AGRIBISNIS LORJUK (Solen grensalis) DALAM ANALISIS TARGETING DAN POSITIONING di KABUPATEN PAMEKASAN
Abstract
Penelitian ini dimaksudkan untuk menganalisis positioning dan targeting dan komoditas lorjuk. Lorjuk merupakan salah satu komoditas perikanan yang unik dan bernilai ekonomis tinggi. Penentuan responden dalam penelitian ini adalah dengan metode purposive sampling atau metode penentuan responden dengan sengaja yaitu para produsen lorjuk yaitu penjual lorjuk serta konsumen lorjuk. Penelitian ini dilakukan selama tiga bulan di Kabupaten Pamekasan. Data yang sudah terkumpul dianalisis menggunakan analisis cluster. Hasil penelitian menunjukkan bahwa segmentasi lorjuk menurut sudut pandang produsen adalah bahwa lorjuk merupakan sumber penghasilan yang masih diminati oleh konsumen- konsumen tertentu. Produsen harus melakukan difersifikasi agar produk lorjuk yang dijual bisa bertahan di pasaran. Sedangkan lorjuk menurut sudut pandang konsumen adalah bahwa lorjuk Pembahasan tentang cluster 1 menunjukkan bahwa responden yang memilih atribut rasa enak dan gurih, protein tinggi dan merupakan makanan sehat sebanyak 33,3%, sedangkan yang memilih atribut suka seafood, prestise dan image yang bagus sebanyak 23,3% dan yang memilih atribut bisa dibuat camilan, dibuat oleh-oleh dan di buat suguhan tamu sebanyak 43,3%. Hal ini menunjukkan bahwa segmentasi pasar lorjuk untuk konsumen lebih didominasi karena alasan sebagai makanan camilan, untuk oleh-oleh dan untuk suguhan tamu dirumah yaitu sebesar 43,3%.
References
Anonymous. (2002). Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Pesisir (PEMP).
Badan Busat Statistik. (2013). Kabupaten Pamekasan dalam Angka. Pame-kasan
Bilson S. (2004). Riset Pemasaran. Penerbit. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.
Direktorat Jenderal Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil. Departemen Kelautan dan Perikanan
----------------. (2010). Survei Sensus Ekonomi Nasional. Ditjen PPHP. Jakarta.
-----------------. (2010). Menurunnya Konsumsi Siput/Kerang. 2009. Warta Pasar Ikan, Edisi Maret 2010, Volume 79. Jakarta
Cravens DW. (1997). Strategic Marketing, Richard D. Irwin, Inc.
Dahuri R, Rais J, Ginting S P dan Sitepu. (2006). Pengelolaan Sumber Daya Wilayah Pesisir dan Lautan Secara Terpadu. PT Pradnya Paramita. Jakarta
Damaijati E. (2003). Metodologi Pemilihan Agribisnis. Penerbit. UPN Press. Surabaya.
Dewi H dan Syafrizal. (2008). Analisis Segmentasi, Targeting dan positioning Program Pendidikan Magister (Studi pada Institusi Penyelenggara MM di Kota Padang). Vol. 13 No. 2 Padang
Istri A, (2010). Analisis Strategi Segmentasi, Targeting dan Positioning “Kacang Manis mentari” (UD. Murni Asih) di Kota Denpasar. Denpasar
Johan S. (2012). Diferensiasi dan Positioning Produk. <http://jurnal-sdm.blog-spot.com/2009/04/pernpositioning dalam strategi. html>
Kotler Philip. (1997). Marketing Manajemen : Analysis, Planning, Implementation and Control, Jilid 1, Nineth edition, New Jersey, Prentice Hall Inte-rnational
Michael E Porter. (1994). Keunggulan Bersaing. Menciptakan dan Mempertahankan Kinerja Unggul. Penerbit Binarupa Aksara, Jakarta
Nontji A, (2005). Laut Nusantara. Penerbit Djambatan, Jakarta.
Satria A, Umbari A, Fauzi A, Purbayanto A, Sutarto E, Muchsin I, Muflikhati I, Karim M, Saad S, Oktariza W dan Imran Z. (2002). Menuju Desentralisasi Pengelolaan Sum-berdaya Perikanan. Pusat Kajian Agraria IPB, Jakarta Selatan
Soekartawi. (2005). Agribisnis. Penerbit PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta
Copyright (c) 2017 Endang Tri Wahyurini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors send the manuscript with the understanding that if accepted for publication, the copyright of the article belongs to the authors and retains publishing rights without restriction. More...