MANAJEMEN SPECIAL EVENT LANGGAM KAHYANGAN 2017 OLEH SUARA DISKO

  • Deyuri Aprilly Pertiwi Universitas Padjajaran Bandung
  • Susie Perbawasari Universitas Padjajaran Bandung
  • Heru Ryanto Budiana Universitas Padjajaran Bandung
Keywords: Manajamen special, Suara Disko, Langgam Kahyangan

Abstract

Judul penelitian ini adalah, “Manajemen Special Event Langgam Kahyangan 2017 oleh Suara Disko”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses manajemen special event Langgam Kahyangan yang diselenggarakan oleh komunitas Suara Disko, yakni riset, desain, perencanaan, koordinasi dan evaluasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi deskriptif, dengan paradigma positifisme. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, studi pustaka dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Suara Disko menerapkan manajemen special event dalam pelaksanaan Langgam Kahyangan 2017. Tahap riset yakni dengan FGD dan fact finding di media sosial instagram mengenai penyanyi yang sedang digemari oleh milenial, tahap desain dengan mendesain tema dan konsep, dekorasi dan artistik venue acara, lighting dan publikasi. Tahap perencanaan dengan penetapan tujuan, waktu, tempat, pengisi acara, jadwal latihan antara para talent dengan main talent, konten acara, rundown, sponsor, media partner, dan publikasi. Tahap koordinasi dilakukan secara digital melalui group chat whatsapp untuk pihak internal Suara Disko dan group chat line untuk pihak eksternal seperti volunteer, telepon, dan email untuk rekan - rekan media. Tahap evaluasi dilakukan internal Suara Disko hanya berbentuk informal dengan cara bercerita - cerita dan tidak menghasilkan laporan tertulis. Simpulan dari penelitian ini adalah Suara Disko sebagai penyelenggara Langgam Kahyangan sudah cukup baik melaksanakan manajemen special event meskipun di beberapa tahapan terdapat kekurangan, namun acara berjalan sesuai dengan perencanaan. Saran dari penelitian ini adalah sebaiknya panitia penyelanggara melakukan riset kuantitatif, lalu pada proses desain sebaiknya melakukan mind mapping, perencanaan sebaiknya panitia penyelenggara menambahkan waktu persiapan acara. Pada evaluasi sebaiknya panitia melakukan survey terkait kepuasan penonton terhadap acara.

References

Tobing, Chintia Melva. 2017. Manajemen Special Event Melalui Customer Gathering AJB Bumiputera 1912 Bandung. Universitas Padjadjaran.
Aulia, Syahidatia Chairunissa. 2017. Manajemen Special Event HUTTEL 62 oleh SMA Negeri 3 Jakarta. Universitas Padjadjaran.
Rahayu, Dian Permata. 2013. Manajemen Special Event LOOKATS Market 2013 Oleh Lookats Project Dalam Upaya Meningkatkan Image Local Brand. Universitas Padjadjaran.
Kose, H., Argan, M. T., & Argan, M. 2011. Special event management and event marketing: A case study of TKBL all star 2011 in Turkey. Journal of Management and Marketing Research, 8.
Hartono, Nugroho Ajie. 2015. Manajemen Special Event Jakarta Goes Pink 2015 oleh Lovepink Indonesia. Universitas Padjadjaran.
Published
2020-02-22
Section
Articles