STRATEGI KOMUNIKASI BISNIS ORKES MELAYU DANGDUT KOPLO DI JAWA TIMUR

  • Siti Muyasaroh,S.Sos.,M.I.Kom
  • Faris ,S.Sos.,M.Med.Kom
Keywords: Komunikasi Bisnis, Dangdut Koplo

Abstract

Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pola komunikasi bisnis Dangdut Koplo saat
ini, yang nantinya dapat menjadi acuan analisis dan pemetaan komunikasi bisnis Dangdut Koplo.
Mengukur efektivitas komunikasi bisnis dalam memasarkan Dangdut Koplo.Memberikan usulan
sekmentasi pasar baru Dangdut Koplo untuk mengantisipasi kontoversi keberadaan Dangdut Koplo
saat ini diProvinsi Jawa Timur.
Dengan kotroversi keberadaan Dangdut Koplo yang ada dan minat masyarakat dalam
menikmati Dangdut Koplo, mulai dari anak-anak, remaja, dewasa sampai orangtua tentunya dapat
menjadikan peluang sekmentasi pasar yang lebih luas dan tidak mengebiri nilai-nilai moral budaya
ketimuran yang melekat pada Dangdut Koplo.
Untuk lebih dapat mengamati bagaimana komunikasi pelaku bisnis Dangdut Koplo di Jawa
Timur, kami akan menggunakan metode penelitian kualitatif diskriptif. Mengingat objek penelitian
pelaku utama bisnis yang tidak terlalu banyak namun menyebar di Jawa Timur. Dengan model ini
diharapkan dapat menjelaskan dengan detail bagaimana komunikasi bisnis Dangdut Koplo,
sehingga dengan penggambaran ini dapat menghasilkan kualitas penelitian yang mendalam.
Dari hasil analisis dapat di simpulkan bahwa indutri kreatif dikalangan masyarakat klas
bawah sebetulnya pasarnya sangat menjanjikan jikalau pemerntah daerah sadar betul dalam
membina dan mengarahkan para pekerja seni ini, para orkes melayu ini strategi komunikasi bisninya
rata-rata masih mengandalakan dari mulut-ke mulut dan jarang dari mereka yang benar serius
melakukan konsep komunikasi pemasaran musik dangdut koplony, pola komunikasi rata dari mereka
masih bertipe roda yaitu masih dikendalikan dengan satu poros, sedang segmentasi dari para orkes
malayu dangdut koplo ini kalangan anak muda hanya saja tiidak digarap dengan serius hanya
bebrapa saja yang membentuk komunitas-komunitas guna menjalin hubungan dengan penggemarpenggemar orkes malayu

References

Lewis,D,Richard. Komunikasi Bisnis Lintas Budaya. 2005, Rosda, Bandung

Panuju, Redi. Komunikasi Bisnis, 200.Pt.Gramedia Pustaka Utama, Jakarta

Prisgunanto, Ilham. Komunikasi Pemasaran strategi dan prkatek.2006. Ghaila Indonesia, Bogor

Rakhmad, Jalaludin. Metodologi Penelitian Komunikasi. 2005,Rosda, Bnadung.

Thill, Bovee. Komunikasi Bisnis Jilid 1. 2007.Indeks, Jakarta

Pupu Saeful Rahmad, Jurnal Equilibrium, Vol 5. No 9, Januari – Juni 2009

Yuyus Suryana, Jurnal Universitas Widya Tama Vol.6.No 3 Februari 2005 ISSN:1693-8305

www.beritajatim.com

www.pammi.co.id

www.wikipedia.com

http://wajburni.wordpress.com

Published
2017-01-01