel Nex Carlos Kuliner Surabaya dan mengujungi objek dalam video tersebut serta membeli produk tersebut. Responden berusia minimal 17 tahun pertimbangan pemilihan umur tersebut dipilih karena telah memahami pertanyaan yang diajukan.Sampel penelitian ini sebanyak 115 responden yang diambil menggunakan kuesioner secara online. Analisis data adalah analisis deskriptif dan alat analisis menggunakan analisis jalur. Data diolah menggunakan SPSS23 for Windows. Hasilanalisisjalur (pathanalysis) menunjukan bahwa Vlog sebagai ElectronicWord ofMouth berpengaruh signifikan terhadap Trust, Vlogsebagai Electronic Word of Mouth berpengaruh signifikan terhadap Purchase Intention, Source Characteristics berpengaruh signifikan terhadap Trust, Source Characteristis berpengaruh signifikan terhadap Purchase Intentiondan Trust berpengaruh signifikan terhadap Purchase Intention.
References
Aprilia Agustina, Lidiya. 2014. “Online Review: indikator Penilaian Kredibilitas Online dalam Platform E-commerce. Jurnal Ilmu komunikasi. Vol 15. No. 2. Desember 2018.
Goldsmith, R.E. and Horowitz D. 2006. Measuring motivations for online opinion seeking.
Journal of Interactive Advertising, 6(2): 1-16 Henning-Thurau (2004).
Jansen, Z. 2009. Twitter power: tweets as electronic word-of-mouth. Journal of TheAmerican Society for Information Science and Technology, 60: 2169-2188 Kelman, H. 1961. Processes of Opinion Change. Public Opinion Quarterly, 25, 57-78.
Kotler, Philip. 2003. ManajemenPemasaranEdisi 11. Jakarta :IndeksKelompokGramedia
m.bisnis.com, 2017)
Peter, J.dan Jerry C. Olson. 2000. ConsumerBehavior Perilaku Konsumenand StrategiPemasaran. Edisi Keempat. Terjemahanoleh Damos Sihombing. Jakarta: Erlangga
Schiffman. K. 2004. Perilaku Konsumen. Terjemahan Zoelkifli Kasip. Jakarta: PT. Indeks Suwarduki, P, Y., Yulianto, E., Mawardi, M, K. 2016. Pengaruh Electronic Word of Mouth
Terhadap Citra Destinasi serta dampaknya pada Minat and Keputusan Berkunjung: Survei pada Followers Aktif Akun Instagram Indotravel yang telah Mengunjungi Destinasi Wisata di Indonesia. Jurnal AdministrasiBisnis, 37(2): 1-8
Tatik Suryani. 2013. Perilaku Konsumen di Era Internet Implikasinya pada Strategi Pemasaran (Cetakan Pertama). Yogyakarta : Graha Ilmu
Internet
Anonim. 2018. Support Google. Diakses pada tanggal 19 Juni 2018 dari https://support.google.com/adsense/answer/ 9712?hl=id
Copyright (c) 2019 JURNAL HERITAGE

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors send the manuscript with the understanding that if accepted for publication, the copyright of the article belongs to the authors and retains publishing rights without restriction