Main Article Content

Thoriq Aziz Jayana

artikel ini mengkaji tentang konsep belajar dalam pandangan Anwar Muhammad al-Syarqawi dan Albert Bandura terkait konsep belajar. Kedua tokoh bisa diklasifikasikan ke dalam neo-behaviorisme, yang memandang perilaku bukan sebatas interaksi stimulus-respon, namun terdapat hal yang lebih kompleks yang mempengaruhi. Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif jenis penelitian kepustakaan (library research) dengan klasifikasi analisis teori. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa teori belajar al-Syarqawi dan Bandura sama-sama mengaitkan aspek format internal individu dan lingkungan (sosial) dalam pembentukan proses belajar/berperilaku. Hanya saja al-Syarqawi lebih menekankan pada aspek latihan-latihan dan pengalaman, sedangkan teori belajar Bandura yang disebut dengan social learning theory yang menitikberatkan pada aspek peniruan (modeling) dan efikasi diri.


Keywords: konsep belajar, al-Syarqawi, Albert Bandura
Abdullah, Sri Muliati. 2019. “Social Cognitive Theory: A Bandura Thought Review Published in 1982-2012”. PSIKODIMENSIA. Vol. 18. No. 1. DOI: https://doi.org/10.24167/psidim.v18i1.1708
Al-Syarqawi, Anwar Muhammad. 2012. At-Ta’allum: Naẓariyāt wa Taṭbīqāt. Kairo: Maktabah al-Anjilu al-Mishriyah.
Anderson, Gary dan Nancy Arsenault. 1998. Fundamentals of Educational Research. 2nd Edition. Philadelphia: The Falmer Press.
Bandura, Albert. 1969. “Social Learning Theory of Identificatory Processes”. dalam David A. Goslin [Ed]. Handbook of Socialization Theory and Research. Chicago: Rand McNally & Company.
Bandura, Albert. 1977. “Self Efficacy: Toward a Unifying Theory of Behavior Change”. Psychological Review. Vol. 84. No. 2.
Bandura, Albert. 1993. “Perceived Self-Efficacy in Cognitive Development and Function”. Dalam Educational Psychologist. Vol. 28. No. 2. DOI: https://doi.org/10.1207/s15326985ep2802_3
Bandura, Albert. 2002. “Social Foundations of Thought and Action”. Dalam David Marks [Ed.]. The Health Psychology Reader. London: Sage Publications.
Boeree, C. George. 2008. Personality Theories: Melacak Kepribadian Bersama Psikolog Dunia. Terjm. Inyiak Ridwan. Yogyakarta: Prismasophie.
Efendi, Ervan dan Heri Fadli Wahyudi. 2021. “Gegar Budaya Mahasantri dalam Perspektif Albert Bandura”. EDUMASPUL. Vol. 5. No. 1. DOI: https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i1.1222
Fithri, Rizma. 2014. Psikologi Belajar. Surabaya: UIN Sunan Ampel.
George, Mary W. 2008. The Elements of Library Research: What Every Student Needs to Know. Princeton: Princeton University Press.
Laila, Qumruin Nurul. 2015. “Pemikiran Pendidikan Moral Albert Bandura”, MODELING. Vol.3. No.1.
Ledang, Irwan. 2015. “Pembentukan dan Proses Kreatif Perspektif Behaviorisme”. HIKMAH. Vol. 4. No.1.
Lesilolo, Herly Janet. 2018. “Penerapan Teori Belajar Sosial Albert Bandura dalam Proses Belajar Mengajar di Sekolah”. KENOSIS. Vol. 4. No. 2. DOI: https://doi.org/10.37196/kenosis.v4i2.67
Murniyati dan Suyadi. 2021. “Penerapan Teori Belajar Behavioristik Skinner dalam Pembelajaran Baca Tulis al-Qur’an di SDIT Alam Nurul Islam Yogyakarta”. ULUMUDDIN. Vol. 11. No. 2. DOI: https://doi.org/10.47200/ulumuddin.v11i2.895
Nurjan, Syarifan. 2016. Psikologi Belajar. Edisi Revisi. Ponorogo: Wade Group.
Pajares, Frank dan John Kranzler. 1995. “Self-EfficacyBeliefs and General Mental Ability in Mathematical Problem-Solving”. Contemporary Educational Psychology. Vol. 20. DOI: https://doi.org/10.1006/ceps.1995.1029
Pratama, Yoga Anjas. 2019. “Relevansi Teori Belajar Behaviorisme terhadap Pendidikan Agama Islam”. AL-THARIQAH. Vol. 4. No. 1. DOI: https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2019.vol4(1).2718
Rufaedah, Evi Aeni. 2018. “Teori Belajar Behavioristik Menurut Perspektif Islam”. Risalah: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam. Vol.4. No.1. DOI: https://doi.org/ 10.5281/zenodo.3550518
Shahbana, Elvia Baby. 2020. Fiqh Kautsar Farizqi, dan Rachmat Satria. “Implementasi Teori Belajar Behavioristik dalam Pembelajaran”. SERUNAI. Vol. 9. No. 1. DOI: https://doi.org/10.37755/jsap.v9i1.249
Wiradintana, Rochanda. 2018. “Revolusi Kognitif Melalui Penerapan Pembelajaran Teori Bruner dalam Menyempurnakan Pendekatan Perilaku (Behavioural Approach)”. OIKIS, Vol. 2. No. 1.