Peranan Guru Dalam Implementasi Trilogi Ki Hajar Dewantara Terhadap Pembentukan Karakter Siswa di MA Roudlatul Muta’abbidin Lamongan
Main Article Content
This research seeks to explore and interpret the role of teachers in the implementation of the Ki Hajar Dewantara Trilogy towards the formation of student character in MA Roudlotul Muta'abbidin Solokuro Lamongan. Using a qualitative approach, this study uses data mining techniques in the form of interviews, observations, and documentation, the results of this study, describe the role of teachers in the implementation of the Ki Hajar Dewantara trilogy towards the formation of student character in MA Roudlotul Muta'abbidin into three components, namely in the capacity as Ing Ngarsa Tuladha, Ing Madya Mangun Karsa, and Tut Wuri Handayani in student formation. The three will be detailed in this study as the spirit of the Ki Hajar Dewantara trilogy and based on the findings of data in the field.
Al-Ghazali, Muhammad. Akhlak Seorang Muslim. Semarang, Wicaksana, cet IV, 1993.
Arikunto, S. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta, 2010.
Bakhtiar, Yohan. “Internalisasi Filosofi Trilogi Pendidikan Ki Hajar Dewantara dalam Pemahaman Product Knowledge Syariah”. Jurnal Ekonomi Manajemen dan Akuntansi Islam IMANENSI, Vol.2.No.1 (2014): 1-71.
Budiono, Tri Sudrajat. “Implementasi Trilogi Ki Hajar Dewantara oleh Guru PKN pada Pembentukan Karakter Siswa di SMA Negeri 3 Konawe Selatan.” Universitas Halu Oleo, 2019.
Bungin, Burhan. Metode Penelitian Sosial. Surabaya: Airlangga University Press, 2001.
Dewantara, Ki Hajar. Bagian Pertama Pendidikan. Yogyakarta: Majelis Luhur Persatuan Taman Siswa, 1977.
Dinata, Nana Syaodih Sukma. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2009.
Erna, Mukhtar dan Widodo. Konstruksi ke Arah Penelitian Deskriptif. Yogyakarta: 2000
Irwanto Alkrienciehie, Anas Salahudin. “Pendidikan Karakter” In Pendidikan berbasis agama dan budaya bangsa. Bandung: Pustaka Cipta, 2013.
Jampel.I.N. “Pembentukan Karakter untuk Memperkuat Sumber Daya Manusia yang Inovatif.” Universitas Pendidikan Ganesha, 2017.
Kamil P, Gurniwan. “Pembentukan Karakter melalui Pendidikan Sosiologi”. Jurnal Pendidikan Geografi, Vol. 11, No. 1, 2015.
Kirom, A. (2017). Peran guru dan peserta didik dalam proses pembelajaran berbasis multikultural. Jurnal Al-Murabbi, 3(1), 69-80.
Lickona, Thomas. “Educating for Character.” In Mendidik untuk membentuk karakter. Jakarta: Bumi Aksara, 2012.
MA Roudlotul Muta’abbidin. Observasi, Payaman Solokuro Lamongan. 27 Oktober 2020.
Moleong, J. Lexy. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2007.
Mulyana, Deddy. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya, 2010.
Mulyasa. Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara, 2013.
Nisak, Ma’riftun. “Pembentukan Karakter Menurut Ki Hajar Dewantara dan Relevansinya dengan Pendidikan Islam.” Universitas Islam Lamongan, 2020.
Nugroho, Fatma Pratiwi, Muhammad Zuhri Anshari, dan Wahyu. “Implementasi Trilogi Ki Hajar Dewantara di SD Taman Muda Jetis Yogyakarta”. Jurnal Pendidikan, Vol. 10, No, 2018.
Putri, Mhd. Ihsan Syarif Nasution, dan Tri Ananda. “Implementasi Trilogi Pendidikan Ki Hajar Dewantara pada SMK Tamansiswa di Kota Tebing Tinggi.” Jurnal Pendidikan Sejarah, Vol. 5, No. 1, 2020.
Rahayu, Wardani. Pengembangan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2013.
Sudrajat, Ajat. “Mengapa Pendidikan Karakter?” Jurnal Pendidikan Karakter, No. 1, 2011.
Sugiono. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2017.
Sugiyono. Metode Penelitian Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2016.
Sukandarrumidi. Metode Penelitian: Petunjuk Praktis untuk Penelitian Pemula. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 2012.
Sukmadinata, Nana Syaodih. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2019.
Suprayo, Imam. Metode Penelitian Sosial-Agama. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2012.
Suwahyu, Irwansyah. “Pendidikan Karakter dalam Konsep Pemikiran Pendidikan Ki Hajar Dewantara.” Jurnal Insania, Vol. 23, No. 2, 2018.
Tafsir, Ahmad. Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam. Bandung: Remaja Rosda Karya, 1999.
Warsito, Sahid Teguh, dan Ranggo. “Implementasi Nilai-nilai Luhur Ajaran Ki Hajar Dewantara dalam Perkuliahan Pendidikan Pancasila untuk Mengedepankan Karakter Mahasiswa”. Jurnal PKN Progresif, Vol. 13, No. 1, 2018.
Wijayanti, Wenny. “Implementasi Trilogi Ki Hajar Dewantara di Madrasah Tsanawiyah”. Jurnal Media Manajemen Pendidikan, Vol. 2, No. 2, 2019.
Yusuf, A. (2019). Pengembangan Kurikulum PAI Berbasis Multikultural (Perspektif Psikologi Pembelajaran). Jurnal Al-Murabbi, 4(2), 251-274.