PENGARUH KARAKTERISTIK PERUSAHAAN TERHADAP PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY PADA PERUSAHAAN FOOD & BEVERAGE YANG LISTING DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) PERIODE 2009-2013
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Karakteristik Perusahaan yang diproksikan dengan pertumbuhan perusahaan, leverage, profitabilitas dan ukuran perusahaan terhadap Corporate Social Responbility yang diukur dengan item 79 CSR pada Perusahaan Food And Beverage yang listing di BEI periode 2010-2013.
Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Purposive Sampling dan sampel yang digunakan adalah 9 Perusahaan Food And Beverage yang listing di BEI periode 2009 - 2013 yang sudah dipublikasikan laporan keungannya periode 2009-2013. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji asumsi klasik dan regresi linier berganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variable Growth dan Size berpengaruh positif signifikan terhadap Corporate Social Responbility Sedangkan variabel profitabilitas dan Leverage berpengaruh negative tidak signifikan terhadap Corporate Social Responbility.References
Ahmad, Kamaruddin . Akuntansi Manajemen; Dasar-dasar Konsep Biaya dan Pengambilan Keputusan , Jakarta; Raja Grafindo, 2007
Arief, Sugiono. Manajemen Keuangan. Jakarta: PT GramediaWidiasarana Indonesia, 2009
Ghozali, Imam. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPS.Semarang :Badan Penerbit Undip, 2009
Hadi, Nur. Corporate Social Responsibility edisiPertama.Yogyakarta :GrahaI lmu, 2011
Hanafi, Mamduh. Manajemen Keuangan. Yogyakarta : BPFE, 2004
Harmaizar Z, Menggali PotensiWirausaha, Bekasi: CV Dian Anugerah Prakasa, 2006.
Mardiyanto, Handono. Intisari Manajemen Keuangan, PT Grasindo : Jakarta, 2009
Nawawi, H. Perencanaan Sumber Daya Manusia : Untuk Bisnis yang Kompetitif, Yogyakarta: Penerbit Gadjah Mada University Press, 2010
Rudito, Bambang dan Familoa, mella: CSR Corporate Social Responsibility, Bandung: rekayasa sains, 2013Purwoto, Agus : Panduan Laboratorium Statistik Inferensial Jakarta : PT Gramedia Widiasarana Indonesia, 2007
Saepul, Hamdi, Asep & Bahrudin: E. Metode Penelitian Kuantitatif Aplikasi Dalam Pendidikan, Yogyakarta : CV Budi Utama, 2014
Sawir, Agnes : Kebijakan Pendanaan Dan Restrukturisasi Perusahaan, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 2005
Soegoto, Eddy Soeryanto: Marketing Research; The Smart Way To Solve A Problem, Jakarta : PT. Alex Media Komputindo, 2008
Sutrisno. Manajemen Keuangan Teori, Konsep, dan Aplikasi, Yogyakarta : EKONISIA, 2007
Utami, Sri & Dwi, Sawitri, Prastiti. 2011. Pengaruh Karakteristik Perusahaan terhadap Social Disclosure Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia 2006-2008.UniversitasNegeri Malang
Wijaya, Maria. 2012 .Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia 2008-2011. Jurnal Ilmiah Vol. 1 No. 1
Authors send the manuscript with the understanding that if accepted for publication, the copyright of the article belongs to the authors and retains publishing rights without restriction