Main Article Content

Abdul Wahid
Perusahaan ini membidangi produk makanan ringan  yang mana perusahaan sehati ini sebagai perusahaan yang memproduksi krupuk dituntut untuk dapat memberikan  kualitas  yang  terbaik  seperti  yang  diharapkan  konsumen,  agar  konsumenmendapatkan kepuasan dan tidak beralih ke produk lain. Oleh kaerna itu metode yang digunakan untuk mengupayakan kualitas dari krupuk adalah dengan Quality Function Deployment (QFD).Dalam penelitian ini QFD digunakan  untuk  mencoba menganalisa kualitas  dari  produk   di perusahaan. Untuk dapat mengetahui harapan konsumen maka digunakan sebagai kuisioner. Selanjutnya ditentukan derajat kepentingan, tingkat kepuasan konsumen, rasio perbaikan , nilai target, sales point, normalisasi bobot, serta penentuan parameter teknik dan interaksinya.  Setelah melakukan pengolahan data maka diperoleh 14 atribut yang dianggap penting oleh konsumen, dan 7 langkah serta strategi yang harus dilaksanakan perusahaan. Atribut yang dianggap paling penting adalah standarisasi mutu dari bahan baku.