Main Article Content

bagus malik alindra
Munawir

Assessments are a common activity in the educational process. Assessments have a qualitative function in knowing the learning process experienced by students. Therefore, the assessment process is very necessary in education to measure the ability of students to absorb the learning process. The purpose of this study was to analyze the efforts of the management of the Qiro’ati adult education institution in forming a cadre of teachers for students in Tambakrejo Waru Sidoarjo. This study used a qualitative method with a descriptive approach. The object of this study is LPD Qiro’ati Tambakrejo Waru Sidoarjo. The informant of this study was the two informers, the builder and the chairman of LPD Qiro 'ati. The result of this study showed is an adjustment between the vision and the mission of the builder LPD and the chairman of the LPD in assessing the progress of students in each volume to the final stage, namely the examination process (tashih).


Keywords: Adult Education, Assesments, Teacher Cadre, Qiroa’ti
Adi Wijaya, Sumarno, ‘Evaluasi Dampak Pendidikan Dan Pelatihan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Guru Matematika Di Pppptk Matematika Yogyakarta’, Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 21.2 (2017), 127–41
Andriyani Dea Wulandari, Risya Pramana Situmorang, Lusiawati Dewi, ‘Evaluasi Pelaksanaan Penilaian Autentik Pada Pembelajaran Ipa Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas Viii Smp Negeri 3 Salatiga’, Jurnal Pendidikan Sains (Jps), 06.1 (2018), 34–46
Arsyad, Salahuddin, ‘Hubungan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Dan Minat Belajar Siswa Dengan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam’, Edukasi: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 16.2 (2018), 179–90
Arthur, Riyan, ‘Evaluasi Program Diklat Karya Tulis Ilmiah Untuk Widyaiswara Pusbangtendik Kemdikbud’, Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 22.1 (2018), 35–48
Asrul, Rusydi Ananda, Rosnita, Evaluasi Pembelajaran, 1st Edn (Citapustaka Media, 2014)
Ayatullah, ‘Penggunaan Metode Qiroati Dalam Menunjang Pembelajaran Al-Qur’an Di Pondok Pesantren Arrahmaniyah’, Edisi: Jurnal Edukasi Dan Sains, 2.3 (2020), 449–68
Badrun Kartowagiran, Amat Jaedun, ‘Model Asesmen Autentik Untuk Menilai Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Pertama (Smp): Implementasi Asesmenautentik Di Smp’, Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 20.2 (2016), 131–41
Baharun, Hasan, ‘Penilaian Berbasis Kelas Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Madrasah’, Modeling: Jurnal Program Studi Pgmi, 3.2 (2016), 205–16
Guefera, Rahmat Lutfi, ‘Kajian Teoritik Evaluasi Pembelajaran Agama Islam’, Jurnal Paramurobi, 3.2 (2020), 27–42
Herman, Uus, And Maslani Rochman, Chaerul, ‘Model Evaluasi Ketercapaian Kompetensi Dasar Qur’an Hadis Berbasis Kognitif Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam’, Jurnal Inovasi Pembelajaran, 6.2 (2020), 136–48
Khoirul Bashooir, Supahar, ‘Validitas Dan Reliabilitas Instrumen Asesmen Kinerja Literasi Sains Pelajaran Fisika Berbasis Stem’, Jurnal Pendidikan Dan Evaluasi Pendidikan, 22.2 (2018), 219–30
Kusairi, Sentot, ‘Analisis Asesmen Formatif Fisika Sma Berbantuan Komputer’, Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 3, 2012, 68–87
