PEMBENTUKAN SIFAT ZUHUD DI PONDOK PESANTREN JAMPES

  • Lailatul Maskhuroh STIT Al Urwatul Wutsqo
  • Khudriyah Khudriyah STIT Al Urwatul Wutsqo
  • Ali Musthofa STIT Al Urwatul Wutsqo
Keywords: Zuhud, Pondok Pesantren Jampes

Abstract

Maqam zuhud merupakan maqam yang paling dominan dalam kehidupan para sufi, karena umumnya pola hidup mereka cenderung meninggalkan dunia. Dalam sejarah munculnya aliran-aliran tasawuf di dunia Islam, aliran zuhud boleh dibilang embrio kelahirannya, yang sudah timbul sejak awal abad kedua hijriyah.

Di Kediri Jawa Timur terdapat banyak pondok salaf yang memiliki keunikan dalam operasionalnya.  pondok tersebut adalah pondok pesantren Jampes.  pondok ini berdiri tahun 1891. Pada awalnya pondok ini memiliki santri yang banyak sekitar 1500 santri, namun saat ini pondok tersebut mengalami penurunan yang sangat drastis yaitu pondok Jampes memiliki 140 santri. Akan tetapi penurunan tersebut tidak menjadi permasalahan bagi pengasuh pondok tersebut, karena kedua   pondok ini lebih mengutamakan kualitas dari pada kuantitas, yang mana tujuan utama pembelajaran di kedua pondok tersebut adalah mencetak santri menjadi pribadi yang zuhud.

Pendekatan dan jenis penelitian ini adalah kualitatif fenomenologis. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: bagaimana proses pembentukan pribadi santri yang zuhud di pesantren Jampes?

Pembentukan sifat zuhud di pondok pesantren al-Ikhsan Jampes kediri dengan mempelajari kitab siraj al-Thalibin dan tafsir Jalalin yang di dukung oleh kitab-kitab lain yang di pelajari di pondok tersebut karena inti dari siraj al-Thalibin ialah menata hati dalam menyikapi dunia.

References

Abu ala afifi” Littashawwuf Fil Islam” Kairo: 1388.
Al Ghazali, ihya ulum ad-din, jilid IV, 15-16
Amin Haedari. Masa Depan Pesantren dalam Tantangan Modernitas dan Tantangan Komplesitas Global (Cet. I; Jakarta: IRD Press, 2004).
Amin Syukur. Menggugat Tasawuf, Yogyakata : Pustaka Pelajar.
Amin Syukur. Menggugat Tasawuf, Yogyakata : Pustaka Pelajar.
Amin Syukur.Zuhud di Abad Modern, Pustaka Belajar, 2000.
Dedi Supriyadi , M.Ag., 2008. Usman Said, et al, Pengantar Ilmu Tasawuf, Proyek Pembinaan Perguruan Tinggi Agama Institut Agama Islam Negeri Sumateta Utara Medan, 1981, 104 lihat M. abu bakar al Kalabazy “ Ta’aruf li madzahibi ahl al Tashawwuf” (Mesir : Maktabah Tsaqafah al dunya), 7
Direktorat Jenderal Pembinaan Kelembagaan Agama Islam. 2004. Profil Pondok Pesantren Mu’addalah Cet. I; Jakarta: Direktorat Pendidikan Keagamaan dan Pondok Pesantren Departemen Agama.
Ibn Athaillah al askandari , cet: 2, (Kairo : Maktabah Injelo Mishriyyah, 1969), 12
Nata Abudin. 2009. Akhlak Tasawuf. Jakarta: Rajwali Press
Ramadhan syahrul. 2010. Kamus Ilmiah Populer. Jakarta: Persada.
Syek h Muhammad ikhsan, siroj al tholibin, Kairo : al Bannaiyah.
Syek h Muhammad ikhsan, siroj al tholibin, Kairo: al Bannaiyah.
Wawancara dengan bapak Qurtubi, hari Minngu 20 Maret 2016, jam 09.00
Yunus dalam Syukur . Zuhud di Abad Modern. Pustaka Pelajar, 2000.
Published
2019-01-05
How to Cite
Maskhuroh, L., Khudriyah, K., & Musthofa, A. (2019). PEMBENTUKAN SIFAT ZUHUD DI PONDOK PESANTREN JAMPES. AL MURABBI, 4(1), 67-86. Retrieved from https://jurnal.yudharta.ac.id/v2/index.php/pai/article/view/1306
Section
Artikel