MODEL KOMUNIKASI POLITIK HOMOHETEROFILI DALAM PROYEK SUMBER AIR UMBULAN
Abstract
Berlarutnya pelaksanaan proyek pembangunan SPAM Umbulan ditengarai akibat adanya kesalahan daripemerintah sebagai pembuat kebijakan dan pengambil keputusan dalam memilih model komunikasi
politik. Selama kurang lebih 45 tahun, pemerintah melakukan komunikasi politik searah menggunakan
model homofili yang bersifat atas-bawah (Top down). Pada saat pendekatan ini digeser dari model
komunikasi homofili vertikal internal ke model homofili horisontal internal hasilnya justru berbeda
karena lima pemerintah daerah yang terkait dengan proyek SPAM Umbulan yaitu: Kabupaten Pasuruan,
Kota Pasuruan, Kabupaten Sidoarjo, Kota Surabaya dan Kabupaten Gresik yang masing-masing sejajar
hirarki birokrasinya (Pemerintah kabupaten dan kota) pada kenyataannya saling mempertahankan
kepentingannya sendiri. Akibatnya terjadi konflik kepentingan di internal pemerintah daerah, khususnya
menyangkut konpensasi bagi hasil dari proyek tersebut. Konflik ini kemudian dapat diredam melalui
model komunikasi homofili vertikal internal melalui intervensi kebijakan dari pemerintah pusat atau
hirarki birokrasi yang lebih tinggi. Namun model komunikasi politik ini, sempat ditolak oleh kalangan
eksternal termasuk masyarakat dan para politisi di DPRD Jawa Timur. Untuk mencapai keseimbangan
dalam melakukan komunikasi politik, maka perlu adanya pendekatan campuran dengan memadukan
model komunikasi politik yang bersifat bawah-atas (Bottom-up) yaitu komunikasi politik model heterofili
horisontal eksternal yang melibatkan kelompok kepentingan (Stakeholders) secara lebih luas, terbuka dan
dapat dipertanggungjawabkan seperti melalui Musrenbang tingkat desa sampai nasional. Selain itu perlu
juga pendalaman komunikasi politik melalui FGD dengan melibatkan para ahli dari perguruan tinggi
(PTN/PTS). Dengan demikian, maka dapat diperoleh sintesa baru yaitu kombinasi komunikasi politik:
model homofili-heterofili (Homoheterofili), vertikal-horisontal, dan internal-eksternal.
References
Nimmo, Dan. 2001. Komunikasi Politik.Khalayak dan Efek. Bandung, PT Remaja Rosdakarya.
Media Sosial
Anwar Arifin dalam Komunikasi Politik.Filsafat, Paradigma, Teori, Tujuan, Strategi dan Komunikasi Politik Indonesia.(http://geogleweblight.com/?lite_url=http://kompol8.blogspot.com/2015/11.
Beritajatim.com. Mega Proyek Umbulan,Pemkot Pasuruan Kini Melunak
(http://m.beritajatim.com/politik_pemerintah an/261371. Senin, 7 Maret 2016).
Kominfo.jatimprov.go.id. Tahun 2017 Konstruksi SPAM Umbulan Dimulai
(kominfo.jatimprov.go.id/read/umum/tahun2017-kosntruksi-spam-umbulan-dimulai. 3 Januari 2017).
Koransindo.com. Proyek Umbulan Belum
Disetujui DPRD Jatim (koran-sindo.comnews, 13 Mei 2016). Pasuruan.info. Rubrik seputar pasuruan. Karnop Tolak Mega Proyek Mata Air
Umbulan. (www.pasuruan.info. 6 Maret 2011).
Pojokpitu.com. Proyek Umbulan Diindikasi Mencekik Warga Jatim.
(http://m.pojokpitu.com/baca.php?idurut=27775. 26 Mei 2016).
PU.net. Perjanjian Pembiayaan Proyek SPAM Umbulan Ditandatangani Hari Ini.(Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia,http://www.pu.go.id/m/main/view/12068. 30 Desember 2016).
Surabayatimes.com.Delapan Fraksi DPRD Jatim Hadang Proyek SPAM Umbulan (m.surabayatimes.com, 30 Mei 2016).
Authors send the manuscript with the understanding that if accepted for publication, the copyright of the article belongs to the authors and retains publishing rights without restriction