L, Idrus, ‘Evaluasi Dalam Proses Pembelajaran’, Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9.2 (2019), 920–35
Lestari, Puji, And Heni Nafiqoh, ‘Pengembangan Kecerdasan Emosi Anak Usia Dini Kelompok Bermain Cikal Gemilang (5-6 Tahun) Dengan Metode Qiroati’, Jurnal Ceria, 1.4 (2018), 26–31
Mahdiansyah, ‘Evaluasi Pelaksanaan Sistem Penilaian Hasil Belajar Siswa (Studi Kasus Di Enam Kota)’, Jurnal Penelitian Kebijakan Pendidikan, 11.2 (2018), 48–63
Nurani, Hesti, Filia Prima Artharina, And Kiswoyo, ‘Analisis Pelaksanaan Penilaian Kognitif Berbasis Kurikulum 2013 Sabiul Ulum Mayonglor Kabupaten Jepara’, Indonesian Journal Of Educational Research And Review, 2.2 (2019), 172–81
Nurmalisa, Yunisca, Ana Mentari, And Rohman, ‘Peranan Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Membangun Civic Conscience’, Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori Dan Praktik Pkn, 07.1 (2020), 34–46
Oman Faturohman, Umi Kultsum, ‘Penerapan Dan Efektivitas Metode Qiro’ati Dalam Mengoptimalkan Kemampuan Baca Alqurân (Studi Di Smp Islam Terpadu Al-Masykar Bina Insani Waringinkurung)’, In Batusangkar International Confrence, 2020, Pp. 273–86
Rahman, Luthfi Zihni, ‘Upaya Meningkatkan Mutu Lembaga Pendidikan Islam Melalui Sistem Akreditasi Dalam Perspektif Total Quality Management (Tqm) Di Sd Muhammadiyah Karangbendo Bantul’, Intelektual, 10.2 (2020), 201–15
Ratnawati, Diah Arum, ‘Penggunaan Instrumen Penilaian Afektif Dalam Pembelajaran Pai Di Sman 1 Yogyakarta’, Pendidikan Agama Islam, X.1 (2013), 119–30
Rina Melly Suciwati, Nurhaida, Linda Vitoria, ‘Pelaksanaan Penilaian Hasil Belajar Siswa Pada Sub Tema Hidup Rukun Dengan Teman Bermain Di Kelas Ii Sdn 14 Banda Aceh’, Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2.1 (2017), 59–72
Saipul Wakit, Dini Agustin, ‘Pelatihan Pembelajaran Al- Qur ’ An Dengan Menggunakan Metode Qiro ’ Ati Di Madrasah Diniah Darul Ulum Mumbulsari Jember’, Jurnal Pengabdian Masyarakat Ipteks, 6.1 (2020), 28–33
Septimar Prihatini, Djemari Mardapi, Sutrisno, ‘Pengembangan Model Penilaian Akhlak Peserta Didik Madrasah Aliyah’, Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 770.4 (1966), 347–68
Setiadi, Hari, ‘Pelaksanaan Penilaian Pada Kurikulum 2013’, Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 20.2 (2016), 166–78
Setiani, Fatimah, ‘Pengembangan Asesmen Alternatif Dalam Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Realistik Di Sekolah Dasar’, Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 2, 2011, 250–68
Solichin, M Muchlis, ‘Pengembangan Evaluasi Pendidikan Agama Islam Berbasis Ranah Afektif’, Tadris, 2.1 (2007), 76–91
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D, 19th Edn (Bandung: Alfabeta, 2013)
Trie Hartiti Retnowati, Djemari Mardapi, Badrun Kartowagiran, Suranto, ‘Model Evaluasi Kinerja Dosen: Pengembangan Instrumen Untuk Mengevaluasi Kinerja Dosen’, Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 21.2 (2019), 206–14
Windaningrum, Fadillah, ‘Analisis Relevansi Visi, Misi, Tujuan, Dan Kurikulum Antara Smkn 1 Kedawung Sragen Dan Smk N 1 Bawen Semarang’, Al-Islah: Jurnal Pendidikan Islam, 17.2 (2019), 123–40
Yunus, Muhammad, ‘Pesantren Sebagai Lembaga Pendidikan Islam Asli Indonesia’, Edification, 1.1 (2019), 111–18