Penerapan Alur Campuran Dalam Penulisan Naskah Feature Televisi “Interaksi” Edisi “Kopi Keliling”

  • Kusumo Gambriyanto Sekolah Tinggi Multi Media "MMTC" Yogyakarta
  • Annisa Nuralifa Amalia Sekolah Tinggi Multi Media Yogyakarta
  • Susilawati Sekolah Tinggi Multi Media Yogyakarta
Keywords: Alur Campuran, Feature Televisi, Kopi Keliling

Abstract

Komoditas kopi memegang peranan penting bagi sumber pendapatan devisa negara dan sumber penghasilan bagi tidak kurang dari satu setengah juta jiwa petani kopi di Indonesia. Program Feature Televisi “Interaksi” Edisi “Kopi Keliling”, menerapkan alur campuran sesuai yang telah direncanakan Bersama tim. Tujuan karya dengan format feature wawancara ini mengandung visual dan juga audio yang dikemas dengan ringan. Metode yang  merupakan metode kualitatif dengan menerapkan alur campuran pada penulisan naskah dengan diisi narasumber yang memiliki kapabilitas terhadap topik terkait. Alur campuran merupakan gabungan antara alur cerita maju dan munduryang akan menyuguhkan peristiwa yang dimulai dari tengah cerita. Penerapan alur campuranpun bergantung pada pertanyaan-pertanyaan yang akan diberikan kepada narasumber. Dengan menerapkan metode ini maka didapat tayangan yang informatif, mengedukasi, dan juga menarik bagi audien

References

Rosmadi, M. L. 2014. “Industri Kreatif Dalam Menghadapi Pasar Bebas Asean Tahun 2015”. Jurnal Wawasan Hukum, 30(1), 97.

Shofa, I., & Nugroho, D. 2018. “Pertumbuhan dan Strategi Pengembangan Ekonomi Kreatif Kota Malang”. Jurnal Pangripta, 1(1), 75.

Haerisma, A. S. 2018. “Pengembangan Ekonomi Kreatif Bidang Fashion Melalui Bauran Pemasaran”. Jurnal Al-Amwal, 10(1), 92.

Sadilah, E. 2010. “Industri Kreatif Berbasis Ekonomi Kreatif”. Jurnal Jantra, V(9), 720.

Ningsih, C. 2014.”Sinergitas Industri kreatif Berbasis Pariwisata Dengan Strategi Pembangunan Industri Nasional Menuju Globalisasi”. Jurnal Manajemen Resort & Leisure, 11(1), 59.

Ahmed, M., & Zahid, Z. 2014.” Role of Social Media Marketing to Enhance CRM and Brand Equity in Terms of Purchase Intention”. Asian Journal of Management Research, 4(3), 546.

Pane, E. 2014. “Tingkat Adopsi Media Sosial Sebagai Sarana PemasaranProduk Industri Kecil dan Menengah”. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Komunikasi dan Informatika, 5(1), 13.

Rahardjo, P. 2012. KOPI: Panduam Budi Daya dan Pengolahan Kopi Arabika dan Robusta. Jakarta: Penebar Swadaya.

Zarella, D. 2010. The Social Media Marketing Book. USA: Oreilly Media.

Kuswandi,W.1996.Komunikasi Massa Sebuah Analisis Media Televisi.Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Sony Set.2008.Menjadi Perancang Program TV Profesional .Yogykarta: Andi Offet.

Charnley, M.V.1985.Reporting.New York: Rinehart & Winston Publ.

Fachruddin, A. 2012. Dasar-dasar Produksi Televisi (Produksi Berita, Feature, Laporan Ivestigasi, documenter, dan Teknik Editing). Jakarta: Kencana Prenada Media Grup

Suprapto, T. 2013. Berkarier di Bidang Broadcasting. Yogyakarta: CAPS (Center of Academic Publishing Servive).

Moleong, L. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Regina, Helsa.2018. Pembuatan program televisi feature berbasis internal rhythm berjudul semanggi surabaya.program sarjana terapan stikom Surabaya

Serafica, G. (2022, 18 June). Penulis Sekenario: Pengertian, Peran, dan Langkah-langkahnya.Kompas Media. Retrieved January 30, 2023, from https://www.kompas.co.id.

Husen, M. (2022, 12 January). Sinopsis Adalah Ringkasan Singkat, Ini Penjelasannya. Kata Data. Retrieved January 30, 2023, from https://www.katadata.co.id
Published
2023-06-28