Implementasi Metode Scamper Dalam Produksi Program Budaya Di TVRI Surabaya
Abstract
Metode scamper adalah teknik pemecahan masalah kreatif yang dapat diterapkan di berbagai industri, termasuk pra-produksi siaran TV. Metode ini melibatkan mengajukan serangkaian pertanyaan berdasarkan tujuh bidang penyelidikan yang berbeda: pengganti, menggabungkan, beradaptasi, memodifikasi, memanfaatkan, menghilangkan, dan membalikkan. Dengan menggunakan metode ini, tim dapat menghasilkan ide -ide baru dan membuat perbaikan pada yang sudah ada. Dalam fase pra-produksi siaran TV, metode scamper dapat digunakan untuk meningkatkan kreativitas dan efisiensi proses. Sebagai contoh, tim dapat mengganti teknik pembuatan film tradisional dengan teknologi baru, menggabungkan genre atau alur cerita yang berbeda untuk membuat pemrograman yang unik, mengadaptasi skrip yang ada agar sesuai dengan audiens yang berbeda, memodifikasi desain set untuk lebih mencerminkan suasana hati yang dimaksud, menempatkan peralatan untuk penggunaan lain untuk digunakan untuk menggunakan ke dalam rangka Hemat sumber daya, hilangkan langkah -langkah yang tidak perlu dalam proses produksi, dan membalikkan peran atau perspektif konvensional untuk menambahkan dimensi baru ke konten. Metode ini telah diimplementasikan di TVRI Surabaya. Secara keseluruhan, metode scamper adalah alat yang berharga yang dapat membantu tim pra-produksi siaran TV menghasilkan ide-ide segar dan merampingkan alur kerja mereka, menghasilkan pemrograman berkualitas tinggi yang memikat pemirsa.
References
Hasbiansyah, O. (2008). Pendekatan Fenomenologi: Pengantar Praktik Penelitian dalam Ilmu Sosial dan komunikasi. Mediator: Jurnal Komunikasi, 9(1).
Hawa, S., & Yosef, Y. (2019). Aplikasi Metode Scamper Dalam Pengembangan Desain Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Matematika, 13(2), 143–152. https://doi.org/10.22342/jpm.13.2.6749.143-152
Purwanto, Lestari, P., & Wahyudin, A. (2019). Evaluasi Pelaksanaan Digitalisasi Penyiaran Di LPP TVRI Stasiun Jakarta. Jurnal Heritage, 7(2). https://doi.org/https://doi.org/10.35891/heritage.v7i2.1797
Sari, R., & Mubaligh, A. (2019). Scamper Sebagai Strategi Menulis Kreatif Bahasa Arab Abad 21. Arabi : Journal of Arabic Studies, 4(2), 178–187.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Susilowati, & Wahyudin, A. (2021). Implementasi Produksi Program Acara “Teknotani” di LPP TVRI Yogyakarta. Jurnal Heritage, 9(1), 1–20. https://doi.org/https://doi.org/10.35891/heritage.v9i1
Televisi Republik Indonesia TVRI. (n.d.). Retrieved April 25, 2021, from http://tvri.go.id/about/visimisi
Wulandari, Y. (2021). ANALISIS STRATEGI PENGARAH ACARA PROGRAM HIBURAN DI. 19(3), 296–308.
Copyright (c) 2023 Sri Hastuti, Joehananto Djoko Teguh Widodo, Purwanto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors send the manuscript with the understanding that if accepted for publication, the copyright of the article belongs to the authors and retains publishing rights without restriction